Sahabat Belajar Kreatif, Informasi Terkini, Sejak dulu, kompetisi Sains menjadi salah satu ajang bergengsi untuk mengukur kecerdasan seorang siswa. Banyak sekali jenis kompetisi yang bisa ditemui seperti kompetisi matematika, fisika hingga kompetisi KSN biologi SMA. Agar bisa menjadi juara, simak cara belajar efektif yang bisa dilakukan siswa guna mempersiapkan kompetisi biologi dan mengalahkan rivalnya.

1.Konsisten

Cara belajar untuk kompetisi biologi SMA tentu saja harus konsisten. Karena membutuhkan persiapan setidaknya 3-4 bulan untuk KSN, maka setiap siswa harus konsisten melakukan latihan dan penguasaan materi sampai waktu kompetisi tiba. Dengan begitu, siswa sudah terbiasa dan akan jauh lebih mudah ketika mengerjakan soal-soal di kompetisi. Konsisten sendiri adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam berbagai hal karena menunjukkan pribadi yang tidak mudah menyerah.

2.Disiplin

Selain kosisten, siswa juga harus disiplin dalam hal mengatur waktu belajar. Dalam hal ini, tentukan waktu yang secara konsisten akan digunakan untuk belajar dan latihan soal. Misalkan pada jam pulang sekolah atau selepas maghrib setidaknya luangkan waktu selama 60-90 menit untuk belajar dan latihan soal agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

3.Tidak Perlu Memaksa Namun Rutin

Kompetisi KSN memerlukan persiapan yang cukup matang dan ditunjukkan dengan waktu belajar yang secara konsisten dilakukan. Namun meskipun begitu, siswa tidak perlu memaksakan untuk belajar dan latihan soal setiap waktu. Pilih waktu tertentu dimana bisa meningkatkan konsentrasi sebagai waktu terbaik untuk belajar. Buatlah jadwal yang sesuai dengan waktu belajar siswa agar lebih terorganisir dengan baik.

4.Selingi Dengan Melakukan Hobi

Siswa tentu akan merasa jenuh jika dihadapkan pada latihan soal sepanjang waktu. Untuk itulah agar pikiran kembali fresh maka bisa diselingi dengan melakukan aktivitas yang disukai seperti mendengarkan musik ataupun yang lainnya. Dengan begitu siswa akan jauh lebih semangat ketika memulai untuk belajar materi yang sama lagi. Berikan jeda bagi otak untuk berhenti berpikir sejenak dengan melakukan hobi atau hal-hal yang mampu melepaskan penat.

5.Jangan Ganti Materi Sebelum Benar-Benar Menguasai

Seringkali siswa sudah merasa cukup bisa pada materi tertentu sehingga memutuskan untuk lanjut pada materi selanjutnya. Namun, pastikan bahwa siswa memang benar-benar sudah memahami dengan baik sehingga ke depannya tidak akan merasa kebingungan jika menemukan soal dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Hal ini tentu karena setiap kali berganti materi, tentu beban yang harus dipahami pada siswa juga semakin banyak.

Sahabat Belajar Kreatif, Silahkan Baca Juga Artikel Lainnya.

Meningkatkan Skill Atlet KOSN adalah Peran Semua Pihak

Anak Ingin Ikut KSN Biologi SMA Berikut Tipsnya

Nah itulah 5 cara belajar yang cukup efektif bagi siswa yang akan mengikuti KSN kompetisi biologi SMA. Agar lebih maksimal, alangkah baiknya jika mendatangkan tentor atau pelatih ke rumah dan memberikan materi yang mungkin belum dipahami oleh siswa. Jangan lupa juga untuk berdoa karena hal tersebut menjadi salah satu hal yang sangat penting agar kompetisi bisa berjalan seperti yang diharapkan. Demikian Sahabat Belajar Kreatif, Informasi Terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.