Sidang skripsi bagi kebanyakan mahasiswa adalah momen yang sangat mendebarkan. Bagaimana tidak, pada saat sidang skripsi inilah penelitian yang telah dilakukan oleh mahasiswa akan diuji dan dipertanyakan.

Perasaan gugup menjelang dan saat sidang telah dilaksanakan pada suatu hal yang wajar dirasakan oleh mahasiswa. Pasalnya, momen inilah yang akan menentukan apakah skripsi yang telah disusun akan diterima atau ditolak oleh dosen penguji.

Perasaan gugup seperti ini seringkali membuat mahasiswa blank saat dihadapkan dengan pertanyaan yang sulit. Padahal jawaban dari mahasiswa adalah salah satu aspek yang akan dinilai dalam sidang skripsi. Lalu bagaimana jika mahasiswa harus dihadapkan dengan pertanyaan sidang skripsi yang sulit?.

Pertanyaan Sidang Skripsi

Berikut ini kami merangkum cara yang benar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit saat sidang skripsi.

  1. Ucapkan terima kasih

Pertama-tama, menjawab pertanyaan sidang skripsi yang sulit bisa diawali dengan mengucapkan terima kasih kepada penanya. Mengucapkan terima kasih di awal sebelum menjawab pertanyaan akan menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki attitude yang cukup baik. Attitude yang baik ini bukan tidak mungkin akan menjadi poin tambahan walaupun jawaban yang diberikan tidak terlalu memuaskan dosen penguji.

  1. Ulangi pertanyaan yang ditanyakan

Kemudian mahasiswa bisa mengulangi pertanyaan yang ditanyakan dosen penguji secara singkat dan jelas. Hal ini menjadi penting untuk menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut cukup memahami apa yang ditanyakan oleh dosen penguji.

Basa-basi di awal ini juga bisa mengulur waktu sebentar untuk memikirkan kembali jawaban apa yang akan diberikan kepada dosen penguji.

Baca Juga Kajian Tips Triks Susun Skripsi Tesis Disertasi

Begini Bagian-bagian dalam Sistematika Penulisan Disertasi yang Perlu Diperhatikan

Jasa Bimbingan Buat Skripsi Solusi Terbaik untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Jenis Pertanyaan Sidang Skripsi

  1. Akui kesalahan dan hindari melakukan bantahan

Jika poin yang dikritisi atau ditanyakan oleh dosen penguji memang  mengandung unsur kekeliruan, jangan ragu untuk mengakui kekeliruan itu. Sampaikanlah secara positif dan berjanji untuk memperbaiki bagian yang masih kurang baik.

Kemudian hindari menggunakan bahasa yang terkesan membantah secara frontal. Jika pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji dirasa kurang relevan coba tanyakan kembali kepada dosen yang bertanya.

  1. Jawab dengan lugas dan tidak bertele-tele

Jawablah setiap pertanyaan dengan lugas dan bisa dipahami. Hindari memutar-mutar jawaban sehingga membuat kesal dosen yang bertanya. Tunjukkan bahwa walaupun pertanyaan yang diberikan tidak kamu ketahui tapi kamu memiliki alternatif pengetahuan lain yang relevan dengan pertanyaan yang diajukan.

  1. Menanyakan kembali apakah jawaban yang diberikan sudah jelas

Setelah selesai memberikan jawaban, tanyakan kembali kepada dosen yang bertanya apakah jawaban yang diberikan cukup jelas. Jika masih belum jelas dan rasanya sulit untuk menjawab pertanyaan itu, jujurlah dan berkata ‘tidak tahu’ disertai dengan janji untuk mempelajari jawaban dari pertanyaan itu setelah sidang selesai. Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat menghadapi pertanyaan yang sulit dijawab saat sidang skripsi. Artikel ini telah disusun oleh Magna Statistika. Hubungi Magna Statistika dan dapatkan layanan semua permasalahan statistik terbaik dan bisa diandalkan.

One thought on “Gugup Saat Sidang? Inilah Cara Menjawab Pertanyaan Sidang Skripsi yang Sulit Dijawab”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *