Sebagai orang tua, tahukah jika bermain musik bermanfaat bagi emosi anak? Perlu tahu bahwa musik adalah seni yang dapat melukiskan perasaan dan pemikiran manusia dengan keindahan suara. Dengan irama dan nada-nada yang teratur, musik sebenarnya selalu ada dalam kehidupan.

Sadarkah bahwa selalu dikelilingi oleh suara musik yang sangat beraneka ragam? Mulai dari suara alam seperti aliran sungai, rintik hujan, angin, ombak. Bahkan dalam keseharian, tidak akan terlepas dari suara detak jam, suara mesin motor atau mobil hingga suara gertakan benda lainnya.

Jika ditanya apakah bermain musik bermanfaat bagi emosi anak? tentu saja iya. Ketika sedang penat atau tidak bersemangat lalu mencoba menenangkan diri mendengar suara alam atau mendengarkan suara musi, apa yang rasakan? Ketenangan bukan. Bahkan jika mendengarkan musik yang berenergi, pun seakan memiliki semangat baru.

Keajaiban Musik Dalam Spiritual Manusia

Musik dapat memberikan efek nyata pada perkembangan emosi bahkan spiritual manusia. Terutama untuk anak, bermain musik dan menyanyikan sebuah lagu akan sangat memberikan pengaruh dalam perkembangan emosinya. Oleh karena itu, saat masih didalam kandungan pun disarankan memperdengarkan musik, yaitu dengan mendekatkan rekaman musik pada perut ibundanya.

Bahkan nada dan irama yang terkesan teratur dapat mempengaruhi sisi spiritual anak. Contohnya saja jika sering memperdengarkan irama rohani sesuai keyakinan anak. Jika seorang muslim memperdengarkan alunan Al-Quran pada anak, lalu jika kristiani dengan lagu rohani, maka hal tersebut juga mempengaruhi karakter anak pada kecerdasan spiritual anak.

Pentingnya Musik dalam Proses Pembelajaran

Bermain musik bermanfaat bagi emosi anak dan juga tumbuh kembang anak. Bahkan juga dapat meningkatkan keterampilan anak hingga dewasa nanti. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, musik memang memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan dan perkembangan awal anak-anak. Beberapa studi mengatakan bahwa musik dapat membantu saraf untuk lebih mudah belajar.

Selain itu, pelatihan musik juga dapat mempertajam kemampuan anak untuk mengenali emosi dan suara. Sehingga membantu anak dalam pengembangan fleksibilitasnya menanggapi situasi tertentu. Selain itu, bermain musik juga terbukti dapat menghilangkan stress. Sehingga anak tidak mudah bosan dengan rutinitasnya.

Agar anak memiliki peningkatan produktivitas, belajar musik sangat dianjurkan. Banyak sekali keuntungan yang nantinya akan dapatkan berkaitan dengan perkembangan emosi anak, dapat mulai mengenalkan musik atau irama yang sederhana. Jika anak terlihat memiliki ketertarikan pada musik, tidak ada salahnya jika memberikan fasilitas berupa les musik.

Carilah tempat les yang memberikan pilihan waktu fleksibel, sehingga anak tidak merasa terbebani dengan aktivitas barunya. Tempat les yang menggunakan tenaga pegajar profesional seperti Pustaka Guru sangat disarankan, agar bermain musik bermanfaat bagi emosi anak dengan tepat dan efektif.

Keyword : Bermain musik bermanfaat bagi emosi anak Deskripsi : Bermain musik bermanfaat bagi emosi anak dan perkembangan spiritualnya