cara mendapatkan beasiswa bidikmisi

Bidikmisi memang menjadi satu dari sejumlah beasiswa yang banyak dipilih oleh para pemburu beasiswa. Hal ini lantaran Bidikmisi beberapa pembiayaan yang memang diberikan oleh pihak dari Bidikmisi tersebut. Untuk itu para pemburu beasiswa kiranya perlu mengetahui cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi sebagai tambahan wawasan supaya kemungkinan besar lolos dalam tiap seleksi yang dilalui.

Mengingat jumlah pelamar dari beasiswa tersebut cukup banyak serta tidak sedikit pula yang dinyatakan tidak lolos lantaran satu dan lain hal. Mulai dari ketinggalan informasi sampai dengan kurang melakukan persiapkan semenjak dini. Untuk itu para pemburu beasiswa bisa menerapkan sejumlah cara sebagai acuan dalam memperoleh beasiswa Bidikmisi seperti berikut:

Syarat Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi

Bagi para pemburu beasiswa agaknya perlu melengkapi sejumlah persyaratan untuk bisa mendapatkannya. Hal ini pun yang terjadi pada beasiswa Bidikmisi yang juga menetapkan beberapa persyaratan bagi calon penerimanya. Adapun syarat tersebut merupakan salah satu cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi yang perlu penuhi. Untuk penjabaran dari syarat tadi adalah seperti berikut:

  • Syarat pertama yaitu calon penerima beasiswa merupakan siswa SMA ataupun sederajat yang lulus di tahun yang sama saat mendaftar.
  • Apabila siswa yang mendaftar beasiswa Bidikmisi merupakan lulusan satu tahun sebelumnya. Maka masih diperbolehkan untuk mendaftar dengan sejumlah syarat. Diantaranya seperti bukan penerima beasiswa Bidikmisi serta tidak berlawanan dengan penerimaan mahasiswa baru yang telah ditentukan oleh pihak PTN terkait.
  • Umur pendaftar beasiswa maksimal yaitu 21 tahun.
  • Syarat berikutnya yaitu pendaftar berstatus sebagai warga yang kurang mampu dengan sejumlah kategori. Pertama pendapatan kotor dari gabungan wali sekitar 3 juta rupiah, lalu kedua yaitu pendapatan wali yang telah dilakukan pembagian terhadap anggota keluarga sekitar 750 ribu rupiah. Terakhir yaitu tingkat pendidikan orang tua maksimal adalah S1 atau D4.

Prosedur Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi

Selain syarat, pendaftar beasiswa Bidikmisi juga perlu memenuhi sejumlah prosedur yang sudah ditentukan oleh pihak terkait. Adapun tujuannya tidak lain yaitu supaya tidak salah tahapan dalam melakukan proses pendaftaran. Dimana prosedur yang dimaksud diawali dengan melakukan pendaftaran lewat laman resmi Bidikmisi. Untuk informasi selebihnya adalah seperti berikut:

  • Pertama-tama pendaftar perlu melakukan masuk di laman resmi dari Bidikmisi guna melakukan proses pendaftaran.
  • Nantinya pendaftar yang dinyatakan sudah memenuhi berbagai macam persyaratan bakal mendapatkan kartu pendaftar Bidikmisi.
  • Sesudah itu siswa selaku pihak pendaftar dapat melanjutkan pada tahap berikutnya.
  • Akan tetapi apabila pendaftar yang berangkat dinyatakan tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi melalui jalur undangan. Maka pendaftar tersebut bisa menjalani seleksi dalam kategori SBMPTN secara cuma-cuma atau gratis.

Secara umum proses pendaftaran beasiswa Bidikmisi ini dapat dilakukan oleh siswa dengan dua cara yang berbeda. Dimana cara yang pertama yaitu dilakukan oleh pihak sekolah, sedangkan cara yang kedua yaitu dilakukan dengan cara online.

Nantinya pihak dari Ditjen Belmawa bakal melakukan tahap verifikasi data dalam waktu 1 x 24 jam. Pihak sekolah baru dapat melakukan proses login apabila data telah diverifikasi. Nantinya pihak sekolah juga bakal memperoleh nomor pendaftaran atau bisa juga disebut dengan kode akses.

Demikian pembahasan terkait cara mendapatkan beasiswa Bidikmisi uang peluang diketahui oleh siswa. Terutama yang memang ingin melanjutkan pendidikan di kampus idaman namun terkendala akan biaya, maka bisa mencoba mendaftar beasiswa ini. Akan tetapi perlu diketahui bahwa terdapat ketentuan serta syarat yang diberlakukan supaya bisa memperoleh beasiswa Bidikmisi. Untuk itu persiapan sejak dini perlu dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.