S2 untuk Guru Honorer

Berkaitan dengan semakin pentingnya pendidikan untuk perguruan tinggi terutama gelar yang didapatkan, semakin banyak pula jenis beasiswa yang sudah disediakan. Apalagi pada masa sekarang ini, sudah ada sebuah jenis beasiswa yang dikenal dengan beasiswa S2 untuk guru honorer yang dapat dicoba. Selain itu, jenis beasiswa tersebut bahkan juga ditawarkan oleh Kemendikbud.

Kali ini, ada sebuah jenis beasiswa yang menarik yang disediakan dan ditawarkan oleh pihak Kemendikbud untuk mempermudah proses pendidikan para guru. Ditambah lagi, saat ini semakin banyak jenis lembaga pendidikan yang lebih memandang lulusan master lebih baik ketimbang dengan lulusan sarjana biasa. Untuk informasi yang jauh lebih lengkap, silakan simak ulasan ini:

Mengenal Program Beasiswa Guru Honorer dari Kemendikbud

Secara sederhana, pada masa sekarang ini, sudah ada sebuah beasiswa yang dikhususkan untuk para guru honorer yang dapat dijadikan pilihan. Apalagi jenis beasiswa yang dimaksud ini merupakan jenis beasiswa yang tidak hanya menguntungkan namun juga bersifat resmi dari pihak pemerintah. Ditambah lagi, jika beasiswa tersebut sudah disediakan oleh pihak Kemendikbud.

Sebenarnya jenis beasiswa S2 untuk guru honorer yang dimaksudkan di sini merupakan jenis beasiswa yang ditawarkan atas kerja sama dari LPDP. Jadi sejak awal pihak Kemendikbud sudah bekerja sama dengan pihak LPDP untuk memudahkan para guru dalam mendapatkan gelar untuk S2. Belum lagi nantinya ada berbagai pilihan yang bisa dijadikan pertimbangan.

Secara lebih lanjut dan detail, jenis beasiswa yang disediakan oleh pihak Kemendikbud ini disediakan untuk wilayah yang bisa dikatakan bervariasi. Setiap calon mahasiswa baru untuk S2 ini sejak awal bisa menentukan pilihan pada jenis perguruan tinggi terutama untuk urusan wilayah. Ada yang disediakan di dalam negeri ada juga luar negeri.

Sementara itu, untuk urusan durasi waktu yang disediakan oleh pihak Kemendikbud biasanya masih disesuaikan dengan jenis program studi yang dipilih. Untuk proses pendaftaran jenis beasiswa ini biasanya dimulai dari bulan Mei sampai sekitar bulan Juni sehingga sebaiknya jangan sampai dilewatkan. Sedangkan jumlah dananya tidak hanya untuk kuliah namun juga seminar.

Syarat untuk Pendaftaran Beasiswa Guru Honorer Kemendikbud

Jangan sampai dilewatkan untuk diketahui dan dipahami pula, jenis beasiswa S2 untuk guru honorer ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis persyaratan. Jika memang ingin mendapatkan jenis beasiswa yang sangat menguntungkan ini, maka jangan sampai melupakan beberapa berkas yang dinilai penting nantinya. Simak beberapa jenis persyaratan berikut ini sebelum nanti mendaftar langsung:

  • Jenis persyaratan yang pertama ini berkaitan dengan kewarganegaraan Indonesia dan juga minimal waktu untuk mengajar setidaknya minimal sekitar dua tahun.
  • Tidak dapat dielakkan bahwa pihak penyedia beasiswa nantinya juga akan meminta bukti berupa ijazah terakhir terutama untuk S1 dan D3.
  • Sedangkan untuk jenis persyaratan lainnya yang jangan sampai tidak diketahui adalah tentang surat rekomendasi atasan yang wajib dibubuhi tanda tangan.
  • Setiap calon pelamar beasiswa juga perlu mengisi formulir pendaftaran yang sudah ada di situs secara lengkap sesuai dengan fakta masing-masing.
  • Nantinya juga akan diminta bukti berupa surat keterangan sehat yang tentunya dilengkapi dengan tanggal yang terbaru dan cap rumah sakit resmi.
  • Terakhir, ada jenis berkas persyaratan yang lainnya yang dinilai penting untuk diserahkan yaitu surat komitmen yang harus ditulis dengan benar.

Ulasan yang menjelaskan mengenai jenis beasiswa S2 untuk guru honorer yang dikeluarkan oleh Kemendikbud di atas tentu saja wajib diketahui dahulu. Ditambah lagi, jenis beasiswa yang ditawarkan secara rutin dengan kuota yang banyak dan menguntungkan tersebut jangan sampai dilewatkan untuk dicoba. Belum lagi jika nantinya beasiswa tersebut dapat memudahkan pencapaian pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.