Mahasiswa identik dengan pengeluaran yang terbatas. Hal itu biasanya terjadi karena banyak mahasiswa yang merantau untuk belajar di universitas di luar daerah. Cara ini bisa dengan cara berbisnis. Selain menambah uang jajan, siapa tahu bisnis ini bisa membantu bayar uang kos yang cukup mahal.

Jika waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan baik, ada banyak lho peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa.

5 Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

Waktu mahasiswa untuk berbisnis cukup fleksibel, bahkan di semester akhir mulai banyak waktu luang yang dimiliki. Mencoba berbisnis bisa jadi cara untuk mengisi waktu dan juga menghasilkan keuntungan.

1.   Berjualan di Online Shopping

Di zaman yang serba modern dan praktis ini, bisnis online shopping sangat menguntungkan. Selain peminat yang banyak, cara menjual sebuah barang dengan menjadi dropshipper pun lebih mudah.

Untuk mahasiswa semua proses yang terbilang praktis ini jadi salah satu pilihan terbaik. Bahkan jika memilih untuk membuka usaha dengan olahan tangan sendiri pun, mahasiswa bisa mengajak teman yang berminat untuk membantu proses packing barang, promosi dan lainnya bersama-sama.

Baca juga Dapatkan Uang Secara Pasif Dengan Berbagai Jenis Bisnis Auto Pilot

2.   Jual Barang atau Buku Bekas

Untuk yang satu ini sudah seperti tradisi, terlebih lagi untuk mahasiswa tingkat akhir yang merantau. Barang-barang  yang digunakan saat kos bisa dijual ke sesama mahasiswa atau kepada orang yang menerima barang bekas untuk dijual kembali. Hasil penjualan bisa jadi uang simpanan saat pulang ke kampung halaman.

Selain barang bekas, ada pula buku bekas. Buku-buku yang masih dalam kondisi baik dan tidak digunakan lagi dapat dijual kembali. Ada banyak mahasiswa baru yang terkadang ingin mencari buku akademik yang bisa didapat dengan harga yang lebih murah daripada di pasaran.

3.   Buka Jasa Les

Membuka jasa untuk mengajar les salah satu hal yang tidak jarang dilakukan oleh mahasiswa. Terlebih jika berada di jurusan pendidikan atau memiliki kemampuan lebih di bidang mata pelajaran tertentu.

Keuntungan membuka jasa les ini adalah waktu yang digunakan mengikuti jadwal mahasiswa sehingga tidak akan bertabrakan dengan jadwal lain.

4.   Jualan Makanan atau Snack

Berjualan snack atau sekedar makanan ringan di area kampus bukan lagi hal baru dan jadi bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Cukup banyak mahasiswa yang berjualan seperti ini untuk menambah uang jajan mereka.

Beberapa contoh makanan yang bisa dijual dengan modal kecil dan pembuatan yang tidak memakan waktu lama adalah pisang coklat, macaroni pedas, basreng pedas, dll.

5.   Berjualan Pulsa

Berjualan pulsa masuk ke dalam bisnis mahasiswa yang sangat mudah untuk dilakukan. Peminatnya pun sudah pasti banyak di kalangan teman satu kampus karena membutuhkan pulsa untuk membeli data internet. Contoh dari bisnis yang cocok untuk mahasiswa seperti di atas masihlah sangat banyak.

Baca Juga Ide Bisnis Mahasiswa

Ini 4 Alasan Kenapa Sistem Autopilot dalam Bisnis Menguntungkan

Ini Adalah Poin – Poin Penting Yang Harus Kamu Pahami Sebelum Membuat Bisnis Autopilot!

Ada pula cara untuk mendapatkan penghasilan seperti bekerja part time atau menawarkan jasa-jasa lainnya. Yang terpenting adalah waktu untuk belajar dan untuk bekerja tidak bertabrakan sehingga membuat kedua hal menjadi tidak maksimal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.