Beasiswa SMA di Australia

Mendapatkan beasiswa SMA di Australia tentu menjadi impian bagi sebagian besar siswa di Indonesia. Apalagi bila melihat kini semakin banyaknya peluang yang ditawarkan kepada siswa siswi di Indonesia untuk ikut serta mengenyam sistem pendidikan di sana. 

Namun, tentunya supaya bisa mengikuti program ini, siswa harus terlebih dahulu melengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak terkait. Nah, untuk mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa di Australia mari simak ulasan berikut: 

Menilik Syarat Beasiswa di Australia

Pengajuan beasiswa SMA di Australia menjadi angin segar bagi setiap siswa yang ingin mendaftarkan diri pada program SMA di negara singa kanguru tersebut. Disediakannya beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang ingin mengenyam pendidikan dengan sistem pembelajaran lebih baik dan mempersiapkan ke jenjang lebih tinggi. 

Beasiswa ini sendiri telah dimulai pada tahun 2020 tahun lalu dan akan selesai pada tahun 2022. Tentunya bagi setiap siswa yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa penuh atas Australian Independent School selama masa belajar masih berlangsung.

Bagi siswa yang ingin mengikuti program ini untuk pembukaan tahun berikutnya pun bisa terlebih dahulu memperhatikan setiap persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Persyaratan Identitas Siswa

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi oleh siswa adalah pemenuhan persyaratan tentang identitas pribadi siswa. Berikut ini adalah 5 persyaratan yang harus dipenuhi siswa untuk melengkapi syarat dokumen yang akan dilengkapi: 

  • Terdaftar sebagai siswa di salah satu sekolah yang telah bekerja sama dengan AIS. 
  • Tercatat sebagai WNI. 
  • Melampirkan bukti prestasi akademik sebagai siswa. 
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.
  • Memiliki atribut pendukung untuk mengikuti program IB. 

Setiap siswa tentu akan diizinkan untuk mengikuti program ini selama kelima persyaratan tersebut dapat terpenuhi dengan baik sebelum kemudian melengkapi dokumen penyerta. 

2. Persyaratan Dokumen 

Kelengkapan persyaratan berikutnya adalah dokumen penyerta yang nantinya akan digunakan untuk mengajukan permohonan beasiswa SMA di Australia. Persyaratan tersebut diantaranya adalah:

  • Melampirkan fotocopy SKHUN SMP.
  • Memberikan lampiran fotocopy Ijazah SMP. 
  • Melampirkan fotocopy rapor selama kurun waktu dua tahun terakhir. 
  • Memberikan melampirkan fotocopy Kartu Keluarga serta paspor yang aktif.
  • Melampirkan essay dalam bahasa Inggris dengan jumlah 500 kata. 
  • Melampirkan formulir pendaftaran untuk mengajukan beasiswa AIS. 

Nantinya siswa, pihak sekolah maupun orang tua murid akan mendapatkan informasi lebih lanjut apabila ada dokumen lain yang dibutuhkan untuk dilengkapi.

Mengetahui Cara Mendaftar AIS

Apabila sebelumnya telah mengetahui berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa AIS. Tentunya cara untuk mendaftar AIS adalah hal berikutnya yang penting untuk diketahui. 

Ingin dapatkan beasiswa, siapkan prestasimu dengan ikut bimbingan belajar Pustakaguru materi komplit Bimbel Olimpiade UTBK

Bagi siswa yang ingin mendaftar ke AIS pun bisa dilakukan melalui dua cara yaitu melalui kantor POS atau pun melalui email dari AIS itu sendiri. Nah, lebih jelasnya mari simak ulasan berikut ini untuk informasi lengkapnya: 

1. Mendaftar Via Pos

Cara mendaftar AIS yang pertama bisa dilakukan melalui POS. Tentunya siswa harus terlebih dahulu menyiapkan setiap berkas yang dibutuhkan untuk kemudian dikirimkan lewat POS. Nantinya berkas ini akan dikirimkan ke alamat Admissions Office AIS Indonesia yang ada di Jakarta Selatan. 

2. Mendaftar Via Email 

Pendaftaran berikutnya juga bisa dilakukan melalui email yang telah disediakan oleh pihak AIS. Siswa bisa mengirimkan berkas yang telah disiapkan beserta formulir pendaftaran AIS ke alamat email tertera. 

Tentunya dalam pendaftaran via email ini siswa harus terlebih dahulu melakukan scan dokumen dan mengatur ukuran file sesuai dengan aturan yang ditentukan. Apabila semua berkas sudah lengkap barulah kemudian pengajuan dapat dikirimkan. 

Nah, itulah tadi sekilas tentang beasiswa SMA di Australia yang telah dibuka pada pendaftaran untuk tahun ajaran 2020 lalu dan akan selesai pada tahun ajaran 2022. Tentunya siswa akan dapat mengikuti program ini  pada saat pendaftaran kembali dibuka oleh AIS.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.