Program Individu KKN Manajemen

Setiap mahasiswa yang menjalani program KKN pasti berusaha untuk menyusun rencana program yang menarik dan bermanfaat. Salah satunya adalah kelompok mahasiswa dari jurusan manajemen. Program individu KKN manajemen sangat beragam dan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat setempat. Berikut akan dibahas 5 ide program KKN yang bisa dijalankan oleh mahasiswa manajemen:

1. Penyuluhan Manajemen Hasil Industri

Program yang sebenarnya sangat sederhana dan paling mudah dijalankan mahasiswa adalah penyuluhan atau sosialisasi.  Kegiatan ini juga sangat memungkinkan untuk dilakukan secara individu. Mahasiswa dari jurusan manajemen bisa melakukan program penyuluhan atau sosialisasi manajemen hasil industri. Program ini bisa dilakukan bagi masyarakat yang sudah menjalankan bidang industri tertentu.

Misalnya, di lokasi KKN ada warga yang mengelola bisnis kerajinan karya rajut. Beragam produk sudah dihasilkan seperti tas, sepatu, syal, dan lain sebagainya. Mahasiswa bisa menargetkan warga-warga yang memiliki usaha seperti ini untuk mengikuti penyuluhan manajemen hasil industri. Jadi dalam penyuluhan tersebut akan diberikan informasi mengenai seperti apa cara yang efektif dalam mengelola produk dan penghasilan yang diperoleh.

2. Pelatihan Kewirausahaan

Mahasiswa manajemen juga bisa mengadakan program pelatihan kewirausahaan di lokasi KKN. Masyarakat tentu akan sangat membutuhkan program pelatihan yang bisa memberi arahan untuk membangun usaha tertentu. Berbekal ilmu yang dimiliki, mahasiswa bisa memberikan ilmu-ilmu kewirausahaan yang bisa diaplikasikan oleh para warga.

Pelatihan ini bisa bersifat spesifik terutama jika KKN dilakukan di wilayah desa yang punya sumber daya alam tertentu. Misalnya, KKN dilakukan di desa dengan kekayaan sumber daya alam berupa kelapa. Mahasiswa bisa menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan yang memanfaatkan kelapa sebagai bahan utama untuk dijadikan berbagai produk.

3. Pelatihan Pemasaran

Ide program individu KKN manajemen yang berikutnya adalah pelatihan pemasaran. Setiap jenis usaha yang dilakukan oleh warga tidak akan bisa berjalan lancar jika tidak diterapkan strategi pemasaran yang tepat. Mahasiswa dari jurusan manajemen tentu tahu banyak mengenai strategi pemasaran yang efektif bagi UMKM agar bisa berkembang pesat. Ini akan menjadi suatu topik yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi warga yang punya usaha kecil-kecilan di lokasi KKN.

4. Pelatihan Manajemen Modal

Mahasiswa jurusan manajemen juga tentu punya bekal ilmu memadai mengenai pengelolaan modal dalam memulai usaha. Selama KKN, mahasiswa bisa mengadakan program pelatihan manajemen modal bagi para warga yang ingin memulai usaha. Program ini juga bisa diikuti oleh warga yang sudah menjalankan usaha namun sulit untuk berkembang.

5. Pemberdayaan Potensi Wilayah

Setiap daerah memiliki pesona masing-masing dan pasti ada potensi yang bisa dioptimalkan. Setelah memulai KKN, kenali wilayah yang ditempati dan cari tahu potensi apa yang bisa dikembangkan dari tempat tersebut. Mahasiswa KKN bisa mengadakan program pemberdayaan potensi wilayah agar bisa mendatangkan keuntungan bagi warga.

Contohnya, mahasiswa bisa membuat program pengelolaan ekowisata desa lokasi KKN. Program ini bisa dimulai dengan menciptakan spot-spot menarik untuk menarik orang lain berkunjung ke lokasi tersebut. Bisa juga diperkenalkan makanan-makanan lokal khas wilayah tersebut sebagai upaya menarik perhatian publik.

Itulah 5 ide program individu KKN manajemen yang bisa memberi manfaat bagi masyarakat. Kunci perencanaan program saat KKN terletak pada keterampilan dalam memahami potensi wilayah yang ditempati. Dekati juga warga setempat agar bisa memahami apa saja yang dibutuhkan dan apa yang bisa diberikan selama KKN berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.