Syarat KKN UGM

Universitas Gadjah Mada atau yang lebih dikenal dengan UGM memang masih masuk dalam daftar universitas dengan jumlah peminat yang tinggi.hal tersebut mengingat prestasi dan juga universitas ini terbilang gemilang. Bagi yang menempuh Sarjana 1, terdapat sebuah program Kuliah Kerja Nyata yang menjadi mata kuliah wajib untuk diikuti. Beberapa syarat KKN UGM juga terbilang hampir sama dengan universitas yang lainnya.

Bagi mahasiswa yang hendak mengikuti program KKN UGM ini, tentu harus menyiapkan beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Ketika salah satu persyaratan tidak lengkap, tentu program KKN tidak bisa diikuti. Penasaran seperti apa persyaratan yang harus disiapkan, antara lain:

1. Terdaftar Sebagai Mahasiswa Aktif

Untuk bisa mengikuti KKN, syarat utama yang harus diperhatikan yaitu masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif. Ketika baru saja melakukan cuti, pastikan untuk mendaftar kembali di bagian akademik agar statusnya berubah menjadi aktif kembali.

2. Tidak Memiliki Nilai E

Hasil nilai dalam setiap mata kuliah aka berimbas pada lolos tidaknya sebagai syarat kkn UGM. Hal ini menjadikan mahasiswa untuk bisa memperoleh nilai yang baik dan terhindar dari nilai E. ketika mendapatkan nilai E, disarankan untuk mengulang mata kuliah tersebut agar bisa mengikuti KKN.

3. Telah Menempuh Minimum SKS Yang Ditentukan

Sesuai dengan kebijakan yang dibuat oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, bahwa untuk bisa mengikuti KKN UGM, mengharuskan mahasiswa untuk menempuh SKS setidaknya 100 SKS. Jumlah tersebut menjadi jumlah minimum baik untuk praktikum ditambah mata kuliah umum. Ketika jumlah SKS yang ditempuh belum mencapai minimum, tentu tidak bisa untuk menempuh KKN tersebut.

4. Telah Terdaftar Sebagai Peserta KKN-PKM

Setiap mahasiswa sebelum mengambil mata kuliah tentu harus mengurus KRS tau Kartu Rencana Studi. Dalampilihan KRS tersebut hendaknya memilih KKN-KPM sehingga bisa terdaftar sebagai peserta. Hal tersebut menjadi salah satu untuk bisa mengikuti KKN karena nama telah masuk dalam daftar.

5. Tidak Mengambil MataKuliah Praktikum Atau Umum

Karena KKN dilaksanakan di luar kampus dan juga terkadang di lokasi luar wilayah, tentu hal tersebut membutuhkan waktu. Tidak hanya itu saja, KKN juga biasanya dilakukan setidaknya 2 bulan. Untuk melaksanakan KKN ini, apstikan sedang tidak menempuh mata kuliah umum dan juga praktikum yang lainnya.

6. Telah Mengikuti Pembekalan

Sebelum terjun dalam masyarakat, tentu mahasiswa diharuskan untuk melakukan pembekalan dengan tujuan agar KKN bisa berjalan dengan lancar dan juga sesuai dengan harapan yang ada. Ketika telah terdaftar dalam KRS, aka nada sebuah jadwal untuk melakukan pembekalan. Pastikan untuk mengikuti jadwa tersebut dan lakukan pembekalan dengan baik.

7. Verifikasi Administrasi

Untuk bisa mengikuti KKN ini, mahasiswa diharuskan untuk memverifikasi persyaratan baik akademik maupun administratif. Adanya verifikasi tersebut dilakukan di bagian akademik fakultas. Pastikan untuk menyiapkan bukti administrasi yang ditentukan dan juga transkrip nilai untuk dijadikan persyaratan.

8. Telah Mengikuti General Test

Bagi mahasiswa yang hendak melakukan kKN, pastikan telah mengikuti General Test sebelumnya. Bahkan tidak hanya General Test saja, calon peserta juga harus lolos tes kesehatan yang dibuktikan dengan surat sehat. Jangan sampai untuk memanipulasi dari surat keterangan sehat ini jika kondisi tidak sedang fit. Hal ini karena akan berimbas pada kelancaran saat mengikuti KKN.

Beberapa syarat KKN UGm tersebut mungkin hampir mirip dengan universitas yang lainnya. Meskipun begitu, persyaratan yang telah ditetapkan oleh Rektor Universitas Gadjah Mada in bersifat mutlak dan harus dipenuhi.  Tentunya adanya hal tersebut dikarenakan demi kelancaran KKN yang akan dilaksanakan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.