Apa Itu Tes Potensi Akademik

Setiap orang yang mengikuti tes pekerjaan atau menjalani ujian seleksi masuk perguruan tinggi pasti sudah sering mendengar apa itu tes potensi akademik. Namun tahukah apa sebenarnya test ini? Mengapa sampai dijadikan persyaratan yang teramat penting bagi perusahaan atau instansi? Lalu Bagaimana cara menaklukannya? Sebaiknya simak ulasan berikut untuk mendapat informasinya!

Apa Itu Tes Potensi Akademik?

Secara sederhana, tes potensi akademik dapat dipahami sebagai serangkaian ujian yang diberikan oleh instansi atau perusahaan untuk memperoleh data kecakapan akademik dari seseorang. Keberadaannya sangat penting karena memiliki berbagai macam tujuan, seperti:

  • Mempermudah seseorang yang lolos seleksi untuk memahami tugasnya dalam pekerjaan atau pelajaran saat diterima pada perusahaan atau instansi Pendidikan;
  • Melancarkan proses pendelegasian sesuai dengan kecakapan akademik yang dimiliki;
  • Untuk memahami sejauh mana seseorang dapat dituntut atau dikembangkan sesuai dengan kompetensi akademiknya; dan
  • Berbagai macam tujuan esensial yang relevan dengan Lembaga penyelenggara tes potensi akademik.

Berbagai Tips Agar Bisa Lolos Tes Potensi Akademik

Banyak yang mengatakan, untuk lolos tes potensi akademik ini tidak mudah dan perlu persiapan khusus untuk menghadapinya. Namun, tenang saja, karena disini telah disajikan beberapa tips yang ampuh untuk menaklukan TPA, sebagai berikut:

1. Perbanyak Latihan 

Pertama, untuk menghadapi tes potensi akademik seseorang harus membiasakan diri untuk latihan soal-soal yang relevan. Misalkan seseorang hendak melamar pekerjaan maka tes potensi akademik yang diberikan biasanya akan sejalan dengan bidang pekerjaannya. Demikian pula dengan seleksi perguruan tinggi, maka jenis soal yang diujikan biasanya sesuai tidak jauh dari pilihan jurusannya.   

2. Pahami Setiap Kalimat dan Pola-Pola 

Selanjutnya, sering kali tes potensi akademik ini memiliki sifat yang mengecoh bagi peserta ujian. Karenanya, diperlukan kecermatan dalam membaca deskripsi yang diberikan, mengamati tampilan visual, hingga memperkirakan pola, dan lain sebagainya. Sebaiknya selalu berhati-hati dan baca atau cermati kembali jika menaruh kecurigaan pada sebuah soal yang dinilai mengandung sisi pengecohan.

3. Melatih Konsentrasi

Melatih konsentrasi merupakan poin penting yang tidak dapat diabaikan begitu saja sebagai persiapan saat menghadapi tes potensi akademik ini. Pasalnya, seperti yang dikemukakan di atas, banyak jebakan atau mungkin kecohan yang disebar dalam setiap soal. Pastikan juga untuk beristirahat cukup dan tidur berkualitas agar saat tes tiba, bisa lebih terfokuskan.

4. Jawab Acak, Dahulukan Soal yang Dianggap Termudah 

Idealisme saat mengerjakan soal secara runut mulai nomor awal sampai nomor terakhir sebaiknya dikesampingkan dulu, saat menghadapi jenis tes ini. Lantaran, pengerjaan tes secara acak dengan mendahulukan soal mudah lebih efektif digunakan. Selain untuk mengamankan poin yang sudah bisa dipastikan, juga memungkinkan keefektifan perhatian pada soal yang perlu fokus mendalam.

5. Jangan Lupa Berdoa 

Terakhir, namun merupakan hal yang paling penting agar lancar dalam mengerjakan tes ini adalah jangan lupa untuk berdoa pada Tuhan. Baik sebelum mengerjakan, maupun sesudah menyelesaikan tes, dan mengumpulkan lembar jawaban pada pengawas. Pasalnya, bagaimanapun juga usaha yang dilakukan tanpa adanya dorongan doa seringkali akan berlalu tanpa makna dan sia-sia.

Nah, demikianlah tadi sejumlah informasi yang dapat disampaikan terkait apa itu tes potensi akademik. Bagaimana? Setelah memahami tips-tips yang disajikan di atas, sudah siapkah untuk menghadapi tes potensi akademik di perusahaan atau instansi pendidikan impian? Intinya tetaplah fokus dan tenang, serta hadapi setiap test dengan penuh kepercayaan diri dan keyakinan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.