Contoh Abstrak Tugas Akhir

Abstrak merupakan salah satu komponen yang sering terlihat pada penelitian ilmiah layaknya di tugas akhir. Tahukah apa kegunaanya? Mengapa selalu disertakan? Daripada penasaran berkelanjutan, maka ada baiknya simak saja ulasan ini! Karena di sini telah disajikan informasi terkait definisi, sifat, sekaligus contoh abstrak tugas akhir yang mudah dipahami, sebagai berikut: 

Memahami Definisi Abstrak 

Sebelum mempelajari contoh abstrak tugas akhir, maka tidak ada salahnya jika mengenal terlebih dahulu, apa sebenarnya abstrak itu. Secara umum, abstrak dapat diartikan sebagai rangkuman sistematis yang memuat poin-poin penting dari karya tulis ilmiah, yang memiliki fungsi praktis sebagai: 

  • Gambaran umum tentang isi karya ilmiah secara keseluruhan; 
  • Peta konsep yang menjelaskan pada pembaca mengenai poin penting karya ilmiah;  serta
  • Indikator penilaian singkat dan cepat tanpa harus membaca keseluruhan bagian karya ilmiah. 

Sifat-Sifat yang Wajib Dimiliki Abstrak 

Selanjutnya, sebagai bagian penting pada sebuah karya Ilmiah, ada standar khusus yang harus terpenuhi pada sebuah abstrak yang baik. Yakni sifat-sifat pembangun yang wajib dimiliki, di antaranya:

  • Menggunakan bahasa yang jelas sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isinya; 
  • Memiliki tingkat ketepatan tinggi dalam merepresentasikan keseluruhan isi dari sebuah karya ilmiah; 
  • Memiliki keringkasan sehingga menyingkat pembacaan yang berguna untuk berbagai macam keperluan, semisal penilaian lomba; 
  • Menekankan sifat objektivitas dan sebisa mungkin menghindari subjektivitas peneliti dalam penulisannya; serta 
  • Independen atau bisa dipahami utuh, meskipun pembaca belum mempelajari keseluruhan isi penelitian ilmiah

Contoh Abstrak Tugas Akhir Berdasarkan Bagian-Bagiannya

Sesudah memahami tentang definisi abstrak dan sifat-sifatnya, lanjut pada bahasan utama tentang contoh abstrak tugas akhir. Kali ini disajikan beberapa contoh penulisan abstrak dari berbagai macam jurusan, antara lain: 

1. Contoh Abstrak Tugas Akhir Jurusan  Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia

Penulisan  abstrak yang  cenderung deskriptif menjadi kebiasaan mahasiswa jurusan PBSI.  Seperti terlihat pada contoh di bawah ini:

ABSTRAK

Anggara, Dian Fajar. 2018. Struktur dan Fungsi Pertunjukan Tari Tradisional Jaranan dan Jepaplokan (Kajian Sastra Lisan). Dosen pembimbing: Dr. Indira Diah Pitaloka, M.Pd; 

Jaranan dan Jepaplokan merupakan sebuah kesenian khas daerah yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat desa Sukamaju. Namun, keberadaan nilai dan fungsinya kurang dipahami dengan baik oleh generasi muda desa. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kembali struktur dan fungsinya guna menambah khasanah kebudayaan yang patut dilestarikan. 

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menekankan penjabaran pada kajian sastra lisan atau folklore. Metode penelitian disusun secara runut mulai dari kegiatan observasi pada masyarakat desa Sukamaju dengan menggunakan alat berupa angket dan wawancara. Kemudian ditranskripsikan terlebih dahulu untuk memperoleh data-data penelitian. 

Berikutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teori Struktur dan Fungsi pada kesenian Jaranan dan Jepaplokan. Dimulai dengan mendeskripsikan sejarah kemunculan dan struktur pertunjukan pementasannya. Dilanjutkan dengan penjabaran fungsi folklore yang mengurai kemanfaatan kesenian dalam hal edukasi, hubungan sosial ekonomi, religiusitas, serta seni dan kebudayaan. 

Penelitian ini telah berhasil memperoleh deskripsi tentang sejarah dan struktur dari pertunjukan Jaranan dan Jepaplokan. Selain itu juga mengungkap  fakta terkait fungsi kesenian dalam membentuk pola kehidupan masyarakat desa Sukamaju. Sehingga melihat urgensi kesenian tradisional ini maka memiliki kepatutan untuk dilakukan pelestarian agar dapat dipahami oleh generasi di masa depan. 

Kata Kunci: Fungsi, Struktur, Sastra Lisan, Jaranan, Jepaplokan

2. Contoh Abstrak Tugas Akhir Jurusan PGSD 

Berikutnya, ada contoh penulisan abstrak tentang model pembelajaran dari mahasiswa jurusan PGSD. Agar lebih jelas, perhatikanlah contoh berikut ini! 

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM POKOK BAHASAN KEINDAHAN ALAM

Farid Anjar Wanto. 082345163566. Pembimbing Dr. Dina Sulastri, M.Pd. 

ABSTRAK

Kata Kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar

Siswa sekolah dasar memiliki karakteristik berupa keaktifan khusus yang berbeda dengan tingkat pendidikan lain dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang disampaikan gurunya. Sehingga diperlukan sebuah upaya pengembangan kegiatan pembelajaran inovatif di setiap saat. Yakni dengan tujuan pengoptimalan setiap elemen yang berpotensi pada kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut. 

Kegiatan penelitian ini mencoba mengukur tingkat efektifitas implementasi model pembelajaran interaktif pada siswa kelas 1 SDN 1 Nangkadak. Khususnya, pada sejumlah penilaian kompetensi yang dimiliki siswa dalam memahami pokok bahasan Keindahan Alam dengan dua langkah peninjauan. Tinjauan pertama adalah pre test yang dilakukan sebelum implementasi pembelajaran, sedangkan yang kedua dilakukan pasca pengimplementasiannya atau post test. 

Selanjutnya, data yang diperoleh dari tinjauan pre test dan post test dianalisis dan dibandingkan. Sehingga memperoleh hasil bahwa implementasi model pembelajaran  interaktif pada pokok bahasan Keindahan Alam dapat dikatakan efektif. Pasalnya, berdasarkan data, nilai rata-rata siswa sebelum implementasi pembelajaran adalah 5, 47 , sedangkan setelah penerapan menjadi 7,8. Berdasarkan perhitungan, data ini dapat dikategorikan signifikan. 

3. Contoh Abstrak Tugas Akhir Jurusan Ilmu Akuntansi 

Mahasiswa ekonomi akuntansi tidak jarang membuat tugas akhir berupa analisis data akuntansi di sebuah instansi. Sehingga membuat bentuk abstrak laiknya: 

ABSTRAK 

Analisis Implementasi Sistem Informatika Akuntansi pada Pelayanan Unit Gawat Darurat di Rumah Sakit Mega Mendung Kabupaten Manasuka

Penulis: Fina Deviana. 08361273826.

Pembimbing Dr. Zainal Syamsuri, M.Kes.

Pengelola rumah sakit Mega Mendung kabupaten Manasuka pada tahun 2018 menerapkan kebijakan baru berupa komputerisasi layanan. Khususnya pada penerimaan, pengolahan, dan penyimpanan data di Unit Gawat Darurat yang sebelumnya dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk menggali efektifitas dengan menjabarkan peranan penerapan sistem komputerisasi akuntansi tersebut dalam pengoptimalan data. 

Kegiatan dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh penjabaran yang riil dari pemanfaatan sistem komputerisasi data. Dilaksanakan dengan metode sistematis yang tersusun secara integratif mulai dari pencarian data, pengelompokan dan, pendeskripsiannya. Yakni dengan memanfaatkan sejumlah cara pemerolehan data seperti pendokumentasian dan wawancara maupun melalui observasi langsung di bagian administrasi Unit Gawat Darurat. 

Berdasarkan data yang diperoleh di administrasi Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Mega Mendung dapat diketahui bahwa sistem administrasi dilakukan dengan dua cara. Yakni sistem komputerisasi data-data pasien dan keadministrasian keuangan yang mempermudah penyusunan laporan. Selain itu juga masih dilakukan pencatatan secara manual untuk bukti-bukti transaksi dan dokumen pelengkap penting pasien. 

Berikutnya dari temuan data dan pembahasannya dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan sistem informatika akuntansi membantu pegawai UGD RS Mega Mendung untuk penyusunan laporan. Hanya saja, sebagian pegawai masih mengalami kesulitan dalam pengelolaan data. Sehingga dapat dikatakan implementasi masih belum berjalan secara optimal dan perlu untuk dilakukan pelatihan maupun pengembangan lanjutan.  

Kata Kunci: Sistem Informatika Akuntansi, Rumah Sakit

Nah, itulah tadi sejumlah pembahasan mengenai definisi abstrak dan sifat-sifatnya yang diuraikan secara lengkap. Demikian pula dengan contoh abstrak tugas akhir yang disajikan dengan beberapa variasi jurusannya. Bagaimana? Sudah tidak bingung kan jika harus membuat abstrak untuk penelitian tugas akhir nanti? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *