Beasiswa untuk SMA Kelas 11 ke Luar Negeri

Supaya bisa mendapatkan beasiswa untuk SMA kelas 11 ke luar negeri tentu terdapat beberapa syarat serta prosedur yang harus diketahui. Beasiswa merupaka impian yan diidam-idamkan oleh setiap pelajar pastinya, terlebih lagi beasiswa luar negeri. Berikut berbagai hal yang harus dipahami oleh setiap peserta agar bisa mendapatkannya yaitu:

Pilihan Beasiswa untuk SMA kelas 11 ke luar Negeri Terkini

Bagi yang tengah menempuh pendidikan di jenjang SMA dan sedang mencari peluang untuk ke belajar di luar negeri? Banyak sebenarnya beasiswa yang tersebar dan bisa diikuti, namun para siswa diharuskan mencari informasi dengan teliti. Nah, berikut ini ada beberapa beasiswa yang bisa diikuti diantaranya yaitu:

  • GoEnnounce.
  • Brandon Goodman di Kanada.
  • United World College Scholarships.
  • Beasiswa Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Itulah beberapa beasiswa yang bisa di apply oleh para siswa yang memang ingin mempunyai pengalaman belajar di luar negeri. Pencarian berbagai sumber informasi lainnya juga bisa diperoleh dengan membuka laman resmi pemberi beasiswa. Baca dan pahami lebih detail program beasiswa yang ditawarkan tersebut.

Prosedur pendaftaran

Setelah keseluruhan syarat yang diperlukan untuk mendaftarkan diri selesai, maka selanjutnya untuk mengetahui prosedurnya. Terdapat beberapa langkah yang harus diikuti supaya bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Berikut beberapa tahapan yang bisa dilakukan yaitu:

  • Melakukan pendaftaran secara online sesuai dengan situs atau web beasiswa yang akan dilamar.
  • Menunggu hasil penyaringan aplikasi oleh komite nasional berdasarkan kriteria.
  • Mengikuti wawancara dan penilaian yang dilakukan secara online bagi yang dinyatakan lulus.

Persyaratan Beasiswa yang Harus Dipenuhi

Dalam mengikuti setiap program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta di luar negeri ada yang namanya persyaratan. Setiap calon peserta yang ingin mendapatkan beasiswa wajib untuk melengkapi setiap syarat yang diajukan. Berikut beberapa persyaratan mutlak yang biasanya diberikan diantaranya yaitu:

1. Merupakan WNI

Syarat wajib yang pertama, pendaftar merupakan warga negara Indonesia yang terdaftar. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan KTP, akta lahir atau keterangan kartu keluarga. Lampiran bukti tersebut dapat disesuaikan dengan usia peserta, jika belum berusia legal maka bisa melampirkan dokumen selain KTP.

2. Telah Berusia 16 Hingga 18 Tahun

Berikutnya para peserta yang bisa mengajukan permohonan beasiswa pun diseleksi berdasarkan usianya. Minimal usia dari peserta yang bisa berpartisipasi sekurang-kurangnya yaitu 16 tahun. Nah, untuk batas usia maksimalnya sendiri adalah 18 tahun pada saat melakukan pendaftaran.

3. Terdaftar Dalam Jenjang Pendidikan

Bagi peserta yang ingin mengikuti program beasiswa di luar negeri harus terdaftar dalam jenjang pendidikan tertentu. Hal tersebut bisa dilampirkan dengan memberikan lampiran surat keterangan dari pimpinan sekolah. Nah, setidaknya setiap peserta yang mendaftar sudah berada pada jenjang:

  • Berada di kelas 11 atau 12 bagi yang menggunakan kurikulum nasional.
  • Untuk sekolah yang memakai kurikulum Internasional bisa dimulai sejak kelas 10.

4. Mempunyai Nilai yang Baik

Terakhir syarat yang bisa menentukan seseorang bisa memperoleh beasiswa yaitu nilai yang diperolehnya. Seorang peserta yang ingin mendaftarkan dirinya untuk beasiswa luar negeri harus mempunyai nilai tinggi atau sesuai dengan kriteria. Pencapaian rata-rata nilai minimal yang harus dimiliki yaitu 8 dari 10, atau B jika skala penilaian menggunakan huruf.

Setiap syarat yang diajukan oleh instansi atau lembaga pemerintah yang memberikan beasiswa, biasanya berbeda-beda. Namun pada umumnya syarat administrasi beasiswa yang diberikan hampir serupa. Hal yang membedakannya biasanya lebih menjurus kepada bidang atau visi misi yang diberikan oleh penyelenggara.

Demikianlah penjelasan terkait syarat serta prosedur mendapatkan beasiswa untuk SMA kelas 11 ke luar negeri yang bisa diketahui. Banyaknya keterbukaan informasi beasiswa memeberikan peluang kepada para pelajar yang tertarik dengan beasiswa tersebut. Selain itu, kehadiran website terkait informasi beasiswa mudah diakses, sehingga memberikan peluang besar untuk mendapatkannya.

2 thoughts on “Info Beasiswa untuk SMA Kelas 11 ke Luar Negeri Lengkap!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.