Cara Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik

Banyak rangkaian proses seleksi yang harus dilalui pelajar sebelum masuk kampus impian. Salah satunya yakni harus menjalani Tes Potensi Akademik. Penting sekali untuk mengetahui cara mengerjakan soal Tes Potensi Akademik yang benar agar bisa mendapat hasil optimal. Berikut adalah cara efektif yang bisa diterapkan saat mengerjakan soal-soal TPA:

1. Tenang dan Berdoa Dulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah bersikap tenang dan berdoa terlebih dahulu. Mengerjakan soal TPA bisa dikatakan sangat menantang. Terkadang soal-soal yang dianggap mudah ternyata malah menjebak dan justru menjatuhkan. Pastikan untuk berdoa terlebih dahulu memohon kemudahan dalam menjawab semua soal di tes tersebut.

Jangan panik begitu masuk ruang ujian. Berhadapan dengan soal-soal ujian seringkali membuat seseorang merasa panik. Panik justru akan membuat tingkat kesulitan soal bertambah. Tetap tenang supaya bisa berpikir jernih dan mendapat jawaban dalam waktu singkat.

2. Kerjakan Soal Verbal

Pertama kali yang dikerjakan sebaiknya adalah soal verbal. Kategori soal ini tergolong paling mudah dibandingkan soal-soal lainnya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal verbal juga tergolong paling singkat. Jadi, lebih baik langsung fokus ke soal verbal terlebih dahulu.

Untuk mengerjakan soal verbal, pastikan membaca secara teliti setiap soal. Sebelumnya pasti sudah belajar tentang karakter soal-soal verbal. Saat persiapan juga sebaiknya perbanyak kosa kata supaya lebih mudah mengerjakan soal-soal ini.

3. Beralih ke Soal Deret

Jika soal verbal sudah beres, langsung beralih ke soal deret. Kategori soal ini membutuhkan ketelitian dan tingkat kesulitannya masih bisa diatasi dengan mudah. Sebelum mengerjakan soal numerik yang sulit, lebih baik kerjakan dulu soal deret. Perlu diketahui bahwa soal deret pada setiap soal TPA biasanya punya pola yang sama. Jadi, silahkan pelajari pola deret pada soal-soal latihan.

4. Kerjakan Soal Matematika

Berikutnya kerjakan soal numerik lain yang di luar kategori soal deret. Soal matematika ini mungkin akan lebih sulit dan membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi. Salah satu kunci dalam menaklukkan soal matematika ini adalah belajar berhitung cepat. Kemampuan berhitung cepat akan sangat dibutuhkan karena bisa meringkas waktu dan menemukan jawaban tanpa berlama-lama.

Soal matematika yang ada di TPA biasanya terdiri dari aritmatika, geometri, dan aljabar. Jadi kuasai semua karakter soal-soal ini agar bisa mengerjakan soal matematika dengan mudah. Cara mengerjakan soal Tes Potensi Akademik untuk kategori matematika tidak lain adalah dengan teliti menghitung dan memahami rumus pengerjaannya.

5. Kerjakan Soal Logika dan Spasial

Jika soal verbal dan numerik sudah selesai maka lanjut ke soal logika dan spasial. Dua kategori soal ini membutuhkan pemikiran dan penalaran yang matang. Semakin banyak sisa waktu tersedia maka akan semakin baik karena ada waktu cukup untuk memikirkan jawaban dari soal-soal di kategori ini.

Kunci penyelesaian soal logika dan spasial adalah kejelian. Peserta harus bisa teliti mengamati gambar serta melakukan penalaran untuk memecahkan soal logika. Jadi, usahakan untuk menyisakan waktu yang memadai agar bisa berpikir cukup baik dalam menyelesaikan kategori soal ini.

Itulah cara mengerjakan soal Tes Potensi Akademik dengan efektif. Memanfaatkan ketersediaan waktu dengan sebaik-baiknya agar semua soal bisa dikerjakan. Ingat, tak perlu terburu-buru namun cobalah untuk efektif mencari jawaban dari setiap soal yang ada. Semakin tenang mengerjakan maka semakin mudah juga menemukan jawaban yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.