Peluang Bisnis Mahasiswa di Era Digita

Bisnis mahasiswa jaman sekarang kian beragam dan inovatif. Ada banyak bidang yang bisa dikembangkan sesuai dengan minat masing-masing, namun proses pengembangannya memanglah tidak mudah.

Ragam permasalahan kerap dihadapi saat memulai berbisnis, ini yang kadang jadi kendala utama di awal dan sering membuat seseorang memilih menyerah. Mari bahas masalah yang kerap dihadapi pemula bisnis.

Peluang Bisnis Mahasiswa pada Abad Digital

Keuntungan di era serba digitalisasi ini adalah kemudahan dalam melakukan bisnis online untuk pelajar. Tak perlu menyewa tempat, bahkan lewat smartphone saja sudah bisa menjalankan aktivitas berbisnis.

Peluang bisnis jaman sekarang makin besar dan bisa Anda sesuaikan dengan keinginan misalkan membuka usaha berdasarkan hobi yang dijalani.

Contoh bisnis yang bisa dilakukan sesuai hobi:

  1. Contoh Bisnis Berjualan kue

Dunia kuliner memang kerap jadi pilihan yang pas untuk mengawali bisnis sebab pilihannya yang banyak juga keuntungannya bisa berlipat ganda. Anda yang suka membuat kue bisa menjadikan ini peluang bisnis.

Bisa dilakukan dari rumah saja, buktinya sekarang banyak homebaker yang sukses berjualan kue di internet dan omzet yang dihasilkan juga lumayan besar.

Berjualan kue online kekinian adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa sekalian latihan berbisnis.

2. Ide Bisnis Jual tanaman

Kata siapa hobi merawat tanaman tak bisa menghasilkan uang? Hobi satu ini mendulang keuntungan besar di masa pandemi, hampir semua orang mendadak suka bertanam dan keuntungan yang diraih juga sampai ratusan juga. Jenis tanaman apa pun bisa Anda jual karena pasti selalu ada pasarnya.

Baca Juga 3 Kelebihan Membuka Tabungan Emas Pegadaian untuk Investasi Anda!

3. Peluang Bisnis Jual jasa

Menjual jasa secara online juga jadi bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang banyak dilakukan di masa sekarang. Bila Anda punya hobi dan bakat dalam sesuatu yang dibutuhkan orang lain ini merupakan kesempatan menghasilkan uang.

Anda bisa tawarkan jasa gambar digital, desain, penerjemah, penulis konten, bahkan print dokumen online juga ada. Ini bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang kekinian.

4. Ide Bisnis Kreatif Jual hewan peliharaan

Suka memelihara hewan? Ini juga peluang bagus untuk dijadikan bisnis. Tak perlu hewan ternak, Anda dapat jual hewan-hewan rumahan seperti ikan cupang, ikan hias, hamster, kelinci, burung dan sebagainya.

Untuk memulainya bisa kecil-kecilan dulu.

5. Ide Bisnis Inovatif Buka kelas online

Kelas-kelas online makin naik pamornya selama pandemi, ada beragam jenis kelas yang bisa masyarakat pilih dengan harga terjangkau dan kualitas pengajar serta materinya oke.

Pilihan bidangnya juga bisa disesuaikan dengan hobi Anda, misal gemar berbisnis digital maka cobalah buka kelas Digital Marketing dan sebagainya.

Baca Juga 7 Ide Usaha Untuk Mahasiswa Terbaik Yang Bisa Dicoba

Pekerjaan sampingan mahasiswa ini walau satu atau dua kali pertemuan saja Anda bisa meraup uang sampai jutaan.

Berbisnis Menyesuaikan Jurusan dan Sifat

Tiap jurusan kuliah memberikan bekal ilmu yang bermanfaat setelah lulus nanti. Anda dapat memanfaatkan apa yang didapat selama kuliah sebagai peluang bisnis  juga, loh.

Namun, setiap orang memiliki kepribadian berbeda dan belum tentu cocok dengan kultur bisnis yang akan dipilih. Bagaimana cara menyesuaikannya?

  • Introvert

Perlu diketahui, introvert sendiri merupakan perasaan di mana seseorang akan merasa lebih mudah lelah saat bertemu orang banyak, bukan pemalu atau anti-sosial. Ini sering disalahartikan.

Ada beberapa bisnis yang cocok bagi seseorang yang berjiwa introvert, tanpa perlu sering bertemu orang-orang misalkan menjual jasa. Jasa ini dapat dilakukan secara online, waktu fleksibel dan harganya ditentukan sendiri.

Dari jurusan apa pun bisa melakukan bisnis tersebut asalkan memang benar-benar mendalaminya supaya konsumen tetap berlangganan dengan jasa kita, atau usaha rumahan online.

  • Ekstrovert

Kebalikan dari introvert, mereka yang berjiwa ekstrovert punya energi besar untuk bertemu banyak orang, seringkali dianggap social butterfly dan punya relasi yang luas.

Keuntungan di balik jiwa ini memang nampak jelas bila Anda memilih untuk buka bisnis sendiri. Bisnis untuk mahasiswa ekstrovert banyak pilihannya, apalagi yang sering bertemu dengan banyak orang.

Peluang bisnis yang bisa dikembangkan misal menjadi MC, live host, buka kelas online yang mana Anda bakal sering menjumpai wajah-wajah baru. Jurusan yang cocok biasanya dari Ilmu Komunikasi, tetapi tak menutup kemungkinan juga dari jurusan lainnya.

Baca Juga Pilihlah 4 Ide Bisnis Online  Untuk Mahasiswa Pelajar Yang  Unik

Bisnis Sesuai Jurusan Kuliah

Bisnis-bisnis apa saja yang bisa sejalan dengan jurusan semasa kuliah? Berikut contohnya.

  1. Ilmu Komunikasi

Jurusan yang punya ilmu luas, bisa masuk ke bidang mana pun. Bisnis yang umumnya dijalankan anak komunikasi biasanya yang bertemu dengan banyak orang seperti jadi MC untuk acara-acara tertentu.

Menjadi seorang MC freelance juga jadi tren bisnis di kalangan anak muda yang jago public speaking, atau bisa juga mereka yang suka menulis menjadikan ide bisnis online untuk pelajar dengan membuka jasa content writer, copywriter, jasa SEO dan sebagainya.

2. Pendidikan

Salah satu jurusan yang sering dipandang sebelah mata ini justru punya jasa besar bagi semua orang. Profesi di bidang pendidikan biasa disebut punya upah yang kecil, namun bisnis mahasiswa dapat lebih beragam sekarang ini.

Anda bisa membuka kursus privat sebagai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Uang yang dihasilkan dari mengajar ini lumayan besar, ditambah jaman sekarang bisa dilakukan tanpa harus mendatangi rumah siswa.

3. Desain

Anak desain mana suaranya? Jurusan desain saat ini banyak diminati dan lulusannya juga banyak dibutuhkan karena era digital yang menuntut segala hal berbentuk visual harus menarik.

Anda yang lulusan desain, punya kreativitas tinggi bisa membuka bisnis sendiri dengan menawarkan jasa desain. Jangan dianggap remeh, karena tak jarang ada yang sampai berkolaborasi dengan brand besar untuk merancang produk mereka.

Meski sifat pekerjaannya lepas, tetapi keuntungan yang diperoleh bukan main besarnya dan ini mendorong banyak orang untuk turut belajar soal desain.

4. Manajemen

Jurusan manajemen juga kerap dipilih karena lapangan pekerjaan yang luas. Manajemen sendiri terbagi ke dalam beberapa bidang, tetapi bisnis untuk mahasiswa pemula dari jurusan manajemen bisa bermacam-macam.

Anda pastinya akan lebih paham soal mengatur bisnis, karyawan, administrasi karena hal tersebut diajarkan selama kuliah.

5. Sastra

Lulusan sastra ke depannya jadi apa? Banyak pertanyaan semacam ini dilayangkan kepada mereka yang mengambil jurusan sastra, padahal materi belajarnya cukup sulit.

Anak sastra pasti punya ilmu linguistik yang terbilang tinggi, ditambah lagi dengan kemampuan bahasa asingnya juga sehingga ide bisnis unik mahasiswa sastra di masa sekarang pastinya tak lepas dari menulis konten, membuka jasa, menulis cerita online.

Mungkin kelihatannya sepele, tetapi tak disangka bisnis seperti itu bisa mendatangkan tawaran kerja lebih besar.

6. Peternakan

Menjadi seorang peternak bukanlah hal yang mudah dan kebanyakan anak muda kerap gengsi untuk melakoni profesi satu ini padahal bisnis hewan ternak juga bisa menjangkau konsumen sangat luas.

Tak hanya sapi atau ayam, menjadi peternak ikan, udang, bebek pun bisa menjadi besar asalkan digeluti secara serius. Usaha untuk mahasiswa ini cocok dilakukan dengan teman terdekat.

Baca Juga 4 Cara Bisnis Autopilot untuk Maksimalkan Usaha Anda Berjalan Sendiri

Itulah beberapa permasalahan dan bisnis mahasiswa yang dapat dijadikan ide. Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Peluang Bisnis Mahasiswa di Era Digital, Tanpa Modal!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.