Contoh CV Beasiswa

Memperoleh beasiswa memang sangat menyenangkan dan memberikan banyak keuntungan bagi setiap penerima. Namun sebelum menerima beasiswa tentu seseorang harus mendaftar terlebih dahulu. Dimana syarat pendaftaran beasiswa salah satunya dengan mencantumkan CV. Maka dari itu, seorang pendaftar harus mengetahui contoh CV beasiswa yang baik dan tepat.

Apa Itu CV (Curriculum Vitae)?

CV dapat diartikan sebagai sebuah dokumen yang dianggap sangat penting yang berisi terkait identitas diri seseorang. Memang isi dari CV ini yakni riwayat hidup yang meliputi pengalaman kerja maupun prestasi akademik yang dimiliki. Bukan hanya prestasi yang diperoleh dalam bidang akademik saja namun prestasi non akademik pun dapat dilampirkan.

Bahkan CV ini kerap kali disamakan dengan cover letter namun fungsi keduanya tentu berbeda. Adapun perbedaannya terletak pada isi yang dicantumkan, dimana cover letter hanya berisi alasan mengapa ingin melamar pekerjaan. Sedangkan untuk CV sendiri berisikan riwayat hidup dari pelamar beasiswa maupun pelamar pekerjaan.

Cara Membuat CV Beasiswa

Membuat CV beasiswa tentu ada langkah yang harus dilakukan oleh seorang pendaftar. Dimana cara membuat CV yang dimaksud sebagai berikut:

  • Menentukan desain dari CV untuk beasiswa.
  • Selalu mencantumkan data pribadi yang lengkap.
  • Menulis riwayat pendidikan yang disertai tahun lulus.
  • Mencantumkan pengalaman saat berorganisasi.
  • Mencantumkan pelatihan yang pernah diikuti.
  • Menuliskan bahasa apa saja yang dikuasai.

Contoh CV Beasiswa yang Menarik

CV memang termasuk data diri yang harus dicantumkan seseorang pada saat ingin melamar pekerjaan dan mendaftar beasiswa. Namun masih ada orang yang kurang mengetahui terkait bagaimana cara pembuatannya melalui contoh. Maka dari itu, berikut merupakan contoh CV beasiswa yang bisa dijadikan referensi pada saat membuat CV:

1. CV untuk Mendaftar Beasiswa LPDP

Sebelum mendaftar beasiswa tentu ada syarat yang dapat dicantumkan dalam hal ini CV. Adapun contoh dari CV yang dimaksud sebagai berikut:

NUR JANNAH

Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran

Jalan Kartini No. 56

Nama: Nurjannah

TTL: Sidoarjo, 15 Mei 1997

Agama: Islam

Prestasi Akademik:

  • Juara I Olimpiade Matematika Tingkat Fakultas
  • Juara III Karya Tulis Ilmiah Tingkat Universitas

Memang isi dari CV tersebut hanya biodata diri dan juga deretan  prestasi yang pernah diraih oleh pendaftar beasiswa LPDP. Karena prestasi tersebutlah yang akan dijadikan pertimbangan.

2, CV untuk Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

Untuk CV yang digunakan jika ingin mendaftar beasiswa di luar negeri tentunya tidak jauh berbeda dengan contoh sebelumnya. Adapun contohnya sebagai berikut:

PERSONAL INFORMATION

Dewata Rezki Simanjuntak

Balitar

0852347298457

dewataRS@gmail.com

Prestasi yang diraih:

  • Meraih medali emas olimpiade Bahasa Inggris
  • Juara harapan ajang pencarian bakat tingkat fakultas

Prestasi tersebut sangat berarti jika ingin kuliah atau sekolah di luar negeri melalui program beasiswa. Selain itu, tidak lupa mencantumkan foto dari pendaftar.

3. CV untuk Beasiswa Bahasa Inggris

Beasiswa Bahasa Inggris juga bisa diperoleh seseorang jika ingin melanjutkan pendidikan. Dimana contoh pembuatan CV ini akan diulas sebagai berikut:

MORGAN PANDUWINATA

CONTACT

Address:

Street Mawar, No. 177, Jakarta, Indonesia

Phone:

082365874903

Email:

morganp@gmail.com

LANGUAGES

Indonesia

Chinese

German

EDUACATION

Universitas of Indonesia (2012-2016)

ADDITIONAL SKILLS

Statistical operation: SPSS

Melihat CV di atas memang sangat perlu mencantumkan bahasa yang dikuasai beserta skill yang dimiliki oleh pendaftar. Dengan begitu, cara memperoleh beasiswa pun mudah.

Ingin dapatkan beasiswa, siapkan prestasimu dengan ikut bimbingan belajar Pustakaguru materi komplit Bimbel KSN Olimpiade UTBK

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan pengertian dari CV maupun cara pembuatan CV untuk keperluan beasiswa. Selain itu, ada juga beberapa contoh CV beasiswa yang dapat dijadikan referensi oleh calon pendaftar. Memang contoh dari CV tersebut sangat diperlukan agar dalam pembuatan CV tidak merasa bingung apalagi terkait desain CV yang akan digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.