Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Tugas Akhir

Tugas akhir merupakan salah satu karya ilmiah yang menjadi syarat lulus bagi seorang mahasiswa. Biasanya tugas akhir ini digunakan untuk tingkat diploma, dan nantinya di akhirat akan dipresentasikan. Saat dipresentasikan tentunya membutuhkan sebuah kalimat pembuka. Karena itu banyak yang mencari contoh kalimat pembuka presentasi tugas akhir yang baik supaya lancar.

Melihat contoh kalimat pembuka presentasi tugas akhir ini juga bermanfaat sebagai bahan rekomendasi dan referensi. Jadi nantinya saat melakukan presentasi bisa menjadi lebih lancar, dan tidak gugup. Tentunya contoh kalimat yang dilihat juga tidak ditiru mentah-mentah, melainkan diubah sedikit sesuai dengan kenyamanan mahasiswa.

Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Tugas Akhir

Perlu diketahui kalau kalimat pembuka saat presentasi tugas akhir awalnya diucapkan dulu oleh notulis dan sekretaris sidang. Sekertaris ini adalah dosen pembimbing mahasiswa ini. Nantinya setelah selesai membuka sidang, mahasiswa dipersilahkan untuk membuka sidangnya. Karena itu di sini akan diberikan contoh kalimat pembuka presentasi tugas akhir dari notulen, maupun dari mahasiswa.

1. Kalimat Pembuka dari Sekretaris Sidang 1

Pertama adalah contoh kalimat yang biasanya diucapkan oleh sekretaris sidang, disini penting bagi mahasiswa untuk mengetahuinya. Karena dengan begitu, maka mahasiswa tidak akan kaget lagi dan sudah mengerti kapan kalimat pembuka ini sudah selesai dipersiapkan. Jadi mahasiswa juga memiliki persiapan terlebih dahulu, dan lebih matang sehingga sidang bisa lebih lancar.

“Selamat pagi semuanya. Yang saya hormati Bapak …. dan Ibu….. sebagai penguji. Saya selaku sekretaris pada sidang kali ini, dan di depan kita sudah ada mahasiswa atas nama…. Sebagai peserta sidang. Ada baiknya sebelum sidang ini dimulai kita berdoa terlebih dahulu, supaya sidang bisa berjalan dengan lancar. Berdoa menurut kepercayaan masing-masing, berdoa mulai.

Berdoa selesai. Bagaimana mahasiswa, sudah siap untuk presentasi? Apabila sudah siap, maka silahkan dimulai.”

2. Kalimat Pembuka dari Sekretaris Sidang 2

Biasanya untuk kalimat pembuka dari sekretaris sidang ini tentunya ada perbedaannya masing-masing dari setiap instansi. Hanya saja perbedaan ini tidak terlalu jauh, tapi perlu juga untuk diketahui. Tujuannya agar mahasiswa bisa bersiap-siap, dan tidak bingung jika ternyata kalimat pembukanya berbeda dengan yang dicontohkan sebelumnya. Berikut ini adalah contoh kalimat pembukanya.

“Assalamualaikum, selamat pagi semuanya, salam sejahtera bagi kita semua. Yang saya hormati Ibu ….. dan Ibu ….. selaku dosen penguji pada sidang kali ini. Perkenalkan saya sebagai notulen bidang pada sidang kali ini, dan sekarang di depan kita sudah ada mahasiswa atas nama …. sebagai peserta sidang. Sebelum sidang dimulai ada baiknya kita untuk berdoa terlebih dahulu. Supaya nantinya sidang bisa berjalan dengan lancar, berdoa mulai.

Berdoa selesai. Baiklah bagaimana mahasiswa …. Apakah sudah siap untuk melakukan presentasi? Kalau sudah, maka bisa langsung dimulai.”

3. Kata-Kata Pembukaan dari Mahasiswa 1

Tentunya setelah dibuka oleh notulen sidang, maka saatnya mahasiswa untuk membuka presentasinya. Pastinya kalimat pembuka yang digunakan oleh mahasiswa ini harus memperhatikan banyak hal salah satunya adalah kesopanan. Karena itu ada baiknya untuk melihat contoh kalimat pembuka presentasi tugas akhir sebagai referensi supaya presentasi bisa menjadi lebih lancar.

“Siap baik ibu/bapak terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang saya hormati bapak … dan bapak … sebagai penguji. Serta ibu … sebagai pembimbing saya dan juga sebagai sekretaris pada sidang kali ini. Izin memperkenalkan diri, saya …. dari Prodi …..

Saya merasa senang karena sudah berada di sini, dan bisa berdiri di hadapan bapak/ibu semua untuk mempresentasikan tugas akhir saya dengan judul ……….. “

4. Kata-Kata Pembukaan  dari Mahasiswa 2

Selain kata-kata di atas ada juga kalimat pembuka yang sedikit berbeda, dan bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Tentunya dengan banyaknya referensi yang dimiliki ini mahasiswa bisa memilih mana yang lebih baik, dan persiapannya bisa menjadi lebih matang. Kalimat ini sedikit lebih panjang dari sebelumnya, namun begitu tetap efektif untuk digunakan sebagai kalimat pembuka.

“Siap terima kasih bapak/ibu atas waktu yang sudah diberikan kepada saya. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Yang saya hormati bapak …. dan ibu ….. sebagai penguji. Serta bapak … sebagai pembimbing saya, sekaligus sebagai notulen di sidang ini. Mohon ijin untuk memperkenalkan diri, saya … dari prodi …

Pada kesempatan kali ini (sebutkan tanggal dan harinya) saya akan membawakan tugas akhir saya dengan judul … Alasan mengapa saya memilih judul ini karena (sebutkan rumusan masalahnya secara singkat). Baiklah , saya akan memulai presentasi saya.”

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Presentasi Tugas Akhir

Sebelum membuka presentasi ini tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, khususnya untuk mahasiswa. Tujuannya agar saat nanti mengucapkan kalimat pembuka semuanya berjalan dengan lancar, dan tidak gugup. Selain itu juga agar persiapannya menjadi lebih matang dan presentasi bisa berjalan lancar sampai akhir. Jadi perhatikan semuanya dengan baik.

1. Mengucapkan Salam Pembuka

Pertama adalah mengucapkan salam pembuka yang tentunya bisa menggunakan selamat pagi, ataupun siang. Selain itu bisa juga menggunakan salam yang sesuai dengan agama masing-masing. Bisa juga dengan menggabungkan kedua salam tersebut, dan ditambahkan dengan salam yang lebih universal. Kemudian selesaikan salam pembuka ini dengan ucapan terima kasih sebagai bentuk rasa sopan.

2. Menyebutkan Tanggal dan Judul Penelitian

Pada saat sudah selesai mengucapkan salam pembuka, dan ingin menyebutkan judul skripsi maka setelahnya bisa menyebutkan judul dan tanggal penelitian dilakukan. Alasan mengapa menyebutkan tanggal dan judul itu penting, supaya bisa memperlihatkan kepada dosen kalau memang persiapan yang dilakukan sudah matang. Semuanya sudah diingat, dan dipahami dengan baik.

3. Menyebutkan Poin-Poin Penting yang Ada di Skripsi

Di dalam skripsi tentunya terdapat poin-poin penting yang menjadi highlight utama. Sebutkan semua poin-poin penting tersebut, namun tidak perlu terlalu panjang. Jangan sampai membuat audiens, dan dosen penguji menjadi tidak nyaman. Karena hal tersebut tentunya bisa memberikan pengaruh terhadap sidang.

4. Menghindari Kalimat yang Terlalu Panjang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dalam menjelaskan dan membuka sidang ini lebih baik tidak menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Perhatikan penggunaan titik, dan koma gunakan intonasi yang mantap namun tidak berlebihan. Sebenarnya kalimat panjang ini tidak hanya untuk kalimat pembuka saja, tapi juga untuk keseluruhan nanti saat sidang.

5. Perhatikan Kesopanan dan Gestur Tubuh

Terkadang karena terlalu gugup banyak mahasiswa yang akhirnya meninggalkan kesopanan dan gestur tubuhnya saat melakukan pembukaan sidang. Karena itu tetap perhatikan dengan baik gestur tubuh, terutama pada saat sedang menerangkan kepada dosen penguji. Dengan begitu maka sidang bisa berjalan dengan baik, dan tentunya nilai yang didapatkan akan lebih baik.

Itulah tadi contoh kalimat pembuka presentasi tugas akhir, dan juga beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin mengucapkannya. Dengan memperhatikan contoh yang sudah disebutkan di atas serta memperhatikan lainnya, maka persiapan mahasiswa bisa menjadi lebih matang. Jadi dengan begitu maka sidang bisa berlangsung dengan lebih lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.