KKN PPM adalah

Mahasiswa yang berkuliah wajib untuk ikut dalam program KKN PPM. KKN PPM adalah  singkatan dari Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan ini wajib hukumnya untuk diikuti oleh mahasiswa jika ingin lulus kuliah. Kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai pengertian program KKN PPM serta apa saja tujuan dari program tersebut.

Pengertian

KKN PPM merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas dan wajib untuk diikuti oleh mahasiswa dari semua jurusan. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa agar bisa mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat ke kehidupan masyarakat secara langsung. Lewat program ini mahasiswa akan dilepaskan agar bisa bersosialisasi langsung dengan masyarakat di lokasi tertentu.

KKN PPM adalah jenis program yang tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa saja. Lebih dari itu, program ini juga berupaya untuk mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Lewat program KKN PPM diharapkan kehidupan masyarakat di wilayah pedesaan jadi lebih berkembang. Program ini dilaksanakan agar masyarakat bisa lebih terbuka wawasannya lewat bantuan dari para mahasiswa.

Dalam pelaksanaan KKN, mahasiswa berperan sebagai pemberi solusi. Jika ada masalah yang terjadi di masyarakat, maka mahasiswa datang untuk memberikan solusi dari masalah tersebut. Lewat program-program kerja yang dijalankan, diharapkan masalah masyarakat bisa terselesaikan dengan baik.

Tujuan KKN PPM

Tentu pelaksanaan KKN PPM ini memiliki tujuan tertentu. Ada alasan yang mendasari universitas untuk menggelar KKN PPM setiap tahunnya. Berikut adalah beberapa tujuan program KKN PPM yang wajib diikuti oleh mahasiswa ini.

1. Mengasah Keterampilan Mahasiswa

Kegiatan tahunan ini menjadi ajang untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam bermasyarakat. Lewat program ini mahasiswa akan diuji sejauh mana bisa bekerja langsung di masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam menerapkan ilmu-ilmu yang didapat di kampus terhadap kehidupan masyarakat di lapangan.

2. Menumbuhkan Kepedulian Mahasiswa

KKN PPM menjadi program yang bertujuan menumbuhkan sikap kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan di sekitarnya. Tidak hanya punya otak yang pintar, mahasiswa juga harus punya rasa peduli yang tinggi. Inilah yang akan membuat mahasiswa bisa membawa perubahan baik bagi kehidupan bangsa Indonesia.

3. Menumbuhkan Jalinan Kerja Sama Antar Mahasiswa

Program KKN PPM juga memiliki tujuan menumbuhkan kerja sama yang kuat antar mahasiswa. Program ini melibatkan semua mahasiswa dari beragam jenis jurusan ilmu. Dalam setiap program yang berjalan pasti akan ada kerja sama yang terjalin dari semua mahasiswa.

4. Meningkatkan Kemandirian Mahasiswa

Kegiatan KKN PPM bertujuan meningkatkan kemandirian mahasiswa. Pelaksanaan program ini dilakukan dengan melepaskan mahasiswa ke lingkungan masyarakat. Biasanya dipilih lokasi-lokasi yang tidak mudah, seperti perdesaan terpencil yang jauh dari akses kota. Ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk tumbuh lebih mandiri.

5. Memberi Solusi bagi Masalah Pembangunan Negeri

Program KKN PPM juga bertujuan memberikan solusi bagi berbagai jenis masalah pembangunan di negeri ini. Mahasiswa datang sebagai pencari solusi bagi masalah yang dialami oleh masyarakat. Kendala dalam pembangunan bisa diatasi lewat ide-ide kreatif dan inovatif yang datang dari mahasiswa melalui program-program kerja selama KKN.

KKN PPM adalah suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa juga masyarakat. Program ini terjalin lewat kerja sama antara pihak universitas, mahasiswa, juga masyarakat. Melalui program-program kerja yang dijalankan oleh mahasiswa, diharapkan masyarakat bisa menemukan solusi atas kendala yang selama ini dihadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.