Contoh Field Note KKN

Program KKN di setiap kampus mempunyai tujuan untuk para mahasiswa menerapkan ilmu pengetahuan di lingkungan masyarakat. Selama menjalani masa KKN, para mahasiswa juga disuruh untuk membuat field note. Pada pembahasan artikel ini akan dijelaskan terkait contoh field note KKN yang benar sesuai dengan panduan.

Apa Itu Field Note

Sebelum menuju contoh field note KKN, maka terlebih dahulu harus mengetahui apa itu field note. Secara sederhana field note dapat diartikan sebagai catatan kegiatan lapangan selama menjalani masa KKN. Setiap mahasiswa wajib membuatnya guna mengetahui perkembangan kegiatan saat terjun di lingkungan masyarakat.

Pembuatan field note ini sesuai dengan apa yang setiap mahasiswa kerjakan setiap harinya. Semisalnya saja mahasiswa menjalani kerja bakti, pengajian dan lainnya, maka harus menulis kegiatan tersebut. Oleh karena itu setiap mahasiswa harus aktif dalam mengikuti setiap kegiatan desa agar bisa mendapatkan banyak catatan kegiatan di lapangan.

Sebaliknya apabila mahasiswa tersebut tidak beraktivitas atau hanya tidur saja saat di posko KKN, maka tidak akan mendapatkan banyak catatan kegiatan. Tentu saja ini akan mempengaruhi kinerja dari teman satu kelompok. Sebab, mahasiswa yang hanya rebahan saja dan tidak banyak berinteraksi dengan masyarakat akan sulit menyelesaikan setiap program kerja.

Kadang kamu mahasiswa harus mencari peluang waktu moodmu untuk melakukan hal yang tidak terduga. Salah satunya adalah memulai kerjakan tugas akhir skripsimu. Skripsi akan lebih cepat selesai banyak persiapan untuk berkarya. Banyak teman dan kolega baru saat melakukan KKN di tengah masyarakat. Tentu itu membuka banyak wacana dan ide baru bagi anda. Tulislah ide-ide untuk bahan konsultasi awal kepada dosen pembimbing kalian, bisa juga bimbingan ke penasihat akademik, tanyakan apakah ide kamu bagus untuk diangkat jadi tema skripsimu. Ada kendala bisa konsultasi dengan Jasa Konsultan Olah Data aplikasi Eviews Amos Stata Lisrel SPSS Python RSstudio SmartPLS Minitab MatLab Mplus, Metode SEM CFO CFS CFA dalam analisis data. Atau jika perlu data dalam bentuk peta digital Arcgis Qgis.

Contoh Pembuatan Field Note KKN

Setelah tadi membaca terkait dengan field note, maka pembahasan selanjutnya adalah contoh field note KKN yang baik dan benar. Contoh field note kkn yang dicantumkan ini sesuai dengan pengalaman observasi selama menjalani masa KKN. Untuk itu mari langsung saja simak bersama-sama mengenai contoh pembuatan field note.

  CONTOH FIELD NOTE KKN DALAM BENTUK TABEL

NoHari dan TanggalTempatTokohCatatan/MateriRefleksiPertanyaan Lanjutan
1Rabu, 12 Juli 2017Sumber AirWarga Dusun TuriMembersihkan sumber airgotong royong membersihkan sumber air bersama masyarakat sekitarsiapakah yang menjadi penggerak di depan ?
  MasjidWarga jama’ah dusun TuriJama’ahmenjunjung tinggi nilai-nilai keagamaanbagaimana cara untuk mengistiqomahkan ?
2Sabtu, 15 Juli 2017MasjidBpk. MuslanKoordinasi turut mengajar di TPQberdedikasi untuk mencerdaskan santriwan santriwati di dusun Turi dan Nglorogapa output dan outcome dari pembinaan santriwan dan santriwati ?
3Minggu, 16 Juli 2017Poskoanggota kelompok 1Membersihkan MCK poskomenanamkan nilai-nilai estetika untuk kebaikan poskomengapa kita perlu berestetika ?
  MasjidWarga jama’ah dusun TuriJama’ahmenjunjung tinggi nilai-nilai keagamaanbagaimana cara untuk mengistiqomahkan ?
4Senin, 17 Juli 2017SDN 2 TenggarejoBpk. SumarsupKoordinasi turut mengajar di SDN 2 Tenggarejoberdedikasi untuk mencerdaskan siswa siswi di dusun Turi dan Nglorogapa output dan outcome dari pembinaan siswa dan siswi ?
5Selasa, 18 Juli 2017Poskoanggota kelompok 1bimbingan belajarmeningkatkan kemampuan anak-anak dusun Turi dan Nglorogbagaimana tata cara meningkatkan belajar anak secara baik ?
6Rabu, 19 Juli 2017Balaidesaperangkat desa dan tokoh masyarakatDiskusi persiapan kegiatan PHBNberpartisipasi penuh untuk mensukseskan acara PHBNMengapa kita perlu berpartisipasi di dalam diskusi PHBN ?
7Kamis, 20 Juli 2017Lapangan volyKarang tarunaKerja bakti membersihkan lapangan volyGotong royong dengan masyarakat sekitarsiapakah yang menjadi penggerak di depan ?
8Jum’at, 21 Juli 2017Masjid NUBpk. LaminganBimbingan kesenian rebanamenyiapkan berbagai agenda kesenian rebana yang akan ditampilkanMengapa perlu adanya bimbingan kesenian rebana ?
9Sabtu, 22 Juli 2017SDN 2 TegalrejoIbu TututMelatih LBB di SDN 2 TenggarejoMembina dan mendidik murid-murid agar mendapatkan juaraMengapa pembinaan terhadap dunia pendidikan penting ?
10Minggu, 23 Juli 2017Poskoanggota kelompok 1Membuat pupuk komposProduksi pupuk sendirisiapakah yang menjadi penggerak di depan ?
11Senin, 24 Juli 2017SDN 2 TegalrejoPara guru dan muridHalal bihalalMemperkokoh ukhuwah islamiyah terhadap sesama muslimMengapa ukhuwah islamiyah sangat penting untuk mempersatukan umat ?
12Sabtu, 5 Agustus 2017SDN 2 TegalrejoAnggota BOW dan peserta KKNHari membaca acara BOW (Books On Will)Meningkatkan keefektifan pembelajaran anakBagaimana cara mengefektifkan acara BOW dengan baik ?
13Minggu, 6 Agustus 2017Goa TenggaraKarang tarunaMembersihkan Goa Tenggargotong royong membersihkan Goa Tenggar bersama masyarakat sekitarsiapakah yang menjadi penggerak di depan ?
14Selasa, 15 Agustus 2017BalaidesaIbu-ibu PKKPembuatan nugget ketelaMemberikan latihan bagi ibu-ibu PKK untuk membuat olahan inovasi dari ketelaBagaimana cara mengelola ketela menjadi jenis pangan lain yang bernilai jual tinggi ?
15Rabu, 16 Agustus 2017BalaidesaMasyarakat Desa Tenggarejo dan semua anggota KKNTirakatanMeningkatkan ukhuwah islamiyah dan memperkokoh iman dan takwaBagaimana cara untuk memperkokoh iman dan takwa ?

Peserta KKN,

                                                                                                                                                                                    Ahmad Suherdi

                                                                                                                                                                        Nim : 1721143032

Tujuan Pembuatan Field Note KKN

Setiap mahasiswa entah itu dari kampus negeri maupun swasta pastinya akan merasakan kehidupan masyarakat desa terpencil melalui program KKN. Banyak sekali tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh para mahasiswa saat berada di lapangan. Salah satunya adalah membuat field note atau catatan kegiatan. Lantas apa tujuan dari pembuatan field note tersebut? Berikut ulasannya:

1. Mengingat Kegiatan

Salah satu tujuan membuat field note bagi mahasiswa adalah untuk mengingat apa saja kegiatan yang telah dilakukan. Pencatatan kegiatan tersebut dilakukan saat pagi hari dan menjelang petang. Oleh karena itu bagi mahasiswa yang kurang beraktivitas tidak akan bisa membuat field note.

2. Kenangan

Tujuan dari pembuatan field note adalah sebagai media untuk mengenang setiap kegiatan yang dilakukan baik itu individu maupun berkelompok. Kegiatan tersebut bisa berupa membantu masyarakat, melakukan bimbingan belajar dan semacamnya. Tentunya kegiatan yang ditulis sesuai dengan apa yang dilakukan sehingga akan lebih berkesan.

3. Syarat Lulus KKN

Pihak kampus bisanya memberlakukan pembuatan field note bagi setiap mahasiswa KKN karena sebagai syarat lulus KKN. Bagi ketua kelompok harus selalu mengingatkan kepada anggotanya untuk menulis setiap kegiatan yang telah dilakukan. Menulis kegiatan bisa menggunakan buku maupun langsung ditulis di komputer.

4. Supaya Mau Beraktivitas

Menjalani kehidupan KKN memang menjadikan mahasiswa leluasa melakukan setiap aktivitas. Tentu saja aktivitas yang dimaksud adalah berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dibuatkannya field note, maka akan terlihat mana saja anggota yang aktif dan tidak. Dengan begitu pemberian nilai bisa disesuaikan melalui catatan field note masing-masing mahasiswa.

Manfaat Pembuatan Field Note KKN

Pembuatan field note kkn ini memang diwajibkan bagi setiap mahasiswa yang mengikuti program KKN atau kuliah kerja nyata. Bagi ketua kelompok harus bisa mengingatkan atau mengkoordinir para anggotanya untuk membuat catatan kegiatan lapangan. Lantas apa manfaat  dari pembuatan field note itu? simak penjelasan berikut:

1. Melatih Disiplin

Mahasiswa yang sedang menjalani masa KKN memang ditugaskan untuk mengabdi di lingkungan masyarakat. Pengabdian mahasiswa mahasiswa ini beragam misalnya saja membantu bersih-bersih lingkungan, mengajar ngaji anak-anak dan kegiatan lainnya. Tentu saja keberadaan mahasiswa KKN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa.

Setiap kegiatan mahasiswa untuk masyarakat ini sebagai sarana melatih kedisiplinan saat berada di lingkungan desa. Maksud dari disiplin disini adalah selalu ada setiap waktu ketika masyarakat membutuhkan. Untuk itu pembuatan catatan kegiatan lapangan sangatlah bermanfaat guna melatih kedisiplinan mahasiswa dalam melakukan program kerja masing-masing.

2. Melatih Tanggung Jawab

Manfaat selanjutnya yang didapatkan ketika membuat field note KKN adalah bisa melatih sifat tanggung jawab di dalam diri. Sebab kebiasaan yang dilakukan selama KKN akan menjadikan seorang mahasiswa lebih dewasa setelah mengabdi di lingkungan masing-masing. Tentu saja melalui field note yang telah ditulis adalah pedomannya.

Sifat tanggung jawab ini bisa diartikan sebagai sikap yang menyelesaikan segala urusan sampai selesai. Dimasyarakat sendiri banyak sekali permasalahan yang harus diselesaikan semisalnya membutuhkan imam sholat, gerakan pemuda, dan lain sebagainya. Melalui catatan kegiatan KKN yang telah dilaksanakan tentunya akan menjadi patokan untuk dijalankan.

3. Melatih Menggunakan Waktu Dengan Baik

Kegiatan KKN yang dilaksanakan di sebuah desa tentunya mengharuskan mahasiswa mengatur jadwal kegiatan. Mulai bangun tidur sampai menjelang tidur semuanya harus sudah terkonsep dengan baik. Inilah manfaat dari field note saat kkn yang berguna menjadikan mahasiswa sebagai orang yang menggunakan waktu dengan baik.

Penggunaan waktu dengan baik ini sangatlah membantu bagi masyarakat. Salah satu contoh adalah membantu kerja bakti, bersih-bersih masjid dan sebagainya. Ketika kegiatan yang sudah terkonsep dilakukan dengan konsisten, maka akan tertanam di dalam diri mahasiswa untuk menerapkan di setiap lingkungan masyarakat.

4. Rutinitas Menjadi Teratur

Kebiasaan seorang mahasiswa menjalankan kegiatan selama KKN akan menjadikan lebih bisa mengatur rutinitas sehari. Rutinitas yang dilakukan mahasiswa KKN biasanya adalah mengajar anak-anak, mengikuti jamaah masyarakat dan semacamnya. Tentu saja kegiatan seperti ini akan dicatat rapi di buku catatan berupa field note guna menjadi patokan kegiatan sehari-hari.

Membiasakan diri hidup bermasyarakat bermula dari KKN ini akan memberikan dampak positif bagi para mahasiswa. Ini terbukti banyak sekali mahasiswa yang aktif berinteraksi saat masih pagi sampai malam hari. Interaksi ini merupakan salah satu bentuk sikap keakraban dengan masyarakat sehingga para mahasiswa bisa diterima dengan baik setiap program kerjanya.

5. Kehidupan Lebih Baik

Setelah menjalankan program KKN dari kampus, tentunya para mahasiswa akan kembali ke daerah masing-masing. Kembalinya para mahasiswa tersebut akan memberikan kesan terbaik untuk diceritakan kepada teman, keluarga dan masyarakat luas. Hal ini akan memberikan wawasan tentang kehidupan di sebuah desa yang mungkin belum banyak orang tahu.

Selama menjalani masa KKN tentunya para mahasiswa banyak belajar dari masyarakat desa. Baik itu kedisiplinan, kesopanan, saling menghargai dan lain sebagainya. Melalui pembelajaran itulah diharapkan catatan kegiatan atau field note bisa diterapkan pula di lingkungan asalnya. Dengan begitu para mahasiswa tidak akan merasa kaku atau grogi saat menghadapi masyarakat dilingkungan asal.

Demikianlah tadi ulasan tentang contoh field note kkn yang benar dan perlu mahasiswa ketahui. Untuk itu buatlah kegiatan yang berkesan agar catatan di dalam field note menjadi baik. Dengan begitu akan mendapatkan nilai KKN bagus dan juga berkesan di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *