Penelitian kualitatif merupakan salah satu jenis metode dalam penelitian. Penelitian ini berbeda dengan penelitian kuantitatif dari segi jenis data yang peneliti gunakan. Data yang digunakan pada penelitian ini biasanya berbentuk teks daripada berbentuk angka sebagaimana penelitian kuantitatif.

Melakukan penelitian tentu juga berarti melakukan analisis data penelitian. Pada penelitian kualitatif data yang peneliti gunakan tentu akan peneliti analisis dengan metode analisis data kualitatif.

Sebelum melakukan analisis data, maka peneliti harus bisa mengidentifikasi jenis data yang akan peneliti analisis. Artikel ini akan memperkenalkan secara singkat pengertian analisis data kualitatif serta jenis analisis data kualitatif

Pengertian analisis data kualitatif

Sebelum mengetahui tentang analisis data kualitatif tentu akan lebih baik jika mengetahui pengertian analisis data secara umum. Analisis data merupakan metode yang peneliti gunakan untuk memproses kumpulan data atau sekelompok data agar data bisa berubah menjadi informasi yang bermanfaat.

Pengertian analisis data penelitian kualitatif yaitu proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis data lapangan yang telah peneliti dapatkan dari hasil observasi, wawancara, serta sumber lain untuk kebutuhan penelitian. Analisis data ini meliputi kegiatan pelacakan, pengorganisasian, pemecahan dan sintesis, pencarian pola serta penentuan bagian-bagian akan peneliti laporkan sesuai dengan fokus penelitian.

Analisis data kualitatif merupakan analisis deskriptif. Proses pada analisis ini yaitu pertama peneliti akan mengelompokkan data yang sejenis untuk kemudian peneliti interpretasikan sehingga peneliti bisa mendapatkan makna pada setiap aspek data dan hubungan antara satu sama lain.

Langkah selanjutnya peneliti akan melakukan analisis seluruh aspek yang ada untuk memahami makna hubungan antar aspek yang menjadi fokus dari penelitian. Kemudian peneliti membuat kesimpulan dari hasil analisis data tersebut secara ideografis. Hal inilah yang membuat jenis penelitian kualitatif terikat dengan nilai dan tempat tertentu.

Jenis analisis data kualitatif

Pada penelitian kualitatif ada beberapa jenis teknik analisis yang bisa peneliti gunakan. Peneliti bisa menggunakan salah satu teknik atau menggabungkan dua teknik sekaligus.

Jenis data yang peneliti gunakan pada penelitian kualitatif bukanlah data angka. Sehingga peneliti jarang menggunakan pendekatan matematis pada analisis ini. Pada penelitian ini data bisa saja peneliti ambil secara terus menerus dalam waktu yang berbeda.

James P. Spradley, seorang ahli antropologi Amerika Serikat memperkenalkan teknik analisis data kualitatif yang kemudian dikenal dengan teknik Spradley. Teknik ini memiliki empat tahapan utama yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, serta analisis tema kultural.

Baca Juga Topik Menarik Tips Sukses Selesaikan Menyusun Skripsi Tesis Disertasi.

Inilah Contoh Latar Belakang Penelitian Dan Alur Pembuatannya

Pengertian dan Teknik dalam Mengolah Data Penelitian

Ide Tempat yang Nyaman untuk Mengerjakan Skripsi

Tahap awal pada teknik Spradley adalah analisis domain, yaitu peneliti akan berusaha mendapatkan gambaran umum tentang objek yang sedang peneliti teliti. Gambaran umum ini bisa peneliti dapatkan dari sejumlah data yang peneliti dapatkan selama proses pengumpulan data.

Kemudian peneliti akan melakukan analisis taksonomi. Analisis taksonomi adalah tahap dimana peneliti akan menelaah dan meneliti kembali semua domain yang telah peneliti kumpulkan. Tujuannya adalah agar peneliti bisa mengetahui unsur apa saja yang membangun domain-domain penelitian tersebut.

Tahap ketiga adalah analisis komponensial. Pada tahap ini peneliti akan mengetahui ciri spesifik dari setiap unsur yang menyusun domain data penelitian. Tahap terakhir adalah analisis tema kultural. Yaitu proses dimana peneliti akan mengambil hubungan antar domain data dan mengambil kesimpulan penelitian. Itulah penjelasan singkat tentang pengertian analisis data kualitatif dan jenis analisis data kualitatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *