Tes Bakat Skolastik Online

Dalam UTBK salah satu materi yang turut diujikan adalah tes bakat skolastik online yang memang tidak diajarkan sewaktu sekolah sebagai mata pelajaran utuh. Namun tes tersebut keberadaannya cukup berpengaruh terhadap besar kecilnya peluang di SBMPTNP. TBS ini diujikan tentu memiliki sebuah tujuan yang diharapkan. 

Dimana tujuan tersebut yaitu guna mengetahui kemampuan para peserta saat berada dalam situasi yang terbilang baru baginya. Apabila TBS dipergunakan untuk ujian masuk perguruan tinggi, maka situasi baru yang dimaksud tidak lain adakah dunia kampus. Berikut informasi mengenai tes bakat yang masuk dalam kategori skolastik:

Jenis Tes TBS 

Secara umum TBS mempunyai empat macam jenis soal yang berbeda satu sama lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tes verbal : Tes ini biasanya dipergunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta dalam hal kata dan juga bahasa. Contohnya seperti persamaan kata atau sinonim, ada juga lawan kata atau yang sering disebut antonim. Dan yang terakhir ada padanan dalam menyambung sebuah kata.
  • Tes angka: Fungsi diadakannya tes ini tidak lain untuk mengukur tingkat kemampuan yang dimiliki oleh peserta dalam bidang matematis. Biasanya tes Angka akan disajikan berupa perhitungan, seri angka maupun huruf dan terkadang juga dijumpai soal berupa cerita.
  • Tes logika : Seorang peserta akan di tes tentang tingkat penalaran serta pemecahan permasalahan dengan cara yang logis dan masuk akal. Bentuk soalnya bisa berupa analisa dari sebuah pernyataan, kesimpulan, bentuk cerita dan bahkan berwujud logika diagram.
  • Tes gambar : Bentuk ujian ini sering juga disebut dengan tes spasial. Fungsinya adalah untuk mengetahui tingkat imajinasi yang dimiliki oleh peserta. Biasanya soal yang sering dijumpai berupa padanan dari sebuah gambar, pengelompokan sejumlah gambar dan lainnya.

Tata Cara Tes

Langkah yang bisa dilakukan sebagai cara tes bakat skolastik online memang terdapat beberapa tahapan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Masuk: Tahap pertama yang harus dilalui peserta tes adalah masuk dalam menu TBS itu sendiri. Pastikan terlebih dahulu bahwa tombol dengan tulisan ‘mulai pengerjaan’ telah aktif. Pasalnya hal tersebut merupakan pertanda jika peserta telah lulus dalam seleksi verbal yang dilakukan oleh admin pusat.
  • Mulai tes: Jika tahap pertama telah peserta lalui dengan baik, maka peserta bisa melanjutkan dengan tahap berikutnya yaitu dengan memulai untuk mengerjakan tes. Caranya adalah dengan melakukan klik pada tombol bernama ‘mulai pengerjaan’ yang terdapat di modul. Sesudah itu peserta dapat mencermati berbagai macam informasi yang tertera.
  • Verifikasi: Saat peserta telah membaca dengan seksama beragam informasi yang ada, kemudian klik centang pada bagian ‘telah membaca dan siap mengerjakan soal TBS’. Jika peserta telah siap bisa memilih ‘mulai pengerjaan’, namun jika belum peserta bisa mengklik ‘batal’.
  • Menuju ke soal: Peserta nantinya akan diarahkan menuju pada sebuah menu TBS. Lalu peserta klik bagian tombol dengan tulisan ‘masuk’ guna dapat tertuju pada bagian soal. Baru setelah itu sistem akan dengan sendirinya membawa peserta pada petunjuk umum. Tekan tombol dengan ‘lanjut’ untuk meneruskan tes, serta beragam tahapan lainnya. 

Demikian pembahasan mengenai jenis soal dan juga tata cara tes bakat skolastik online yang perlu diketahui. Informasi di atas dapat dijadikan referensi ketika seseorang hendak melakukan atau mengikuti TBS. Tidak lain supaya lebih mengetahui beragam jenis soal yang nantinya mungkin akan dijumpai. Dengan demikian peserta lebih bisa mempersiapkan materi yang sekiranya perlu dipelajari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.