Program Kerja KKN Bidang Pendidikan Bahasa Inggris

KKN merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus dilaksanakan bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan. Selama masa pengabdian ini, kelompok yang telah dibentuk harus mengaplikasikan ilmu pendidikan yang dimiliki dalam beberapa program kerja. Salah satunya dapat berupa rancangan program kerja KKN bidang pendidikan bahasa Inggris yang dapat dikembangkan untuk mendukung era globalisasi.

Memasuki era globalisasi, penerapan bahasa Inggris untuk berinteraksi menjadi semakin diperlukan. Sebab, tidak menutup kemungkinan sebuah daerah kedatangan kunjungan dari negara asing. Apalagi, kemudahan dunia digital membuat siapa pun dapat berinteraksi dengan mudah dengan warga negara asing secara online. Sehingga untuk meningkatkan pemahaman berbahasa Inggris, kelompok KKN dapat melaksanakan 5 program kerja berikut:

1. Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Lagu Kepada Siswa SD

Kesulitan yang dialami siswa SD ketika belajar bahasa Inggris umumnya dalam mengingat kosakata dan artinya. Akan tetapi hal ini dapat disikapi dengan penyusunan program kerja KKN bidang pendidikan bahasa Inggris berupa pengenalan lagu-lagu. Misalnya penyebutan angka dan nama-nama benda dalam bahasa Inggris yang disajikan dalam bentuk lagu agar mudah untuk diingat.

2. Mengembangkan Ekstrakurikuler English Club di Sekolah

Program kerja KKN bidang pendidikan bahasa Inggris yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah adalah mengembangkan ekstrakurikuler English Club. Kegiatan ini dapat dilaksanakan sepulang sekolah sesuai izin yang diberikan oleh kepala sekolah. Kelompok KKN dapat mengisi kegiatan tersebut dengan keterampilan bahasa Inggris didampingi oleh guru kelas atau guru ekstrakurikuler yang bersangkutan.

Macam-macam kegiatan yang dapat dilakukan seperti pembuatan papan nama benda berbahasa Inggris, pelatihan penggunaan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan sesama teman, hingga mengadakan permainan yang menyenangkan. Tentunya dengan rangkaian kegiatan tersebut diharapkan siswa semakin terbiasa dalam menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

3. Mengadakan Kursus Bahasa Inggris Gratis Bagi Warga

Bukan hanya pelajar di sekolah, kursus bahasa Inggris juga dapat diikuti oleh warga sekitar. Apalagi di daerah yang mempunyai potensi wisata, tentu memiliki kemungkinan besar untuk didatangi oleh pengunjung dari luar negeri. Sehingga komunikasi tetap berjalan dengan baik menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa global.

Sebelum mengadakan program kegiatan ini, kelompok KKN sebaiknya berkoordinasi dengan kepala desa terlebih dahulu. Tujuannya untuk memperoleh ijin dan saran mengenai teknis pelaksanaannya. Kursus bahasa Inggris yang dilaksanakan tanpa biaya atau gratis tentunya akan meningkatkan partisipasi warga agar mengikuti kursus dengan rajin.

4. Pembuatan Papan Informasi Berbahasa Inggris Untuk Desa Wisata

Guna melatih pemahaman berbahasa Inggris, kelompok KKN dapat merancang program kerja berupa pembuatan papan informasi berbahasa Inggris. Sehingga secara tidak langsung, masyarakat mulai terbiasa dalam melafalkan kosakata bahasa Inggris. Papan informasi tersebut dapat diaplikasikan sebagai bentuk pengelolaan desa wisata.

5. Pembuatan Video Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris yang Mudah

Guna menjangkau edukasi yang lebih luas, kelompok KKN dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berbagi ilmu. Salah satunya dengan pembuatan video pembelajaran dengan penjelasan langsung maupun dalam bentuk animasi. Video dapat berisi tentang beberapa materi dasar bahasa Inggris yang dapat diterapkan dengan mudah di kehidupan sehari-hari.

Demikianlah 5 program kerja KKN bidang pendidikan bahasa Inggris yang akan sangat bermanfaat untuk diterapkan di era globalisasi. Tentunya dengan diiringi antusias dan minat yang besar di kalangan masyarakat akan membuat pemahaman bahasa Inggris semakin meningkat. Sebagai bahasa global, bahasa Inggris akan membuat seseorang mudah beradaptasi di lingkungan baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.