beasiswa sekolah penerbangan

Menjadi seorang penerbang yang handal dan diakui dunia internasional adalah impian semua pilot. Untuk mendapatkannya tentu harus melalui perjalanan panjang, termasuk menempuh pendidikan yang biayanya mahal. Namun beberapa organisasi penerbangan di dunia menawarkan beasiswa sekolah penerbangan untuk kandidat yang memenuhi syarat. Simak beasiswa apa saja yang diberikan oleh organisasi internasional di bawah ini!

 1. EAA Young Eagles

Menjadi pilot yang handal adalah impian semua penerbang. Untuk menjembatani mimpi generasi muda yang ingin menjadi penerbang, EAA Young Eagles membuka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa penuh bagi para pemuda dan pemudi yang memiliki minat dan kecintaan terhadap dunia penerbangan.

Beasiswa pelatihan penerbang yang diselenggarakan di Oshkosh Wisconsin ini bersifat terbuka bagi seluruh peserta di seluruh dunia yang telah menyelesaikan masa sekolah menengah atas. Mengingat nilai beasiswa yang cukup besar EEA Young Eagles memberlakukan seleksi yang ketat untuk memilih beberapa kandidat yang layak menerima beasiswa ini.

Setiap kandidat yang terpilih akan menerima manfaat berupa biaya sekolah penerbangan gratis hingga selesai, sertifikasi pilot internasional dan bebas visa selama masa studi. Apabila berminat bisa mendaftar langsung melalui website resminya, dan masa pengajuan aplikasi dibuka bulan September setiap tahun.

2. The 99s

The 99s adalah organisasi pilot wanita yang terkenal di dunia penerbangan internasional. Organisasi ini telah memberikan kontribusi kepada kemajuan dunia penerbangan melalui beasiswa yang diberikan kepada calon penerbang yang memenuhi syarat sejak tahun 1941

Nilai beasiswa untuk  satu peserta adalah USD 16,000 per tahun. Nominal yang besar membuat beasiswa ini diincar oleh calon-calon penerbang di seluruh dunia. Pengajuan aplikasi untuk mendapatkan beasiswa ini ditutup tanggal 1 Januari setiap tahunnya. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui www.ninety-nines.org

3. The Honorable Company Of Air Pilots

Beasiswa sekolah penerbangan internasional berikutnya adalah beasiswa dari The Honorable Company of Air Pilots. Beasiswa ini disebut juga Beasiswa GAPAN (Guild of Pilots and Navigators) dan terbuka bagi semua calon penerbang yang berasal dari negara yang sudah terakreditasi oleh GAPAN. Hal ini bertujuan agar kandidat yang terpilih benar-benar memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Setelah terpilih, penerima beasiswa akan mendapatkan beragam manfaat diantaranya beasiswa penuh hingga masa studi selesai, lisensi pilot pribadi, pelatihan teori transportasi udara secara gratis, menerima rating untuk pelatihan pilot, dan mendapat kursus pilot pesawat jet gratis.

4. National Aviation Exploring

Beasiswa dari The National Aviation Exploring ini ditujukan bagi para kandidat yang memenuhi syarat dari seluruh dunia. Para kandidat harus memenuhi syarat baik syarat administrasi maupun kemampuan pribadi sebagai calon penerbang handal yang dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia penerbangan.

Beasiswa ini diselenggarakan di Pennsylvania, Amerika Serikat. Nilai beasiswa yang akan didapat oleh setiap peserta adalah sebesar USD 10,000 / tahun. Batas waktu pengajuan aplikasi untuk beasiswa ini berakhir di tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Silahkan mengunjungi laman resminya di www.exploring.org untuk mengajukan aplikasi.

5. Women In Aviation

Seperti namanya, organisasi ini dikelola oleh para wanita yang memiliki kontribusi dalam dunia penerbangan internasional. Setiap tahunnya, Women in Aviation membuka peluang beasiswa bagi calon penerbang di seluruh dunia yang memenuhi syarat.

Jumlah beasiswa yang diberikan oleh organisasi ini sebesar USD 780,000 yang diberikan kepada 130 peserta setiap tahunnya. Tahap seleksi untuk mendapatkan beasiswa ini berlangsung mulai bulan Juli hingga November setiap tahun. Jika berminat, setiap kandidat dapat menghubungi Donna Wallace melalui email wallace@wai.org untuk mengajukan aplikasi.

Demikian ulasan singkat  mengenai beasiswa sekolah penerbangan di luar negeri yang diselenggarakan oleh organisasi penerbangan berskala internasional. Semoga informasi singkat ini membantu para calon penerbang yang memiliki keterbatasan biaya untuk mengejar mimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.