Manfaat KKN Bagi Masyarakat

Kuliah Kerja Nyata atau yang lebih dikenal dengan istilah KKN merupakan salah satu SKS wajib bagi sebuah universitas terlebih program studi 1. Dari adanya program wajib yang diberikan universitas kepada mahasiswa tingkat akhir ini memiliki banyak sekali manfaat yang diperoleh baik dari mahasiswa, masyarakat, hingga universitas itu sendiri. Nah, ada beberapa manfaat kkn bagi masyarakat yang bisa didapatkan, diantaranya:

1. Meningkatkan Nilai Ekonomi SDA di Desa

Bisa diperhatikan bahwa setiap mahasiswa yang melakukan KKN melakukan kegiatan wajib tersebut di lokasi atau wilayah yang jauh dari keramaian kota. Wilayah yang ditunjuk untuk dijadikan KKn biasanya merupakan perdesaan atau yang memiliki akses jauh ke kota. Hal ini bukan tidak lain dikarenakan supaya sumber daya yang ada akan lebih dieksplore sehingga memiliki nilai dari segi ekonomi.

Sebagai contoh bagi masyarakat yang kurang mengetahui bagaimana mengelola sampah secara benar karena keterbatasan ilmu dan juga akses menjadikan peran mahasiswa tersebut sangat dibutuhkan. Sampah yang ada bisa diolah sehingga bisa memiliki nilai guna dan menghasilkan rupiah. 

2. Meningkatkan Kreatifitas Masyarakat 

Mahasiswa tingkat akhir tentu telah memiliki banyak ilmu yang bisa ditimba di bangku kuliah. Dengan adanya KKN ini menjadi sarana untuk bisa memanfaatkan ilmu yang ada. Berbagai upaya inovasi dan juga kreativitas yang didapatkan dan juga pemikiran mahasiswa bisa menjadikan masyarakat sekitar lebih kreatif juga.

Adanya hal tersebut tentunya diimbangi dengan melihat kondisi lingkungan sekitar dan juga kebiasaan yang ada dari masyarakat. Jenis manfaat KKN bagi masyarakat yang satu ini dengan kata lain bisa mengoptimalkan kreativitas masyarakat yang bisa dimaksimalkan dengan melihat lingkungan atau kondisi sekitar.

3. Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Banyak dari masyarakat pedesaan yang kurang begitu memperhatikan kesehatan mereka. Seperti halnya ketika kamar mandi yang digunakan untuk BAB langsung tersalur ke sungai. Hal ini tentu tidak dibenarkan dari segi kesehatan. Dengan adanya mahasiswa yang mengerti dan paham dengan ilmu kesehatan tentunya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat juga mengerti tentang hal tersebut.

Seiring berjalannya waktu, mahasiswa yang melakukan KKn akan mengetahui apa pakar masalah yang menjadi PR untuk bisa diatasi. Karena pada dasarnya KKN menjadi ajang untuk mengatasi masalah yang ada di masyarakat salah satunya kesehatan, tentu dengan kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini akan memberikan dampak positif.

4. Optimalisasi Peran Masyarakat Unggul

Dalam kehidupan, masyarakat memiliki peran yang sangat penting bagi tatanan kehidupan. Ketika pemahaman masyarakat akan suatu hal rendah, tentunya peran yang diberikan sama halnya rendah. Adanya KKn yang dilakukan oleh mahasiswa akan mampu menjadikan masyarakat lebih turut aktif dalam tatanan sosial atau masyarakat dengan berbagai program yang direncanakan oleh mahasiswa itu sendiri.

Ketika program yang dibuat mahasiswa benar-benar melibatkan masyarakat, tentunya masyarakat akan lebih optimal dalam melakukan peran yang ada. Hal ini dengan harapan setelah KKn selesai, peran yang telah diajarkan mampu berlangsung seterusnya hingga bisa optimal.

5. Pemasaran Yang Maksimal Bagi Masyarakat Pebisnis

Dalam suatu wilayah tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa pihak yang melakukan bisnis. Tidak menutup kemungkinan bahwa mereka yang melangsungkan bisnis di desa masih kurang wawasan lain halnya di perkotaan. Cara mereka memasarkan juga tergolong tidak melibatkan teknologi.

Ketika tidak melibatkan teknologi dalam pemasaran, hasil yang ada tentunya akan berbeda dan kurang optimal. Nah, disini  peran mahasiswa yang melakukan KKN untuk bisa memberikan pemahaman bagi masyarakat akan teknologi yang memang harus dikuasai agar tidak tergerus oleh zaman.

Beberapa manfaat KKN bagi masyarakat tersebut masih dalam lingkup kecil, ada banyak hal lain yang menjadi pentingnya KKN untuk masyarakat itu sendiri. Baik dari segi ekonomi, pemberdayaan masyarakat atau hal yang lainnya, KKN memang sangat diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.