Pembekalan KKN

Menempuh kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata menjadi kewajiban bagi setiap mahasiswa yang ingin lulus kuliah. Sebelum melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa perlu mengikuti pembekalan KKN. Kegiatan pembekalan ini juga wajib sifatnya bagi semua mahasiswa. Kali ini akan dibahas apa saja yang menjadi tujuan dari dilaksanakannya program pembekalan sebelum mahasiswa berangkat KKN. Berikut ulasannya:

1. Memberikan Materi KKN

Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberikan materi KKN kepada mahasiswa. Lewat kegiatan ini mahasiswa akan memahami apa saja yang akan diselenggarakan selama KKN. Materi yang diberikan lengkap mulai dari pelepasan mahasiswa menuju lokasi KKN hingga pembuatan laporan. Pengisi materi akan menjelaskan secara rinci apa saja kegiatan yang akan dilalui selama KKN berlangsung.

Salah satu bagian penting yang termuat dalam materi KKN ini adalah pelaksanaan program-program. Selama KKN berlangsung, mahasiswa akan diminta menjalankan berbagai jenis program kemasyarakatan. Lewat program pembekalan ini mahasiswa akan diberi kejelasan mengenai aturan pelaksanaan program yang harus dijalankan.

2. Memperkenalkan Apa Itu KKN

Pembekalan bertujuan memberi pengenalan kepada mahasiswa mengenai kegiatan KKN. Tentu saja ini menjadi pengalaman pertama bagi mahasiswa untuk terjun langsung menjalani KKN. Banyak diantara mereka yang belum memahami apa itu sebenarnya KKN dan apa makna dari kegiatan ini. Lewat program pembekalan, mahasiswa jadi lebih paham apa sebenarnya KKN sehingga bisa menjalaninya dengan lancar.

3. Mendekatkan Diri dengan Rekan KKN

Program KKN dilakukan berkelompok dimana mahasiswa akan bertemu dengan mahasiswa lain yang berasal dari jurusan berbeda. Kemungkinan besar mahasiswa akan bertemu dengan teman-teman baru yang tidak dikenal sebelumnya. Kegiatan pembekalan KKN ini akan menjadi momen yang tepat untuk mengenal rekan sekelompok sehingga menjadi lebih akrab dan kompak.

Perlu diketahui bahwa kekompakan selama menjalani KKN sangat dibutuhkan. Pada saat pembekalan ini mahasiswa bisa bertemu dengan teman kelompoknya dan saling mengenal. Ini menjadi awal untuk membentuk tim yang kompak sehingga semua program KKN bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana.

4. Memberikan Gambaran Program KKN

Sebagian besar mahasiswa mungkin masih kabur dengan program KKN yang akan dijalankan. Lewat aktivitas pembekalan ini, pembimbing bisa memberikan gambaran atau contoh program KKN. Biasanya akan dipaparkan program KKN di tahun-tahun sebelumnya. Pemberian contoh ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk menjalankan program yang lebih baik di periode KKN-nya.

Menyusun rencana program KKN tentu tidak mudah, dibutuhkan penyesuaian antara kemampuan mahasiswa dan kebutuhan masyarakat di lokasi KKN. Jika sebelumnya diberikan contoh atau gambaran maka mahasiswa bisa mendapat acuan yang pasti saat menyusun program.

5. Memotivasi Mahasiswa Menjalani KKN

Program pembekalan ini akan menjadi kesempatan untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa sebelum menjalani KKN. KKN merupakan salah satu kegiatan kampus yang cukup panjang dan melelahkan. Tentunya dibutuhkan semangat dan kerja keras agar mahasiswa bisa menjalaninya dengan baik.

Mahasiswa biasanya akan menjalani KKN di lokasi yang sulit. Belum lagi harus jauh dari keluarga dan menjalankan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Banyak sekali tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa KKN. Itulah mengapa sangat penting untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa sebelum dilakukan pelepasan atau pemberangkatan.

Kegiatan pembekalan KKN jelas memiliki fungsi yang sangat penting. Universitas wajib menyelenggarakan kegiatan ini demi memberi bekal yang matang bagi mahasiswa sebelum pemberangkatan. Kesuksesan pembekalan akan berpengaruh pada kelancaran mahasiswa dalam menjalankan program-program selama KKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.