Manfaat KKN Bagi Mahasiswa

Kuliah Kerja Nyata menjadi salah satu kegiatan yang harus dilewatkan mahasiswa sebelum menyandang status sarjana. Suka tidak suka, semua mahasiswa wajib melaksanakan kegiatan tersebut. Meskipun tidak banyak yang menyadari, ternyata manfaat kkn bagi mahasiswa memberikan efek positif untuk pengembangan diri.

Menambah pengalaman belajar, bekerja serta menambah teman adalah beberapa manfaat yang bisa didapat para mahasiswa. Untuk lebih lengkapnya, mari simak 5 manfaat kkn yang bisa diperoleh mahasiswa berikut ini:

1. Mengasah Keterampilan Memecahkan Masalah

Selama kkn berlangsung, mahasiswa akan dihadapkan dengan masalah yang tengah dialami masyarakat. Mahasiswa dituntut untuk bisa membantu masyarakat memecahkan masalah tersebut. Solusi yang dirancang mahasiswa akan tercantum dalam program kerja.

Proses pelaksanaan program kerja terkadang tidak selalu mulus. Akan ada beberapa masalah yang ditemui para mahasiswa. Masalah-masalah yang ada akan membuat mahasiswa berpikir tentang cara memecahkannya.

Adanya masalah yang dialami masyarakat serta masalah yang ditemui selama proker berlangsung, tanpa sadar sudah melatih pola pikir mahasiswa tersebut. Melalui proses ini, keterampilan mahasiswa untuk memecahkan masalah terus terlatih. Sehingga dapat melahirkan mahasiswa yang bisa memecahkan masalah dengan baik.

2. Belajar Bekerja sama

Tidak bisa dihindari bahwa selama kkn berlangsung, mahasiswa tidak bekerja sendiri. Banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Baik pihak dari kampus maupun dari masyarakat.

Adanya pihak-pihak yang terlibat, membuat mahasiswa harus bekerja sama dalam tim. Bahkan, untuk melaksanakan program kerjanya, mahasiswa dibagi atas kelompok-kelompok tertentu.

Selama proses berlangsung, mahasiswa akan belajar bagaimana caranya berdiskusi, memecahkan masalah bersama serta menghargai pendapat orang lain. Sehingga, setelah kegiatan kkn selesai mahasiswa akan terbiasa bekerja sama dalam tim. Sikap inilah yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja.

3. Menimbulkan Profesionalitas

Lewat kegiatan kkn, mahasiswa akan melaksanakan program kerja tertentu. Tidak jarang pula, setiap mahasiswa harus menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang sudah dipelajarinya di kampus.

Misalnya, mahasiswa pertanian ditempatkan di lokasi yang memiliki masalah dengan hasil pertanian. Inilah kesempatan bagi mahasiswa tersebut untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajarinya.

Selain itu, seiring berjalannya waktu mahasiswa tersebut akan terus mengasah keterampilan yang dimilikinya. Sehingga, setelah menyelesaikan kegiatan kkn, mahasiswa akan tumbuh menjadi individu yang profesional.

4. Meningkatkan Kepedulian Sosial

Seperti yang diketahui bahwa selama kkn berlangsung, mahasiswa akan turun tangan dalam menyelesaikan masalah masyarakat. Jadi, mau tidak mau, mahasiswa akan berhubungan langsung dengan masyarakat.

Adanya interaksi langsung dengan masyarakat ini, akan terus meningkatkan kepedulian sosial pada diri mahasiswa. Sehingga, individu yang awalnya hanya terus mementingkan kebutuhannya sendiri, perlahan akan lebih berempati terhadap orang lain.

5. Mengembangkan Diri

Terakhir, manfaat kkn bagi mahasiswa yakni untuk mengembangkan dirinya sendiri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selama kegiatan kkn berlangsung banyak keterampilan yang berkembang dari diri mahasiswa. Termasuk keterampilan untuk mengetahui tentang diri sendiri.

Selama kegiatan kkn, mahasiswa akan terus berhadapan dengan berbagai macam kegiatan dan masalah. Selain itu, mahasiswa juga akan merasakan langsung bagaimana merancang dan melaksanakan sebuah program kerja. Proses ini, akan mengubah atau membentuk pola pikir yang lebih baik.

Bahkan, lewat kehidupan masyarakat setempat, mahasiswa juga bisa menemukan identitas dirinya. Pribadi yang lebih baik juga akan terasah melalui kegiatan kkn. Sebab, mahasiswa akan langsung merasakan kehidupan nyata di luar kampus.

Ternyata begitu banyak manfaat kkn bagi mahasiswa yang jarang disadari mahasiswa itu sendiri. Meskipun kegiatan kkn terlihat sedikit sulit bagi sebagian mahasiswa, tetapi tidak bisa dihindari bahwa kkn juga memberikan segudang manfaat. Semua keterampilan dalam diri mahasiswa menjadi berkembang dengan baik. Kkn juga bisa menjadi tempat untuk melatih mahasiswa, sebelum turun ke dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.