Contoh Judul Laporan KKN

Banyak mahasiswa beranggapan bahwa KKN merupakan salah satu kegiatan yang paling asyik dan menarik. Hal ini dikarenakan karena para mahasiswa akan menjalani kehidupan baru dengan nuansa pedesaan. Setiap mahasiswa harus membuat laporan terkait dengan aktivitas selama KKN. Bagaimana contoh judul laporan kkn yang baik? Simak ulasan berikut:

Contoh Judul Laporan KKN Untuk Kelompok

Pada pembahasan contoh judul kkn yang pertama adalah laporan mengenai kegiatan kelompok. Aktivitas program kerja yang dilakukan secara berkelompok ini mempunyai bagian-bagian di setiap divisinya. Biasanya terdapat beberapa divisi yakni divisi keagamaan, sosial, ekonomi, pendidikan, lingkungan dan sebagainya. Untuk membuat judul laporan, maka simak daftar dibawah:

1. Pelatihan Alat Musik Hadroh Guna Membentuk Karakter Anak-Anak Desa

Devisi keagamaan memang lebih condong membuat program kerja yang basisnya keislaman. Biasanya para mahasiswa divisi ini akan masuk ke dalam arena anak-anak yang sedang belajar ngaji di masjid ataupun mushola. Untuk itu dibutuhkan skill atau kemampuan ilmu agama yang kompeten supaya pemberian pembelajaran sesuai syariat Islam.

Untuk divisi keagamaan bisa mengajari hal unik yakni memberikan pembelajaran tentang alat musik hadroh. Alat musik tersebut biasanya digunakan untuk mengiringi musik-musik sholawat. Tentu saja dari pembelajaran tersebut akan terbentuk karakter Islami di dalam diri anak-anak. Dengan begitu para mahasiswa akan menciptakan generasi muda yang taat akan agama.

2. Meningkatkan Motivasi Warga Untuk Kesadaran Gotong Royong dalam Membangun Desa Menjadi Lebih Baik

Salah satu upaya mahasiswa KKN dalam bidang divisi sosial adalah meningkatkan motivasi para warga desa untuk semangat gotong royong. Semangat gotong royong ini bisa dimulai dari membersihkan tempat ibadah, membuat pagar dan lain sebagainya. Tentu saja program seperti ini akan sangat bermanfaat bagi warga guna mempererat tali persaudaraan.

Memang dalam kenyataannya masyarakat desa sangat erat sekali sikap gotong royongnya, namun terkadang karena kesibukan di kebun menjadikan habisnya waktu berkumpul. Oleh karena itu dengan kehadiran mahasiswa kkn ini dapat menjadikan para warga berkumpul dalam satu majelis sehingga lebih terbuka untuk berdiskusi. Dengan begitu akan tercipta keakraban para warga masyarakat desa.

3. Membuat Makanan dari Dari Bahan Dasar Ketela Menjadi Nugget Yang Bernilai Jual Tinggi

Kekayaan alam di kehidupan pedesaan memang sangatlah melimpah seperti halnya ketela. Banyak sekali pohon ketela yang ditanam oleh masyarakat karena mudah dalam perawatan dan tidak membutuhkan banyak air. Namun pada kenyataannya harga ketela itu sangatlah murah sehingga perekonomian masyarakat desa pas-pasan.

Oleh karena itulah kehadiran mahasiswa yang mempunyai banyak ilmu pengetahuan bisa memberikan solusi tentang peningkatan perekonomian warga. Salah satu program unggulan divisi ekonomi adalah menjadikan bahan-bahan alam sederhana bernilai tinggi. Caranya bisa mengajarkan bagaimana membuat nugget ketela yang lezat dan bergizi tentunya. Dengan begitu harga jual ketela lebih bernilai tinggi.

4. Memberikan Edukasi Tentang Manfaat Literasi Membaca dan Menulis Sebuah Kisah Sehari-Hari

Kemajuan sebuah bangsa dapat dilihat dari gemarnya rakyat dalam membaca atau literasi. Hal ini dapat diterapkan bagi mahasiswa KKN yakni memberikan edukasi tentang pentingnya literasi. Tentu saja yang melakukan hal semacam ini adalah divisi pendidikan yang notabene berasal dari fakultas tarbiyah.

Pemberian edukasi tentang literasi ini bukan hanya tentang teori saja melainkan bisa memberikan buku-buku bacaan secara gratis. Memang hal ini akan sangat berat bagi mahasiswa KKN karena dana untuk membeli buku juga terbatas. Namun alangkah lebih baik untuk mencari donatur buku sehingga akan memperingan bebas mahasiswa dalam mendapatkan buku bacaan.

5. Membantu Masyarakat dalam Membersihkan Area Sumber Mata Air Warga dan Selokan

Kebanyakan masyarakat pedesaan terpencil lebih mengutamakan sumber mata air sebagai sarana untuk mandi maupun minum. Kebersihan area sumber mata air harus senantiasa dijaga arga kualitas air tetap bersih. Untuk itu, bagi mahasiswa kkn divisi lingkungan harus merencanakan program kerja dalam membantu masyarakat membersihkan lingkungan.

Selain itu mahasiswa KKN divisi lingkungan juga harus turun tangan dalam membersihkan selokan tempat pembuangan air. Sebab ketika selokan tersebut buntu, maka akan menyebabkan banjir. Jadi, laporan kkn dengan judul ini dapat memberikan manfaat baik untuk mahasiswa kkn maupun warga. Dengan begitu selain mendapat nilai bagus juga dikenang masyarakat desa.

Contoh Judul Laporan KKN Bagi Anggota Individu

Setelah membahas mengenai laporan KKN untuk kelompok, maka selanjutnya pembahasan mengenai laporan individu. Laporan individu ini biasanya menyesuaikan dengan program jurusan yang diambil di kampus. Lantas bagaimana contoh judul laporannya? Mari simak ulasan berikut:

1. Memberikan Pelatihan Membuat Pupuk Organik

Memberikan pelatihan membuat pupuk organik kepada masyarakat desa saat menjalani program KKN merupakan hal yang sangat bagus sekali. Sebab sebagian besar masyarakat masih saja menggunakan pupuk kimia. Dengan memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik ini diharapkan masyarakat lebih bisa mengurangi ketergantungan menggunakan pupuk kimia.

2. Pelatihan Tentang Syair Berbahasa Arab Bagi Anak-Anak

Berbahasa asing seperti bahasa Arab memang sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan kualitas berbahasa anak-anak desa, maka program pelatihan syair bahasa Arab sangatlah bagus sekali. Untuk memulainya bisa dengan memberikan lagu berbahasa arab dan lain sebagainya. Kemudian metode yang digunakan bisa menggunakan proyektor, speaker aktif dan semacamnya itu.

3. Mengadakan Pelatihan Komputer Tentang Microsoft Office dan Cara Membuat Email

Program kerja selanjutnya yang bisa diterapkan di masyarakat desa adalah memberikan pelatihan mengenai teknologi komputer. Pelatihan ini tidaklah rumit yakni hanya mengajari bagaimana menulis di word dan cara membuat E-Mail. Biasanya mahasiswa yang mengadakan pelatihan ini berasal dari jurusan teknik elektro.

4. Memberikan Siaran Tentang Dakwah Kontemporer

Masyarakat desa memang sangat erat agamanya sehingga jamaah majlisnya sangat banyak. Bagi para mahasiswa kkn dengan jurusan Komunikasi Penyiaran Islam bisa memberikan tontonan filem tentang dakwah kontemporer. Program seperti ini juga harus didampingi dengan kyai atau tokok desa guna menyesuaikan pemahamanan masyarakat.

5. Penyuluhan Terkait Komunikasi Yang Benar Bagi Para Remaja

Masa remaja merupakan masa dimana banyak tingkah dan ucapan yang terkadang menimbulkan ketidaksopanan terhadap orang yang lebih tua. Untuk itu, bagi para mahasiswa yang sedang menjalani kkn di desa, maka bisa melakukan pendekatan dengan para remaja. Pendekatan disini sebagai media untuk memberikan penyuluhan bagaimana menjaga perilaku dan ucapan yang baik.

6. Memberikan Motivasi Pentingnya Belajar Bagi Anak-Anak

Program kerja para mahasiswa jurusan Psikologi yang paling unggul adalah meningkatkan motivasi belajar bagi anak-anak. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat anak-anak jaman sekarang lebih suka bermain hp daripada belajar. Oleh sebab itu program kerja mahasiswa kkn yang bagus ini bisa menjadi jalan anak-anak semangat belajar.

KKN adalah kegiatan yang unik untuk mendapatkan banyak pengalaman langsung dari masyarakat. Dalam kondisi ini carilah ide untuk menulis bahan skripsimu. Kelemahan dan kekuatan yang terjadi di tengah masyarakat bagus untuk diditeliti lebih lanjut secara ilmiah dengan metodologi yang valid. Pengaolahan data dan analisis data penelitian bisa dengan Jasa Olah Data aplikasi Eviews Amos Stata Lisrel SPSS Python R-Sstudio SmartPLS Minitab MatLab Mplus.

Demikianlah tadi merupakan ulasan tentang contoh judul laporan kkn yang harus diketahui setiap mahasiswa kkn. Jadi buatlah laporan sesuai dengan jurusan masing-masing dan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *