Contoh Surat Pernyataan Tidak KKN

Kala mengikuti kegiatan program Kuliah Kerja Nyata atau KKN, setiap mahasiswa tentu berharap agar kegiatan berlangsung dengan lancar sampai akhir. Namun demikian, pada kenyataan di lapangan seringkali berkata yang lain. Mahasiswa kerap mengalami masalah, sehingga harus mengurus perizinan tidak ikut KKN. Hal itulah yang membuat contoh surat pernyataan tidak KKN, yang disajikan berikut ini bisa dijadikan referensi. Berikut contohnya:

1. Tidak Ikut KKN Karena Sakit

Sakit bisa saja menimpa para mahasiswa yang tengah menjalani program Kuliah Kerja Nyata secara tiba-tiba. Karena itu biasanya mahasiswa memerlukan contoh surat pernyataan tidak KKN pada situasi ini, untuk keperluan izin, laiknya berikut:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang berTTD di bawah ini:

Nama                                         : Emilia Wardani

Jenis Kelamin                           : Perempuan

Tempat/ Tanggal Lahir          : Jombang, 15 Agustus 2000

Alamat                                      : Jl.  Gubernur suryo No.4 Jombang

Jurusan                                : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelompok                            : 14 KKN Desa Besowo

Menyatakan bahwasanya pada hari Senin, 19 April 2021 tidak dapat mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lokasi Desa Besowo. Dikarenakan sakit dan harus menjalani istirahat di rumah selama 4 hari, sesuai dengan anjuran dokter RS Budhi Mulia. Adapun sebagai bukti, bersama ini saya lampirkan Surat Keterangan dari rumah sakit terkait.

Demikianlah surat pernyataan tidak bisa mengikuti KKN ini dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya. Agar dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh STKB Blitar.

Hormat Saya,

Emilia Wardani

NIM 171615

2. Karena Harus Mengikuti Lomba Kampus

Mahasiswa terkadang tidak hanya aktif dalam kegiatan di kampus saja, melainkan banyak di antaranya yang mengikuti kegiatan di luar semisal lomba. Karenanya, tidak jarang mahasiswa perlu contoh surat pernyataan tidak KKN laiknya di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang berTTD di bawah ini:

Nama                                         : Jodhi Pamungkas

Jenis Kelamin                           : Laki-Laki

Tempat/ Tanggal Lahir          : Pamekasan, 16 April 1999

Alamat                                      : Jl.  Bagawantabhari no. 05 Kediri

Jurusan                                : Pendidikan Bahasa Inggris

Kelompok                            : KKN 12 Desa Jiput

Menyatakan bahwasanya pada hari Senin dan Selasa, 19-20 April 2021, tengah berhalangan untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lokasi Desa Jiput. Dikarenakan harus mewakili STBD Bandung dalam lomba karya tulis ilmiah di Surabaya. Bukti-bukti terkait teknis LKTI saya lampirkan guna melengkapi pernyataan ini. 

Demikianlah surat pernyataan tidak bisa mengikuti KKN ini dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya. Agar dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh STBD Bandung.

Hormat Saya,

Jodhi Pamungkas

NIM 1549523.

3. Mengikuti Acara di Luar Lokasi

Selain lomba, contoh surat pernyataan tidak KKN yang sering diperlukan mahasiswa, biasanya berupa izin keperluan untuk menghadiri acara tertentu. Semisal izin memberikan sosialisasi pada contoh yang diberikan berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang berTTD di bawah ini:

Nama                                         : Vivi Mulyati

Jenis Kelamin                           : Perempuan

Tempat/ Tanggal Lahir          : Bekasi, 14 Mei 2000

Alamat                                      : Jl. Nirwana 14 Yogyakarta

Fakultas                                    : Teknik Prodi Teknik Industri

Kelompok                            : 10 KKN Desa Mulyosari

Menyatakan bahwa pada hari Kamis dan Jumat, 22-23 April 2021, tidak dapat mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lokasi Desa Mulyosari. Dikarenakan harus mengisi sosialisasi UMKM kepada para siswa di SMA Pelita Harapan Kediri. Acara ini bersifat sangat urgent dan telah dijadwalkan sebelum KKN berlangsung sehingga tidak bisa saja tinggalkan.  

Sehingga saya mohon Bapak/Ibu bisa memaklumi ketidakhadiran saya pada KKN kali ini.

Demikianlah surat pernyataan tidak bisa mengikuti KKN ini dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya. Agar dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Universitas Ratu Shima.

Hormat Saya,

Vivi Mulyati

NIM 5456471

4. Bekerja Paruh Waktu

Pada kenyataannya, banyak di antara mahasiswa yang mengambil pekerjaan tertentu guna memenuhi kebutuhan biaya kuliah. Berdasarkan hal itu, sering kali mahasiswa harus membuat perizinan semisal contoh surat pernyataan tidak KKN berikut: 

SURAT PERNYATAAN

Saya yang berTTD di bawah ini:

Nama                                         : Deang Pramana

Jenis Kelamin                           : Laki-Laki

Tempat/ Tanggal Lahir          : Malang, 12 Februari 1999

Alamat                                      : Jl.  Kasembon Raya No. 112 Malang

Fakultas                                    : Pertanian Prodi Agribisnis

Kelompok                            : KKN 19 Desa Banaran

Menyatakan bahwa pada hari Rabu, 21 April 2021, tengah berhalangan untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lokasi Desa Banaran. Karena mempunyai tanggung jawab untuk bekerja di PT Makmur Sejahtera pada tanggal yang disebutkan. Sebagai konsekuensi dari ketidaksanggupan ini, maka saya siap apabila mendapat tugas tambahan di luar yang diberikan. 

Demikianlah surat pernyataan tidak bisa mengikuti KKN ini dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya. Agar dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Universitas Harapan Bangsa.

Hormat Saya,

Deang Pramana

NIM 154564854.

5. Ada Keluarga yang Sakit

Kabar keluarga sakit terkadang membuat mahasiswa harus pulang ke rumahnya untuk beberapa waktu selama periode KKN. Oleh sebab itu, mahasiswa harus siap jika sewaktu-waktu diminta untuk membuat izin laiknya contoh surat pernyataan tidak KKN berikut ini:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang berTTD di bawah ini:

Nama                                         : Endang Sundoro

Jenis Kelamin                           : Perempuan

Tempat/ Tanggal Lahir          : Jakarta, 19 April 2021

Alamat                                      : Jl. Merdeka Banyuwangi

Jurusan                                : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Kelompok                            : 02 KKN Desa Giliasih

Menyatakan bahwasanya pada hari Senin-Rabu, 19-21 April tidak dapat hadir pada Kuliah Kerja Nyata di lokasi Desa Giliasih. Sehubungan dengan keharusan untuk menunggu ibu yang tengah sakit, sesuai dengan anjuran dokter RS Bakti Kencana. Mohon kiranya untuk mendapat pemakluman, dan bila keadaan membaik saya segera kembali ke lokasi KKN.

Demikianlah surat pernyataan tidak bisa mengikuti KKN ini dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya. Agar dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh STCM Ciamis. 

Hormat Saya,

Endang Sundoro

NIM 1545688

6. Mendapat Kabar Keluarga Meninggal Dunia

Tidak ada yang mengharap mendapat kabar duka saat tengah berada di lokasi pengabdian Kuliah Kerja Nyata. Namun, jika hal ini terjadi, ada kalanya mahasiswa harus membuat surat pernyataan layaknya contoh di bawah ini: 

SURAT PERNYATAAN

Saya yang berTTD di bawah ini:

Nama                                         : Rahman Rahmanto

Jenis Kelamin                           : Laki-Laki

Tempat/ Tanggal Lahir          : Solo. 11 Mei 1999

Alamat                                      : Jl.  Soekarno Hatta 45 Boyolali

Fakultas                                    : Kedokteran Ilmu Keperawatan

Kelompok                            : KKN 3 Desa Kemangi

Menyatakan bahwasanya pada hari Minggu, 18 April 2021, dengan berat hati tidak bisa menghadiri Kuliah Kerja Nyata di lokasi Desa Banowati. Lantaran ibu saya dikabarkan meninggal dunia dan saya harus pulang dengan segera.

Demikianlah surat pernyataan tidak bisa mengikuti KKN ini dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya. Agar dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh UIN Abu Bakar.

Hormat Saya,

Rahman Rahmanto

NIM 15465465

7. Menempuh Mata Kuliah Lain

Barangkali pada saat tengah menempuh KKN, mahasiswa masih memiliki tanggungan untuk menempuh mata kuliah tertentu. Jika ini terjadi, salah satunya dapat mengajukan izin semisal membuat pernyataan seperti berikut:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang berTTD di bawah ini:

Nama                                         : Dea Mintuk

Jenis Kelamin                           : Perempuan

Tempat/ Tanggal Lahir          : Bojonegoro, 14 Januari 2000

Alamat                                      : Jl. Kamboja 14 Lamongan

Fakultas                                    : Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Kelompok                            : 16 KKN Desa Buduran

Menyatakan bahwa pada hari Rabu, 21 April 2021, tidak dapat mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lokasi Buduran. Dikarenakan harus mengikuti remedial mata kuliah Sosiolinguistik di kampus. Sebagai informasi tambahan, maka saya lampirkan bukti jadwal mata kuliah terkait. 

Demikianlah surat pernyataan tidak bisa mengikuti KKN ini dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya. Agar dapat dipergunakan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Universitas Bangsa Indah.

Hormat Saya,

Dea Mintuk

NIM 6455848

Berbagai  macam contoh surat pernyataan tidak KKN di atas sangat diperlukan oleh para mahasiswa. Khususnya, agar tidak merasa kebingungan jika sewaktu-waktu harus mengurus izin meninggalkan lokasi Kuliah Kerja Nyata. Demikian, semoga contoh-contoh yang dihadirkan pada ulasan ini, dapat memberikan banyak manfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *