beasiswa kuliah sambil kerja

Hal ini karena pada dasarnya mahasiswa yang mendapatkan beasiswa seringkali dituntut untuk selalu aktif dan sempurna dalam mendapatkan IPK. Inilah yang pada akhirnya seringkali dipertanyakan. Nah, untuk mengetahuinya maka, mari simak ulasan berikut!

Kuliah sambil bekerja bukanlah hal asing lagi dikalangan mahasiswa. Kegiatan satu ini pada dasarnya sudah cukup sering dilakukan sebagian besar mahasiswa. Namun, bisakah mendapatkan beasiswa kuliah sambil kerja? Pertanyaan ini tentunya seringkali muncul pada benak beberapa mahasiswa. 

Bisakah Menerima Beasiswa Kuliah Sambil Bekerja?

Sama seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa kuliah sambil bekerja bukanlah hal asing bagi mahasiswa. Bahkan bagi penerima program beasiswa pun sebenarnya juga tetap bisa melakukan hal ini. Beberapa universitas bahkan telah menyetujui kegiatan mahasiswa yang melakukan perkuliahan sambil bekerja.

Namun, tentunya bagi mahasiswa yang menerima beasiswa kuliah sambil kerja haruslah bisa membagi waktu dengan tepat. Hal ini dilakukan supaya pada kedua kegiatan terkait tidak ada terjadi ketimpangan yang pada akhirnya menyebabkan masalah pada mahasiswa itu sendiri. 

Kini juga telah ada beberapa universitas yang menyediakan program beasiswa untuk mahasiswa yang bekerja. Beberapa bahkan menyediakan program magang. Hal ini dilakukan supaya nantinya mahasiswa pun juga bisa menerapkan ilmu selama kuliah dengan baik di dunia kerja. 

Menilik 3 Beasiswa yang Bisa Dijalankan Sambil Bekerja

Adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mahasiswa supaya bisa mendapatkan beasiswa dan tetap bekerja tentu sangat menguntungkan bagi generasi lebih baik dimasa mendatang. Nah, lalu apa saja sih rekomendasi universitas yang mendukung sistem beasiswa ini? Simak 3 ulasannya berikut: 

1. Magang Beasiswa IGTC

Program beasiswa pertama datang dari Indonesia Garment Training Center. Pada pelatihan IGTC ini nantinya pelajar lulusan SMA akan mendapatkan program magang. Nantinya pelajar akan menerima beasiswa pelatihan magang pada perusahaan IGTC. Hal ini dilakukan untuk menempa pelajar dalam menghadapi dunia kerja dimasa kemudian. 

Bahkan pada program beasiswa ini tidak hanya diperuntukkan untuk pelajar pada usia SMA namun, juga diperbolehkan untuk maksimal remaja di usia 21 tahun. Tentunya untuk mendapatkan program beasiswa ini nantinya haruslah terlebih dahulu melengkapi persyaratan yang berlaku. 

2. STUNED

STUNED atau yang biasa dikenal dengan Studeren in Nederland menjadi program beasiswa selanjutnya yang bisa dijadikan rekomendasi. Namun, beasiswa ini nantinya akan dijalankan di luar negeri tepatnya di Belanda. 

Pada program beasiswa ini nantinya mahasiswa akan menerima berbagai tunjangan beasiswa selama menjalani masa pembelajaran. Tentunya mahasiswa pun juga akan dibebaskan dalam menjalankan pekerjaan selama masa studi. Bagi mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa pada STUNED ini tentunya haruslah terlebih dahulu memenuhi persyaratan yang berlaku. 

3. VLIR-UOS Scholarship di Belgia

Beasiswa berikutnya datang dari Belgia yang terkenal dengan coklatnya. Pada program beasiswa ini nantinya akan disebut sebagai VLIR UOS Scholarship. Nantinya mahasiswa yang berhasil lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan berbagai tunjangan dari beasiswa terkait. Mahasiswa pun diperbolehkan untuk bekerja selama masa pembelajaran tidak terganggu. 

Menariknya program beasiswa ini tidak hanya diperuntukkan untuk remaja di usia belasan tahun. Bagi orang dewasa diatas 30 tahun pun diperbolehkan untuk mengikuti program ini. Ketentuan usia maksimal penerima beasiswa ini adalah 40 tahun. 

Nah, itulah tadi sekilas tentang 3 beasiswa kuliah sambil kerja yang bisa didapatkan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Pada dasarnya hampir setiap kampus akan memperbolehkan dua kegiatan ini bagi penerima beasiswa. Namun, tentunya dengan syarat bahwa perkuliahan yang berlangsung tidak mengalami kendala. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.