Manfaat KKN Era COVID

Adanya pandemi COVID-19 saat ini memang berdampak di berbagai pihak tidak hanya sektor kesehatan saja, di bidang pendidikan juga demikian. Bagi perguruan tinggi yang hendak menjalankan program Kuliah Kerja Nyata atau KKN, tentu mengharuskan pemikiran program baru yang menjadi pendukung untuk mengatasi COVID-19 tersebut. Meskipun dalam situasi COVID, namun KKN tetap dilangsungkan. Hal ini karena ada banyak manfaat KKN era COVID yang bisa didapatkan.

Banyak sekali cara yang perlu diupayakan untuk bisa tetap menjalankan program KKN meskipun di era COVID. Seperti halnya ketika melakukan pembelajaran yang tadinya offline menjadi online. Namun dibalik itu semua, terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari KKN di era COVID ini, diantaranya:

1. Memberdayakan Masyarakat Akibat Dampak Sosial PHK

Adanya COVID-19 ini menjadikan banyak perusahan yang gulung tikar atau bahkan dalam kondisi darurat keuangan. Hal ini karena siklus ekonomi yang tidak berjalan mulus bahkan lebih besar pengeluaran dibandingkan dengan pendapatan. Adanya hal terebut berimbas pada banyaknya pekerja yang di PHK. Nah, dengan adanya KKN yang dilakukan oleh mahasiswa ini, tentu bisa menjadi ajang memberdayakan masyarakat agar bisa menggali potensi dan juga skill yang ada.

2. Secara Langsung Ikut Terjun Menjadi Satgas Covid-19

Meskipun setiap wilayah tentu memiliki Satgas Covid-19 yang telah ditunjuk oleh warga. Namun manfaat KKN era COVID yang lain bisa mendayagunakan mahasiswa untuk bisa ikut andil sebagai satgas COVID. Tentunya adanya hal tersebut akan semakin mempermudah dalam menanggulangi dan juga mengatasi COVID-19 tersebut.

3. Meningkatkan Peluang Usaha Masyarakat

Sebagai mahasiswa tentunya masyarakat sangat berharap lebih untuk bisa memberikan poin positif yang bermanfaat. Semua kegiatan dan juga bisnis yang dijalankan selama pandemi tentunya membutuhkan penyesuaian. Dengan adanya KKN yang dilakukan, bisa memberikan gambaran bagaimana masyarakat untuk bisa melakukan usaha sehingga tidak hanya mendapatkan kerugian dari COVID, namun bisa mengambil peluang untuk dimanfaatkan seperti halnya usaha masker atau jamu serta yang lainnya sesuai dengan potensi dari masyarakat.

4. Membantu Dalam Ketahanan Pangan Masyarakat

Di era pandemic ini memang berpengaruh kepada banyak pihak tidak hanya dari sektor ekonomi jasa, di sektor pangan juga kendati demikian. Persediaan pangan selama pandemic ini terbilang nipis ditambah dengan harga yang melonjak namun ekonomi yang tidak stabil. Dengan adanya KKN yang dilakukan mahasiswa diharapkan bisa mengatasi masalah ketahanan pangan yang ada di masyarakat.

5. Meningkatkan Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19

Dengan adanya mahasiswa yang turut andil terjun di masyarakat, tentu bisa memberikan masyarakat ilmu yang lebih dibandingkan tidak adanya KKN di tempat mereka tinggal. Mahasiswa bisa memberikan arahan bagaimana hidup lebih sehat sehingga terhindar dari COVID-19. Adanya ilmu yang ditularkan oleh mahasiswa kepada masyarakat bisa menambah pemahaman bagaimana mengatasi dan juga mengantisipasi virus COVID-19 ini. 

6. Pendidikan Internal Selama Covid-19 Oleh Mahasiswa

Pandemi menjadikan beberapa sekolah tidak diperbolehkan tatap muka, tentunya hal ini berimbas pada pemahaman materi sekolah terlebih tingkat dasar yang kurang. Tidak semua orang tua mampu sabar mengajari anak mengenai tugas selama COVID ini. Dengan adanya KKn  masyarakat bisa terbantu untuk melakukan pendidikan internal sesuai dengan syarat protocol kesehatan yang berlaku.

Beberapa manfaat KKN era COVID tersebut menjadikan alasan mengapa KKN tetap harus dilakukan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dan menjadi upaya mahasiswa untuk benar-benar membantu mengatasi masalah yang ada di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.