Tabungan emas di pegadaian adalah salah satu jenis investasi yang cukup digemari oleh masyarakat. Apalagi, investasi emas juga dianggap lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan investasi menggunakan uang. Namun, akan lebih baik jika Anda mengetahui lebih dahulu apa saja keuntungan serta kerugian dari menabung emas di pegadaian.

Pertama-tama ketahuilah dulu bahwa tabungan emas di pegadaian merupakan fasilitas seperti nasabah menabung yang transaksinya berupa jual belo emas dalam bentuk logam mulia 24 karat. Selanjutnya nasabah diperbolehkan untuk menyetorkan uang tunai dalam tabungan emas tersebut dengan nominal berapapun. Setelah itu, uang yang terkumpul bisa mulai dikonversikan dalam bentuk gram emas batangan yang disesuaikan dengan harga emas 24 karat pada saat itu.

Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian

Jika Anda memutuskan untuk investasi emas di pegadaian, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  1. Emas memiliki nilai aset yang cenderung stabil. Hal ini dikarenakan emas bukan hanya komoditas yang berperan sebagai instrumen investasi, tetapi juga sebagai pelengkap gaya hidup. Selain itu, risiko turunnya harga aset juga cukup minim, terutama jika masih banyak yang melakukan transaksi emas.
  2. Emas adalah salah satu logam mulia yang diakui keabsahannya oleh hampir seluruh dunia, sehingga tabungan emas di pegadaian akan mudah dicairkan ke dalam bentuk tunai.
  3. Menabung emas di pegadaian akan bersifat seperti tabungan konvensional, sehingga jika aset ingin dicairkan ke bentuk uang tunai akan lebih mudah dilakukan.
  4. Tabungan emas Anda akan terbebas dari bunga.
  5. Melakukan investasi emas di pegadaian dapat menjaga nilai kekayaan Anda karena nilai emas yang cukup stabil serta cenderung naik.

Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian

Bagi Anda yang berencana untuk berinvestasi dalam bentuk tabungan emas di pegadaian, ketahuilah bahwa jenis investasi ini juga memiliki kekurangan.

  1. Sebagai seorang nasabah yang berinvestasi dengan emas di pegadaian, Anda harus membayar biaya administrasi serta biaya penyimpanan per tahun yang biasanya sekitar Rp 30 ribu.
  2. Saldo tabungan emas di pegadaian membutuhkan waktu cukup lama untuk dikonversikan ke dalam bentuk emas batangan fisik. Selain itu juga akan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mencetak emas 24 karat.
  3. Investasi emas dalam jangka pendek bukan sesuatu yang akan menguntungkan karena harga buyback atau pembelian kembali lebih rendah dibanding dengan harga beli emas di pegadaian.

Baca Juga Ide Bisnis Kreatif Auto Pilot

4 Cara Bisnis Autopilot untuk Maksimalkan Usaha Anda Berjalan Sendiri

Ini 4 Alasan Kenapa Sistem Autopilot dalam Bisnis Menguntungkan

Itulah beberapa keuntungan serta kerugian yang perlu Anda ketahui jika ingin mulai berinvestasi dengan menabung emas di pegadaian. Lakukanlah investasi jangka panjang dan jagalah nilai kekayaan Anda dengan mulai berinvestasi emas di pegadaian. Pastikan juga bahwa Anda sudah benar-benar memahami setiap proses transaksi mulai dari administrasi hingga saat Anda akan melakukan pencairan tabungan emas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.