Contoh Kegiatan KKN di Desa

Setiap mahasiswa terkhusus S1 yang akan menyelesaikan tugas akhir diwajibkan untuk menjalankan program KKN atau Kuliah Kerja Nyata. Penempatan para mahasiswa KKN biasanya di sebuah desa terpencil guna memberikan inovasi baru. Lantas apa saja contoh kegiatan KKN di Desa agar berkesan di masyarakat? Simak ulasan berikut:

1. Mengadakan Program Keagamaan

Sebagai contoh kegiatan KKN di Desa yang pertama kali harus diperhatikan adalah kegiatan keagamaan masyarakat desa. Terkadang masyarakat desa lebih menyibukkan diri mengurusi sawah sehingga membuat aktivitas keagamaan tidak berjalan dengan maksimal. Dengan kehadiran mahasiswa KKN diharapkan dapat membuat kegiatan keagamaan berjalan dengan baik.

Semisal saja menjalankan aktivitas shalat berjamaah, mengajari ngaji anak-anak dan lain sebagainya. Tentu saja kegiatan semacam ini akan diterima baik oleh masyarakat sehingga mahasiswa akan mendapatkan perlakuan istimewa. Namun sebelum membuka kegiatan keagamaan alangkah lebih baik untuk berdiskusi dengan tokoh-tokoh berpengaruh di desa tersebut.

2. Program Kesehatan

Langkah pasti mahasiswa dalam menjalan tugas KKN adalah dengan mengadakan program kesehatan bagi masyarakat desa. Aktivitas menjalankan program ini bisa dimulai dengan mengajak masyarakat untuk senam bersama, mengajak cuci tangan dan lain sebagainya. Bisa juga dengan mendatangkan para ahli di bidang kesehatan guna memberikan wawasan seputar pola hidup sehat.

Kegiatan semacam ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat agar menjadi sehat jasmani dan rohani. Ketika masyarakat di desa tersebut mulai peduli dengan pola hidup sehat, maka setiap kegiatan akan berjalan dengan maksimal. Dengan begitu kualitas kerja maupun kehidupan di masyarakat desa tersebut menjadi berkembang dengan baik.

3. Bidang Pendidikan

Sebagai seorang mahasiswa tentunya mempunyai banyak wawasan pengetahuan yang harus ditularkan kepada masyarakat. Saat menjalani program KKN yang biasanya diadakan di pelosok desa, maka itulah praktek bagaimana menyampaikan ilmu yang telah didapatkan. Menyampaikan ilmu dapat dimulai kepada anak-anak dengan cara memberikan bimbingan belajar.

Dengan memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak pelosok desa akan menciptakan suasana belajar dan pembelajaran yang baik. Tentu hal ini akan berdampak baik pula bagi anak-anak desa karena mendapatkan pengetahuan baru. Dengan demikian kualitas pendidikan anak-anak akan meningkat walaupun sedikit demi sedikit.

4. Bidang Lingkungan

Kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya terkadang sangat kurang. Kebiasaan buruk membuang sampah di sungai seakan menjadi budaya yang harus segera dihilangkan. Oleh karena itu, keberadaan mahasiswa KKN di desa diharapkan dapat memberikan kesadaran masyarakat agar mulai membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, mahasiswa juga harus bisa memberikan wawasan kepada masyarakat bagaimana cara memilah sampah yang bisa didaur ulang. Apabila sampah-sampah bisa dimanfaatkan dengan cara didaur ulang, maka akan mengurangi penumpukan sampah. Dengan begitu suasana desa akan menjadi lebih indah dan terbebas dari banjir atau permasalahan lainnya.

5. Bidang Usaha

Sumber daya alam di desa memang sangatlah melimpah yakni mulai dari pohon pisang, singkong dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut memang mempunyai harga jual yang biasa saja kalau menjualnya berbentuk apa adanya. Namun, bahan tersebut akan mempunyai nilai jual tinggi apabila diolah menjadi makanan unik.

Makanan unik yang dimaksud seperti membuat nugget ketela, keripik pisang rasa-rasa dan berbagai olahan lainnya. Jika program usaha ini berhasil, maka akan meningkatkan pula pendapatan masyarakat desa tersebut. Dengan demikian kesejahteraan akan dirasakan masyarakat desa sehingga kualitas kehidupan menjadi lebih baik.

Demikian tadi adalah contoh kegiatan kkn di desa yang harus diketahui oleh para mahasiswa. Intinya jika mahasiswa KKN berlaku baik dengan masyarakat desa, maka akan diperlakukan baik pula. Buatlah program yang bermanfaat untuk masyarakat desa menjadi lebih berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.