Contoh Kalimat Penutup Sidang Skripsi

Tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan saat akan menjalani sidang skripsi. Selain bersiap menjawab pertanyaan penguji, penting juga untuk mempersiapkan kalimat penutup saat sidang. Ada beragam contoh kalimat penutup sidang skripsi yang dapat dijadikan inspirasi. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai penyusunan kalimat penutup sidang serta contohnya.

Poin Penting Penutup

Sebelum menyusun kalimat penutup yang tepat, mari pahami dulu poin apa saja yang sebaiknya ada dalam kalimat penutup tersebut. Sidang skripsi harus diakhiri dengan penutup yang berkesan agar menambah nilai di mata penguji. Berikut adalah beberapa poin penting yang sebaiknya termuat dalam kalimat penutup:

1. Sampaikan Highlight Presentasi

Penutup ini disampaikan setelah mahasiswa selesai melakukan presentasi atau memaparkan hasil penelitiannya. Bagian pertama penutup harus memuat highlight atau kesimpulan dari presentasi tersebut. Usahakan untuk menyampaikan poin-poin penting dari penelitian yang sudah dilakukan.

2. Paparkan Jawaban dari Masalah

Pada saat awal memulai presentasi, tentu mahasiswa akan memaparkan masalah yang akan dicari solusinya lewat penelitian tersebut. Jika presentasi dibuka dengan suatu pertanyaan mengenai masalah yang diangkat, maka bagian akhir harus ada jawabannya. Jawaban ini diambil berdasarkan hasil penelitian yang telah ditulis dalam skripsi tersebut.

3. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada pembimbing maupun penguji yang hadir. Jika sidang dilakukan secara terbuka, artinya dihadiri oleh teman-teman maka ucapkan terima kasih juga. Bagian ini memang secara otomatis akan disampaikan setiap kali menutup sebuah presentasi apalagi dalam suatu sidang skripsi.

4. Tambahkan Kutipan

Agar terlihat sempurna, tambahkan juga kutipan untuk menutup sidang tersebut. Mahasiswa bisa mengambil kutipan dari tokoh-tokoh yang terkenal. Kutipan juga bisa disesuaikan dengan topik skripsi yang diambil.

Contoh Kalimat Penutup

Pada dasarnya penyusunan kalimat penutup harus disesuaikan dengan topik skripsi yang dipaparkan. Mahasiswa bisa mencari contoh kalimat penutup sidang skripsi dan mengubah atau menambahkan poin sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat dijadikan inspirasi:

  • Sebelum mengakhiri presentasi ini, saya ingin menyampaikan beberapa kesimpulan terkait penelitian yang saya lakukan. (sampaikan kesimpulan secara singkat). Demikian semoga presentasi ini dapat memberikan manfaat. Terima kasih kepada dosen  pembimbing dan penguji, saya tutup presentasi penelitian skripsi saya sampai di sini.
  • Sebagai penutup presentasi ini, saya akan menyampaikan beberapa poin penting mengenai hasil penelitian saya. (sampaikan kesimpulan secara singkat). Menurut….(ambil kutipan dari tokoh tertentu yang sesuai dengan hasil skripsi). Terima kasih atas perhatiannya dan saya akhiri presentasi saya sampai di sini.
  • Sekian yang dapat saya paparkan dari hasil penelitian ini. Dari penelitian tersebut bisa diambil beberapa kesimpulan yakni (paparkan kesimpulan secara singkat). Hasil penelitian ini diharapkan menjadi jawaban efektif dari masalah yang sebelumnya saya paparkan. Terima kasih banyak kepada dosen pembimbing dan penguji, saya akan menutup presentasi saya sampai di sini.

Penyampaian kalimat penutup tak perlu terlalu panjang. Singkat saja karena sudah ada banyak pemaparan yang dilakukan di bagian pembuka dan isi. Selain itu tak perlu merasa gugup, justru saat menyampaikan kalimat penutup ini harus penuh percaya diri. Apalagi saat memberikan hasil kesimpulan dari presentasi yang sudah dilakukan.

Itulah pembahasan singkat mengenai contoh kalimat penutup sidang skripsi. Sebenarnya ada banyak pilihan kalimat penutup yang bisa disampaikan di akhir sidang. Mahasiswa bisa menyusunnya terlebih dahulu agar bisa lancar mengucapkannya di depan pembimbing juga penguji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *