Sidang Skripsi Tidak Lulus

Momen sidang skripsi adalah momen yang menguras tenaga dan energi, pasalnya disini kemampuan akan diuji. Lalu bagaimana jika sidang skripsi tidak lulus? Sebelum hal tersebut terjadi maka wajib kenali penyebabnya. Lakukan pula beberapa antisipasi serta persiapan yang matang untuk hadapi sidang skripsi. Apa saja hal yang berpengaruh pada sidang skripsi?

1. Kemampuan Presentasi Kurang

Pada saat sidang skripsi, tentu mahasiswa akan memaparkan presentasi sesuai dengan skripsi yang diajukan. Maka dalam presentasi ini diperlukan kemampuan bagi mahasiswa untuk menjelaskan secara lebih menarik dan benar. Agar pada dosen penguji melihat bagaimana penampilan dan cara maksimal yang dilakukan saat presentasi.

Yang perlu dilakukan sebelum presentasi tentunya harus paham apa yang akan disampaikan. Ambil bagian penting dari skripsi yang telah dikerjakan, buat poin-poin menarik untuk penyampaian kepada dosen pembimbing. Beri kesan yang baik dan sampaikan dengan penuh percaya diri serta optimis dalam presentasi.

2. Kemampuan Menjawab Pertanyaan

Hal ini akan terjadi ketika sidang skripsi, dimana dosen akan mengajukan pertanyaan sulit bahkan terkesan menyudutkan. Maka perlu adanya kemampuan dalam menjawab pertanyaan dari dosen disertai dengan bukti ilmiah. Oleh karena itu, sebelum sidang skripsi harus mempersiapkan materi skripsi dengan matang dan sangat menguasai.

Jika terjadi kesalahan fatal dalam menjawab pertanyaan bisa jadi sidang skripsi tidak lulus. Kondisi tersebut justru akan sangat buruk dan mengecewakan. Maka jangan sampai hal tersebut terjadi, pikirkan terlebih dahulu arahan pertanyaan dari dosen. Kemudian jawab dengan segala kemampuan yang dimiliki dengan cara tenang dan percaya diri.

3. Tidak Memperhatikan Referensi

Pentingnya paham akan referensi sebagai salah satu bahan pada sidang skripsi ini penting. Pasalnya referensi adalah hal paling utama yang wajib dicantumkan ketika melakukan laporan pada skripsi. Dosen pembimbing dan dosen penguji akan memeriksa referensi yang digunakan ketika mengerjakan skripsi.

Maka referensi ini merupakan bagian penting yang wajib ada di skripsi. Sebelum menyerahkan untuk melakukan sidang sebaiknya teliti secara mendalam tentang skripsi yang akan dipresentasikan. Jika sampai ada hal yang ditanyakan terkait referensi. Maka jadi celah dosen untuk memberikan kritik dan menyudutkan apa yang telah disampaikan.

4. Kekhawatiran Tentang Nilai Yang Buruk

Siapa yang tidak khawatir ketika sidang skripsi tidak lulus? Tentu semua khawatir hal tersebut terjadi. Ditambah mendapatkan nilai yang buruk usai sidang. Hal ini tentu akan semakin menyulitkan dan menjadi lebih buruk lagi. Maka untuk bisa mengantisipasinya, cobalah untuk memberikan energi positif pada diri sendiri.

Proses dari sidang skripsi apapun yang terjadi merupakan pengalaman yang berharga. Seperti ketika melakukan presentasi, kemudian menjawab pertanyaan penguji. Maka ketika sudah berusaha maksimal dan nilai tetap belum memuaskan, intinya sudah berusaha untuk tampil terbaik.

5. Berkas Harus Lengkap

Seperti halnya memperhatikan referensi, maka berkas untuk skripsi harus lengkap. Lebih baik lama dan detail dalam mempersiapkan skripsi dibandingkan saat sidang berkas belum lengkap. Jadi untuk menuju sidang skripsi, mahasiswa perlu bekerja keras melengkapi berkas yang menunjang isi skripsi.

Pasalnya skripsi nantinya akan dipresentasikan dan hal ini harus sesuai dengan berkas yang ada. Dosen penguji akan sangat teliti dalam memperhatikan setiap detail yang ada. Jadi bersiap untuk memberikan pernyataan yang sesuai lengkap dengan berkasnya.

Jadi, jika khawatir sidang skripsi tidak lulus, maka perhatikan penyebabnya. Jika sudah mempersiapkan yang terbaik maka usahakan mengikuti sidang dengan lebih tenang. Untuk bisa menjawab pertanyaan dengan lancar, maka bisa dengan menenangkan diri, konsentrasi dan percaya diri ketika menjawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *