Tes Bakat Skolastik Adalah

Di Indonesia ada beberapa jenis ujian masuk yang bisa dilakukan dan TBS atau tes bakat skolastik. Salah satu tempat yang banyak menyelenggarakan tes bakat skolastik adalah perguruan tinggi. Jadi tbs ini menjadi salah satu indikator dalam ujian masuk siswa SMA ke perguruan tinggi yang hendak dituju. Biasanya TBS ini dilakukan serangkaian dengan UTBK.

Mengenal TBS (Tes Bakat Skolastik)

Meskipun sering digunakan sebagai ujian masuk, namun banyak yang belum mengetahui apa itu TBS. Secara sederhananya TBS adalah tes yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan, dan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang (IQ). Biasanya tes ini nilainya akan menjadi pelengkap hasil prestasi.

Tujuan Dilaksanakannya Ujian

Tentunya pelaksanaan ujian ini memiliki beberapa tujuan. Dimulai sebagai pelengkap nilai prestasi, rangkaian mengukur kemampuan, dsb. Memang mengukur kemampuan dengan menggunakan tes ini merupakan sesuatu yang terbatas. Namun tetap saja tes dibutuhkan sebagai patokan awa. Selain itu tujuan lainnya  dilaksanakannya tes bakat skolastik adalah:

1. Mengetahui Kemampuan Mahasiswa

Pertama adalah mengetahui sampai sejauh mana kemampuan mahasiswa ini dalam berpikir, dan berlogika. Karena tes ini penyelesaiannya berbeda dengan tes lainnya. Tes ini seperti tes iq, namun tetap mengharuskan pesertanya memiliki logika yang tinggi dan juga pikiran yang sangat terstruktur. Oleh karena itu tujuan dari tes ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui kemampuan peserta.

2. Mengukur Bakat Seseorang

Sesuai dengan namanya tes ini merupakan tes bakat, meskipun bukan pengetesan bakat secara keseluruhan seperti seni dan olahraga. Namun di sini seseorang bisa diketahui apa minat dan bakatnya melalui jawaban yang diberikan. Biasanya hal ini ditemukan pada soal gambar, karena soal itu mengharuskan mahasiswanya untuk berimajinasi. Jadi dari imajinasi tersebutlah semuanya dilihat.

3. Mengetahui Bagaimana Kemampuan Peserta dalam Menghadapi Suatu Hal Baru

Percaya apa tidak kalau tes ini dilakukan dengan salah satu tujuannya adalah mengukur bagaimana kemampuan peserta ketika menghadapi suatu hal baru. Karena tentunya masa peralihan dari SMA ke perguruan tinggi, ataupun perguruan tinggi ke dunia kerja sangatlah berbeda. Jadi penting sekali untuk mengetahui apakah peserta ujian ini mampu untuk menghadapi dunia baru nantinya.

4.Alat Evaluasi

Meskipun hanya sebagai alat evaluasi terbatas, namun tetap saja tujuan utama dari pelaksanaan ujian ini adalah untuk mengevaluasi. Di sini pesertanya akan dilihat apakah pikirannya sudah berkembang, dan bisa menerima semua materi yang diberikan. Dari ujian ini akan dilihat secara sederhana bagaimana kemampuan mahasiswa dalam menerima materinya.

Dimana Tes Bakat Skolastik Dilaksanakan

Jadi dimana saja tes bakat skolastik ini dilakukan. Pertama adalah perguruan tinggi yang memang menjadi tempat paling sering dalam melaksanakan ujian ini. Selanjutnya adalah tes untuk masuk kerja, beberapa seperti lembaga kenegaraan, dan lembaga swasta. Semuanya melakukan tes ini sebagai salah satu rangkaian ujian masuk yang dilakukan. Tujuannya tentu untuk mengukur kemampuan yang dimiliki mahasiswanya.

TBS di Bidang Psikologi

Mungkin banyak yang tidak mengetahui kalau tes ini juga digunakan di bidang psikologi. Uniknya lagi adalah tujuan pelaksanaan tes ini di bidang psikologi sama dengan TBS umum.  Karena TBS ini mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual. Untuk di bidang psikologis  di dalamnya tes ini memiliki soal yang didominasi oleh gambar untuk mengukur imajinasi.

Jadi dengan begitu yang mengetes bisa mengetahui bagaimana kondisi psikologi peserta melalui gambar yang dibuat.  Karena itu bisa dikatakan kalau tujuan utama tes bakat skolastik adalah mengetahui kemampuan peserta, pola pikir pesertanya. Oleh sebab itu tidak heran jika kemudian tes ini banyak digunakan sebagai ujian masuk.

One thought on “Tes Bakat Skolastik Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Tempat Pelaksanaan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.