Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik adalah jenis tes psikologi yang biasanya digelar sebagai bagian dari proses rekrutmen instansi pendidikan maupun perusahaan.  Baik untuk instansi pemerintah maupun perusahaan swasta, biasanya ada sesi TPA yang harus diikuti pelamar. Soal latihan Tes Potensi Akademik online bisa membantu untuk persiapan mengikuti tes. Berikut adalah beberapa cara efektif mengerjakan latihan TPA secara online:

1. Kerjakan Semua Jenis Tes

TPA tidak hanya terdiri dari satu jenis tes melainkan ada beberapa jenis soal yang harus dikerjakan oleh peserta. Jika ingin mempersiapkan diri secara matang maka pastikan untuk berlatih mengerjakan semua jenis soal. Berikut adalah beberapa jenis soal yang masuk ke dalam kategori TPA:

  • Kemampuan verbal: Bentuk tes ini berupa soal-soal tentang sinonim, antonim, padanan, serta klasifikasi kata.
  • Numerik: Merupakan jenis tes angka yang berupa aritmatika, seri angka, beserta logika angka.
  • Logika: Merupakan bagian tes berupa soal logika umum, logika dalam bentuk cerita, logika dalam bentuk diagram, dan logika silogisme.
  • Spasial: Bentuk tes yang berupa soal hubungan, pengelompokan, serta identifikasi gambar.

2. Cari dari Berbagai Sumber

Mudah sekali untuk menemukan contoh-contoh soal latihan Tes Potensi Akademik online. Jangan hanya mengerjakan soal dari satu sumber saja. Cobalah untuk mencari soal-soal dari sumber yang lain. Semakin banyak sumber yang didapat maka akan semakin banyak juga soal-soal yang dikerjakan. Ini akan memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam mengerjakan berbagai model soal.

Jika soal latihan dari sumber online masih kurang maka coba cari dari buku-buku. Semakin banyak berlatih soal maka semakin mahir juga mengerjakan soal-soal yang baru. Biasanya soal TPA itu memiliki model yang sama. Jadi akan jauh lebih mudah mengerjakan soal jika sudah banyak berlatih sebelumnya.

3. Pilih Soal Terbaru

Kerjakan soal-soal latihan yang terbaru agar bisa mendapatkan gambaran soal yang sesungguhnya. Sebenarnya perubahan soal-soal TPA juga tidak terlalu banyak. Namun tidak ada salahnya untuk mencari latihan soal-soal yang terbaru. Jangan malas untuk berburu soal-soal latihan yang baru saja keluar untuk menambah pengalaman mengerjakan soal.

4. Buat Batasan Waktu

Meskipun mengerjakan latihan, namun berusahalah agar seolah-olah sedang mengerjakan tes yang sebenarnya. Siapkan peralatan yang lengkap dan buat situasi lingkungan seolah benar-benar di ruangan tes. Lalu yang paling penting adalah buat batasan waktu mengerjakan soal. Meskipun hanya berlatih, namun sebaiknya tetap ada batasan waktu untuk menemukan kecepatan mengerjakan soal.

Perlu diketahui bahwa pengerjaan TPA dibatasi oleh waktu. Peserta harus mengerjakan soal-soal dalam waktu terbatas. Agar tidak kaget saat mengikuti tes yang sesungguhnya maka berlatihlah mengerjakan soal dengan batasan waktu. Di sini bisa diketahui apakah kecepatan mengerjakan yang dimiliki sudah bisa memenuhi syarat atau belum.

5. Lakukan Evaluasi

Setelah mengerjakan latihan soal, lakukan evaluasi. Cari tahu mana saja yang salah dan dimana letak kesalahannya. Evaluasi ini penting untuk dilakukan agar bisa memperbaiki diri saat harus mengikuti tes yang sebenarnya. Jangan sampai kesalahan yang dilakukan saat berlatih tes dilakukan lagi. Hitung juga skor yang didapatkan dan cari tahu apakah sudah memenuhi target atau belum.

Itulah tadi cara efektif dalam  mengerjakan latihan Tes Potensi Akademik online. Pastikan untuk berlatih secara rutin sampai benar-benar paham ritme soal-soal yang ditampilkan. Persiapkan diri sebaik mungkin sebelum menjalani tes sebenarnya dengan berlatih soal dan beristirahat yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.