Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Tak semua pelajar bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah. Karena pada umumnya, calon penerima beasiswa harus memiliki prestasi yang dimilikinya. Namun, tahukah bahwa terdapat beasiswa yang tidak memerlukan prestasi untuk mendapatkannya? Benar, hal tersebut memang ada. Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi? Simak uraian selengkapnya berikut ini!

1. Rajinlah Mencari Sumber Informasi Seputar Program Beasiswa

Poin pertama ini sangatlah disarankan bagi pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa, baik dari pihak swasta maupun pemerintah. Untuk dapat mendapatkan sumber informasi tersebut, sudah banyak akun media sosial yang telah secara khusus memberikan informasi program beasiswa. Akun media sosial tersebut bisa dari Instagram, Facebook, Telegram maupun Twitter.

Salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa tanpa prestasi biasanya dengan mendaftar program beasiswa yang diadakan oleh pihak swasta. Perlu diketahui bahwa sangat banyak beasiswa dari pihak swasta yang dimana prestasi bukan dari kriteria calon penerima beasiswa tersebut. Beasiswa dari pihak swasta ini bisa dari sebuah perusahaan, platform bisnis digital, lembaga sosial, dsb.

2. Seringlah Mengasah Keahlian Tambahan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dimana beasiswa yang bisa didapatkan tanpa memiliki prestasi kebanyakan dari pihak swasta. Meskipun beasiswa tersebut diberikan tanpa adanya kriteria prestasi yang telah diraih, bukan berarti beasiswa tersebut diberikan kepada sembarang orang. Tentu pihak pemberi beasiswa tersebut akan lebih memperketat seleksi penerima beasiswanya.

Untuk membuat peluang diterima sebagai penerima beasiswa tersebut, sebaiknya para pelajar yang mendaftar beasiswa tersebut memiliki keahlian khusus atau tambahan. Dengan keahlian tersebut akan menjadi nilai tambahan untuk pendaftar yang dapat memperbesar peluang untuk menerima beasiswa tersebut.

Cara mengasah keahlian tambahan tersebut tidak harus melalui kursus dari lembaga resmi dan berbayar. Hal ini bisa diakali dengan mengikuti kursus atau pelatihan secara online dan tentunya gratis. Terdapat banyak sekali platform digital yang menyediakan fasilitas untuk meningkatkan keahlian. Keahlian tambahan ini bisa berupa kemampuan bahasa asing, IT technology, dsb.

3. Usahakan Masuk Kampus Dengan Ikatan Dinas

Bagi pelajar SMA yang menginginkan melanjutkan pendidikannya dengan mendapat beasiswa tanpa kriteria prestasi, ada satu cara yang biasa dilakukan. Mendaftar kuliah pada salah satu kampus yang memiliki ikatan dinas. Perlu yang diketahui bahwa kampus dengan ikatan dinas, para mahasiswanya akan diberikan beasiswa pendidikan secara penuh. Bahkan bagi sebagian kampus ikatan dinas akan memberikan biaya hidup juga.

Ingin dapatkan beasiswa, siapkan prestasimu dengan ikut bimbingan belajar Pustakaguru materi komplit Bimbel Olimpiade UTBK

Untuk mendaftar pada kampus ikatan dinas tidak diperlukan sertifikat prestasi yang pernah diraih. Para pendaftar hanya perlu mengikuti serangkaian tes yang diperlukan, mulai dari tes SKD, SKB, psikotes, dan wawancara. Ketika pendaftar dinyatakan lolos dari empat tahapan tes tersebut, maka pelajar tersebut otomatis akan mendapatkan beasiswa pendidikan secara penuh.

4. Daftarlah Menjadi Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah

Cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi yang terakhir dengan mengikuti program KIP Kuliah. Program beasiswa ini diberikan oleh pemerintah untuk membantu meringankan biaya pendidikan bagi para mahasiswa. Beasiswa ini diberikan secara penuh bagi mahasiswa selama 8 semester. Para penerima beasiswa KIP Kuliah akan mendapatkan bantuan biaya kuliah sekaligus biaya hidup.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah ini sangatlah mudah. Dimana para pendaftar hanya perlu menyiapkan syarat administratif yang diperlukan, diantaranya:

  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa.
  • Bukti besaran penghasilan yang didapatkan oleh kedua orang tua selama satu bulan.
  • Scan KK, KTP/Kartu Pelajar, dan akta kelahiran.
  • Lampirkan bukti pembayaran pajak dan bukti pembayaran tagihan listrik selama 3 bulan terakhir.
  • Sertakan hasil scan dari nilai rapor SMA sederajat selama 5 semester
  • Tambahkan hasil scan dari Surat Keterangan Lulus (SKL)
  • Foto kondisi rumah calon penerima. Kondisi ruang tamu, bagian dapur, bagian kamar tidur, kondisi kamar mandi, dan teras rumah beserta seluruh anggota keluarga.

Itulah beberapa cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi yang bisa dilakukan oleh setiap pelajar. Mendapatkan beasiswa tanpa prestasi bukanlah hal yang mustahil. Hanya saja, setiap pelajar diharuskan untuk bekerja lebih ekstra agar mendapatkan beasiswa tersebut.

Artikel menarik Lainnya

One thought on “Lengkap! Inilah Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi Yang Harus Diketahui!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.