Maksud dan Tujuan KKN Tematik COVID 19

Tentunya di tengah situasi pandemi seperti sekarang, kegiatan KKN mahasiswa masih tetap dilaksanakan. Kegiatan KKN dilakukan sesuai dengan kondisi pandemi yaitu mengangkat tema COVID 19. Maksud dan tujuan KKN tematik COVID 19 ini tentu jelas ingin membawa masyarakat ke arah yang lebih baik di tengah situasi pandemi. Berikut akan dibahas apa saja maksud juga tujuan diselenggarakannya KKN tematik COVID 19:

1. Memberi Edukasi Mengenai COVID 19

Tujuan paling utama dilakukannya KKN tematik COVID 19 adalah untuk memberikan edukasi mengenai virus ini. Lewat kegiatan KKN, mahasiswa diharapkan bisa membantu menyebarluaskan informasi mengenai virus corona. Hal ini dilakukan agar masyarakat semakin paham bagaimana cara melindungi diri dari virus tersebut.

Penyebaran virus corona di Indonesia tergolong cepat karena pengetahuan masyarakat mengenai penyakit dan virus ini tergolong minim. Terutama untuk masyarakat di pedesaan yang sulit untuk menjangkau fasilitas informasi dan teknologi. Inilah tugas mahasiswa KKN, yakni memberikan edukasi yang tepat kepada warga dari berbagai lapisan untuk mengenal lebih jauh tentang COVID 19.

2. Menyebarluaskan Pencegahan COVID 19

Protokol kesehatan yang ketat menjadi strategi pencegahan COVID 19. Program KKN tematik COVID 19 ini bertujuan untuk menyebarluaskan metode pencegahan penularan virus tersebut. Mahasiswa dapat memberikan sosialisasi mengenai protokol kesehatan 5M yang harus diterapkan oleh masyarakat.

Mahasiswa bisa membuat penyuluhan mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kemudian bisa juga memberikan contoh menjaga jarak dan mengurangi mobilitas dengan mengadakan program jarak jauh memakai media zoom. Pembagian masker gratis juga dapat dilakukan untuk memastikan masyarakat melindungi satu sama lain.

3. Membiasakan PHBS di Masyarakat

PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat juga merupakan kunci untuk terhindar dari COVID 19. Maksud dan tujuan KKN tematik COVID 19 selanjutnya adalah membiasakan PHBS masyarakat. Mahasiswa bisa mengadakan sosialisasi mengenai penerapan PHBS di kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini bisa dilakukan mulai dari kalangan anak-anak di sekolah hingga lansia.

4. Melakukan Pemberdayaan Masyarakat

Selain itu di tengah situasi pandemi seperti sekarang kondisi perekonomian juga semakin terasa sulit. Mahasiswa bisa menyelenggarakan program-program yang bisa memberdayakan masyarakat setempat. Misalnya lewat program pelatihan pembuatan kerajinan untuk dijual kembali. Bisa juga dilakukan pelatihan pembuatan produk-produk seperti hand sanitizer dan masker untuk dijadikan bisnis.

Kejadian PHK yang meningkat sejak COVID 19 merebak membuat masyarakat sulit untuk mendapat sumber penghasilan. Lewat kegiatan KKN ini mahasiswa bisa mengajak masyarakat untuk memberdayakan diri agar bisa menjalankan roda perekonomian kembali. Kegiatan tersebut tentu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat meskipun pandemi belum mereda.

5. Memberikan Sosialisasi Vaksin COVID 19

Pemberian vaksin COVID 19 menjadi tujuan dalam perang melawan virus tersebut. Kegiatan KKN tematik COVID 19 ini juga bisa bertujuan menyampaikan sosialisasi mengenai pemberian vaksin. Masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang tepat mengenai vaksin sehingga program vaksinasi bisa berjalan lancar.

Masyarakat pedesaan yang minim informasi biasanya akan merasa takut untuk mendapat vaksin dan menolak saat harus divaksin. Mahasiswa dapat menggelar program sosialisasi vaksin dan memberikan informasi sejelas-jelasnya. Diharapkan program tersebut bisa membantu meningkatkan kelancaran program vaksinasi oleh pemerintah.

Itulah 5 maksud dan tujuan KKN tematik COVID 19 yang dijalani mahasiswa yang bisa dijadikan referensi. Terdapat variasi pilihan program yang bisa dijalankan mahasiswa sehubungan dengan penyebaran virus ini. Meskipun sebagian besar program tidak bisa dijalankan dengan terjun langsung ke masyarakat, diharapkan kegiatan KKN tetap bisa memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.