Beasiswa S1 Keperawatan

Ada sebagian orang yang memiliki pandangan bahwa mahasiswa kesehatan, khususnya keperawatan sulit mendapatkan beasiswa. Pendapat tersebut tentu sangat tidak benar. Perlu diketahui bahwa ada banyak beasiswa S1 Keperawatan yang bisa diperoleh oleh setiap mahasiswa kesehatan. Pemberian beasiswa ini ada yang penuh maupun sebagian saja. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:

Beasiswa Dari Pemerintah

Pihak pemerintah sering memberikan beasiswa kepada para mahasiswa yang berhak mendapatkannya. Baik mahasiswa yang kurang mampu hingga mahasiswa yang mampu namun berprestasi. Sehingga, tidak ada kekhawatiran mengenai biaya selama perkuliahan ini.  Berikut bantuan pendidikan yang diberikan untuk mahasiswa S1 Keperawatan, antara lain:

1. Beasiswa KIP Kuliah

Mungkin jenis beasiswa ini sudah sering didengar dan diketahui oleh setiap orang. Jenis beasiswa ini sama dengan beasiswa bidikmisi. Hanya saja, penamaan beasiswa saja yang mengalami perubahan. Mahasiswa S1 Keperawatan bisa mendapatkan beasiswa ini secara mudah. Para mahasiswa tersebut hanya perlu mendaftarkan dirinya pada website resmi dari kip kuliah ini.

Bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa KIP Kuliah ini akan mendapatkan full scholarship dari pemerintah. Untuk biaya pendidikan akan dibayarkan langsung dari pemerintah kepada universitas yang bersangkutan. Sedangkan setiap bulannya, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup yang ditransfer ke ATM KIPK mahasiswa.

Adapun besaran biaya hidup yang diperoleh oleh mahasiswa ini tergantung dengan daerah universitas dari mahasiswa tersebut. Untuk universitas dengan biaya hidup normal yang tinggi, biaya hidup yang diberikan oleh pemerintah juga tinggi. Rentangan biaya hidup yang diberikan oleh pemerintah pada program beasiswa KIPK ini sekitar Rp800.000 hingga Rp1.400.000 perbulannya.

2. Beasiswa Unggulan

Pada program beasiswa unggulan ini, mahasiswa akan melaksanakan beberapa tahapan tes yang diberikan. Setiap mahasiswa yang mendaftar beasiswa ini harus lolos dalam seluruh tes. Untuk tes yang diberikan yakni berupa tes tulis (essay) dan tes wawancara. Perlu diketahui, pendaftar dari beasiswa ini bisa mencapai ribuan mahasiswa. Sehingga, setiap mahasiswa harus menyiapkan diri agar bisa lolos dari tes tersebut.

Mengenai besaran biaya yang akan diperoleh oleh mahasiswa penerima beasiswa unggulan ini tidaklah sedikit. Setiap bulannya, mahasiswa akan memperoleh biaya hidup sebesar Rp1,4 juta. Untuk biaya buku yang diberikan sejumlah Rp500.000 per semester. Sedangkan untuk UKT nya akan dibayarkan sesuai dengan nominal UKT yang ditetapkan oleh pihak universitas.

Kalaupun, besaran UKT mahasiswa tersebut hingga 50 juta, pihak pemberi beasiswa unggulan (pemerintah) ini juga akan tetap membayarnya. Hanya saja, setiap semesternya mahasiswa harus menyetorkan nilai hasil studinya per semester. Hal ini untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut mengenai pemberian beasiswa kepada mahasiswa tersebut.

Beasiswa Dari Universitas

Tak hanya bantuan pendidikan dari pemerintah saja, mahasiswa S1 Keperawatan ini juga akan memiliki kesempatan beasiswa dari pihak Universitas. Ada banyak sekali Universitas yang memberikan bantuan biaya pendidikan untuk mahasiswanya. Terlebih jika mahasiswa tersebut tergolong mahasiswa yang berprestasi. Tentu saja, pihak Universitas tidak akan segan untuk membantunya.

Bahkan ada ribuan kampus kesehatan swasta yang setiap tahunnya selalu membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan pemberian beasiswa. Selain itu, pemberian beasiswa ini juga diberikan dalam bentuk full scholarship untuk mahasiswa yang berhak mendapatkannya. Sedangkan mahasiswa yang berhak mendapatkannya adalah mahasiswa yang sesuai dengan persyaratan yang telah diberikan.

Mengenai persyaratan ini, setiap kampus tentu memiliki persyaratan yang berbeda. Namun, secara umum setiap kampus kesehatan akan memberikan persyaratan mengenai nilai calon mahasiswa.  Hanya calon mahasiswa dengan nilai rata-rata selama 5 semester di SMA sederajat diatas 80 yang berhak mendapatkan program beasiswa penuh ini.

Mau tahu universitas yang memberikan beasiswa untuk jenjang S1 Keperawatan ini? Berikut daftar universitas yang menyediakan beasiswa S1 Keperawatan secara penuh untuk mahasiswa, diantaranya:

  • FK Universitas Indonesia –
  • FK UNAIR
  • Universitas Diponegoro – Profesi NERS UNDIP
  • Universitas Sumatera Utara – Fakultas Keperawatan USU
  • STIKES Yogyakarta
  • STIKes Mitra Keluarga

Dari informasi diatas mengenai beasiswa S1 keperawatan ini diharapkan dapat membantu banyak orang. Khususnya untuk mahasiswa yang ingin menempuh S1 Keperawatan yang terbentur dengan biaya. Apalagi mengingat jumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa kesehatan tentu tidaklah sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.