Syarat Beasiswa KGSP

Ada suatu berita baik untuk para pengejar beasiswa ke Korea Selatan. Pihak pemerintahan disana telah resmi menawarkan kembali program beasiswa unggulan mereka yang disebut dengan Beasiswa KGSP atau nama terbarunya adalah Program Global Korea Scholarship. Beasiswa ini ditujukan untuk para lulusan SMA/ SMK Sederajat yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang S1 di korea sana dengan memenuhi Syarat Beasiswa KGSP.

Apa Itu KGSP?

KGSP Merupakan program pemerintah korea selatan yang memberikan kesempatan bagi pelajar di seluruh dunia untuk bisa mengikuti pembelajaran di Negaranya. Adapun lembaga pendidikan untuk program ini adalah Perguruan Tinggi yang ada di Korea Selatan, tentunya perguruan tinggi tersebut memiliki kualitas yang terbaik.

Adapun harapan dari diadakannya program ini adalah untuk meningkatkan pertukaran pendidikan Internasional. Dengan ini, bukan tidak mungkin mengeratkan kembali hubungan persahabatan negara-negara lain dengan Korea Selatan.

Program ini bisa diikuti untuk mendapatkan gelar Sarjana dan juga Pascasarjana. Kuota penerimaannya juga cukup banyak, yakni sebesar 220 orang untuk program sarjana dan 1080 orang untuk pascasarjana. Daftar universitas yang ditentukan sudah ada di situs resmi dari Beasiswa KGSP. Untuk yang belum bisa berbahasa korea, tenang saja karena pemenang beasiswa akan diberikan kursus bahasa Korea selama 1 tahun.

Syarat Beasiswa KGSP

Untuk bisa melamar beasiswa KGSP, calon pelamar harus memperhatikan terlebih dahulu apakah dirinya sudah masuk kualifikasi atau belum. Untuk memastikannya berikut adalah syarat Beasiswa KGSP yang harus diketahui:

1. Kebangsaan

Calon penerima beasiswa haruslah berasal dari negara yang ditawarkan beasiswa KGSP oleh Pemerintah Korea Selatan. Dalam hal ini Indonesia menjadi negara yang masuk dalam kategori tersebut. Jadi untuk persyaratan ini otomatis seluruh warga negara Indonesia berhak mengikutinya.

Peserta yang memiliki orang tua yang berasal atau memiliki kewarganegaraan Korea Selatan tidak diperkenankan mengikuti program ini. Begitu juga untuk seluruh pelajar yang memiliki kewarganegaraan Korea Selatan tidak diperkenankan ikut program ini.

2. Tingkat Pendidikan

Untuk bisa mengikuti program Sarjana atau S1, calon pelamar minimal memiliki pendidikan di tingkat SMA atau Sederajat, Sedangkan untuk yang berniat mengikuti program pasca sarjana, diwajibkan telah menempuh gelar minimal Sarjana. Bagi yang memiliki gelar Diploma, tidak diperkenankan mengikuti program S2 dan hanya diperbolehkan mengikuti program S1.

3. Nilai

Untuk urusan nilai, beasiswa ini bisa dibilang tidak mematok persyaratan nilai yang tinggi. Asalkan memiliki nilai rata-rata 80  dan berperingkat diatas 20 teratas sudah bisa mengikuti program ini bagi lulusan SMA Sederajat. Namun untuk pelajar Diploma, nilai yang diperlukan untuk bisa mengikuti program ini adalah memiliki nilai IPK 2.64 dengan skala 4.0. Peserta wajib melampirkan penjelasan sistem penilaian yang digunakan.

4. Kesehatan

Program ini juga memiliki syarat untuk batasan usia pelamar beasiswa. Usia yang bisa mengikuti program ini adalah bagi mereka yang masih berada dibawah 25 tahun, lebih dari itu maka sudah tidak bisa mengikutinya. Pastikan juga dalam memiliki kondisi kesehatan yang baik secara jasmani dan rohani. Hal tersebut diperlukan karena untuk menjalankan studi harus disertai jiwa dan raga yang sehat.

5. Pantangan

Adapun yang tidak diperbolehkan mengikuti program beasiswa ini adalah siswa yang berasal dari sekolah menengah di Korea Selatan. Kemudian, yang tidak diperbolehkan selanjutnya adalah pelamar yang sudah memiliki gelar sarjana ataupun mengikuti program beasiswa lain.

Syarat beasiswa KGSP yang tadi sudah disebutkan wajib diikuti agar bisa masuk ke tahap selanjutnya. Ada baiknya untuk mengikuti setiap prosesnya dengan sungguh-sungguh karena persaingan dalam program ini cukup ketat. Bahkan saingannya bukan handa dari dalam negeri saja melainkan sampai ke mancanegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.