Para mahasiswa pasti pernah terpikir untuk menambah uang jajan dengan cara kerja sampingan. Waktu luang, dan energi yang banyak bisa jadi hal yang menguntungkan. Tentunya sudah banyak tempat yang memberikan kesempatan untuk mahasiswa bekerja part time di tempat mereka.

Part time bisa menjadi pekerjaan sampingan mahasiswa yang paling sering dijumpai. Apa saja sih kira-kira jenis part time dan pekerjaan yang lain yang cocok untuk mahasiswa? Yuk simak list di bawah ini.

5 Pekerjaan Sampingan Mahasiwa yang Menguntungkan

1.   Jadi Barista atau Waitress di Cafe

Bisnis cafe dengan konsep coffee shop sudah meraja lela di berbagai daerah. Dengan usaha yang banyak bermunculan ini akan banyak pula membutuhkan tenaga kerja.

Part time sebagai barista atau waitress cafe pun banyak jadi incaran, selain gaji yang dirasa cukup baik, waktu kerja pun bisa memilih sesuai dengan jadwal sehingga tidak bentrok dengan jadwal kuliah.

2.   Mengajar di Lembaga Ajar

Mengajar di lembaga tertentu bisa jadi pilihan pekerjaan sampingan mahasiwa berikutnya. Terlebih lagi jika memiliki kemampuan lebih pada bahasa tertentu. Biasanya lembaga-lembaga ini memberikan kesempatan untuk mahasiswa yang memiliki passion dalam mengajar.

Network dengan senior di kampus juga bisa lho membantu mendapatkan informasi mengajar di lembaga seperti ini.

Baca Juga Tidak Perlu Bingung! Inilah Cara Membangun Bisnis Autopilot yang Perlu Anda Tahu

3.   Jadi Ojek Online

Ojek online bukan sembarang pekerjaan. Pekerjaan sampingan ini bisa jadi bisnis mahasiwa yang paling menguntungkan dari berbagai jenis pekerjaan sampingan.

Sistem kerjanya yang sangat fleksibel, pendapatannya pun bisa jadi lebih besar dari yang dibayangkan. Tidak sedikit mahasiswa yang menjadi ojek online di kota-kota besar.

4.   Buka Komisi Art

Kalian memiliki kemampuan menggambar yang bagus? Jago desain? Membuka komisi art adalah hal yang tepat. Selain menggambar sesuai request dari klien, kalian juga bisa membuat desain-desain bagi yang memiliki bisnis dan membutuhkan logo produk mereka.

Dengan teknologi yang semakin berkembang, kalian juga bisa membuka komisi art secara worldwide, tentu saja tarif yang digunakan akan lebih besar dan kalian bisa mengambil keuntungan besar dari situ.

5.   Jadi Freelance

Kalian hobi menulis? Hobi foto dan edit video? Freelance adalah salah satu pekerjaan sampingan mahasiswa yang tepat. Ada berbagai macam pekerjaan yang bisa dilakukan oleh freelancer. Pekerjaannya tidak menyita waktu, gaji yang didapat pun sesuai.

Baca Juga 3 Kelebihan Membuka Tabungan Emas Pegadaian untuk Investasi Anda!

Waktu dan tempat pengerjaannya pun bisa dimana saja. Bisa dengan santai di kamar, atau di cafe sambil menikmati makanan yang disukai. Berbagai macam pekerjaan sampingan mahasiswa seperti di atas bisa jadi pilihan saat ingin menambah uang jajan atau sebagai tabungan. Sebagai mahasiswa pun tidak ada salahnya untuk mencoba terjun ke dua kerja walau sedikit demi sedikit, karena pengalaman ini pasti menjadi sangat membantu untuk ke depannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.