kata kata perpisahan kkn

Setelah beberapa waktu melaksanakan KKN, tiba saatnya harus kembali kepada rutinitas sebagai mahasiswa pada umumnya. Para peserta KKN akan meninggalkan lokasi KKN, dan meninggalkan semua kesan selama berbaur dengan masyarakat. Alhasil, kata kata perpisahan KKN pun harus disampaikan, agar tetap meninggalkan kesan mendalam serta positif di masyarakat.

1. Ucapan Terima Kasih

Meninggalkan lokasi KKN tentu saja mewajibkan mahasiswa mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih merupakan poin penting kata kata perpisahan KKN, karena tentu saja kegiatan KKN tidak akan terlaksana jika perangkat dan masyarakat desa tidak menerima kehadiran para peserta KKN.

Mahasiswa dapat menyampaikan ucapan terima kasih kepada aparat masyarakat dari tingkat RT, RW, sampai kepala desa atau kelurahan, Tak tertinggal aparat keamanan setempat yang turut membantu terlaksananya KKN secara kondusif. Ucapkan juga terima kasih untuk seluruh masyarakat lokasi KKN, tokoh masyarakat, serta warga pemilik hunian homestay selama KKN.

2. Sampaikan Kesan Mendalam

Memasuki wilayah baru, pasti ada kesan yang akan terekam mendalam di dalam benak. Kesan ini dapat menjadi kalimat yang indah ketika menyampaikan kata kata perpisahan KKN. Mahasiswa bisa juga menuangkan sedikit candaan untuk mencairkan suasana dengan kalimat, “Sambutan warga yang meriah, membuat semua tim KKN merasa mendadak menjadi pengantin sehari”.

Bahkan tidak mungkin kalimat perpisahan ini sekaligus menjadi ungkapan dari lubuk hati yang paling dalam, manakala ada ketertarikan pada salah satu warga desa di sana. Sampaikan dengan olahan kalimat yang santai, “Salah satu kesan paling mendalam adalah keramahan putri Pak RW. Semoga bisa berjodoh.”

3. Laporan Singkat Pelaksanaan Program KKN

Setelah beramah-tamah, jangan terlewat untuk menyampaikan laporan singkat tentang program-program yang sudah dilaksanakan. Masyarakat tentu menunggu hasil-hasil positif, terlebih yang memberikan dampak secara konkret. Perpisahan adalah kesempatan untuk menyampaikan apa saja yang sudah dilaksanakan, dan bila ada yang masih belum sempurna selesai.

Meskipun tidak perlu detail, namun terkadang ada pula warga yang tidak paham dengan kondisi atau kehadiran tim KKN di desanya. Oleh sebab itu, menyampaikan laporan singkat akan memberikan pencerahan kepada warga yang hadir terkait program yang sudah dilaksanakan.

4. Harapan untuk Tim KKN

Selain untuk warga, ucapan perpisahan tentu juga ditujukan kepada rekan satu tim. Hal ini karena KKN merupakan kegiatan interdisipliner, sehingga dalam satu tim terdiri atas mahasiswa dari berbagai fakultas. Dengan demikian, penting bagi sesama anggota tim untuk saling menyemangati satu sama lain.

Melalui ucapan perpisahan tersebut pembicara dapat memberikan support positif misalnya, “Sudah waktunya kembali ke kesibukan masing-masing, semoga mendapat ilmu dari tempat ini.” Selain itu ada pula kalimat yang menggugah seperti, “semangat dan kebersamaan ini sebaiknya tidak berhenti di tempat ini, namun terus menjadi motivasi di tengah kesibukan masing-masing.”

5. Harapan Terjalinnya Komunikasi

Pada akhir perpisahan, sampaikan pula harapan para peserta KKN kepada masyarakat, khususnya untuk tetap menjalin silaturahmi dengan baik. Jalinan komunikasi yang positif tentu sangat penting, karena suatu waktu bukan tidak mungkin para peserta KKN masih membutuhkan bantuan masyarakat di desa tersebut dalam berbagai hal.

Meskipun singkat, pelaksanaan KKN pasti meninggalkan kesan baik yang mendalam. Hal itulah yang sebaiknya disampaikan dalam kata kata perpisahan KKN. Meskipun dinamika bermasyarakat terkadang membawa peserta KKN kepada konflik, namun hal tersebut sangat tidak perlu menjadi bahan pemicu permusuhan yang lebih jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.