Beasiswa untuk Mahasiswa Semester 3

Saat sudah menginjak semester tiga di bangku perkuliahan, bukan berarti persoalan biaya bukan yang utama. Justru pada semester ini, biaya yang dibutuhkan akan semakin besar. Lalu bagaimana menyiasatinya? Mencari beasiswa untuk mahasiswa semester 3 adalah salah satu alternatif solusi yang bisa dilakukan.

Saat ini, beasiswa yang bisa dipilih ada banyak. Jika bisa mempersiapkan semuanya dengan baik, bukan tidak mungkin beasiswa akan didapat sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui ada beasiswa apa saja, maka akan dirinci secara detail. Simak beberapa beasiswa di bawah ini yang bisa dijadikan tujuan:

1. Beasiswa Cargill Global

Jenis rekomendasi beasiswa yang pertama adalah beasiswa Cargill Global. Dengan jenis beasiswa ini, maka penerima akan mendapat 2.500 dolar untuk satu tahun. Besaran ini bisa dimanfaatkan untuk pembiayaan pendidikan yang sedang berlangsung. tidak hanya bantuan biaya, namun pendampingan tentang kepemimpinan juga akan didapat dari Cargill.

Namun tidak semua perguruan tinggi menerima mahasiswa dengan beasiswa ini. Setidaknya hanya ada sekitar 10 perguruan tinggi yang bekerja sama dengan program ini. Jika masih menempuh semester satu atau dua, maka tidak bisa mendaftar beasiswa ini. Program satu ini memang dikhususkan untuk mahasiswa tingkat kedua saja.

2. Beasiswa PSBB

Beasiswa PSBB atau yang biasa dinamai beasiswa Pemuda Semangat Bantu Bangsa adalah salah satu pilihan lainnya. Melalui beasiswa ini, maka mahasiswa bisa mendapat biaya dukungan pendidikan sebesar 400 ribu rupiah untuk setiap bulannya. Selama program berlangsung, tentunya ada banyak kegiatan yang bisa diikuti.

Mulai dari membantu panti asuhan, pesantren, masjid, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Untuk benefit yang didapat tentunya bukan hanya uang, tapi juga berbagai komponen lain. Mulai dari mentor, pelatihan pengembangan diri, hingga pendampingan menulis. Semua ini bisa didapat hanya dengan satu program beasiswa saja.

3. Beasiswa BSI Scholarship

Beasiswa untuk mahasiswa semester 3 yang ketiga ada BSI Scholarship. Dalam programnya, beasiswa ini dibagi menjadi dua kategori berbeda. Pertama adalah kategori Inspirasi yang fokus untuk pemerataan pendidikan. Sedangkan yang kedua adalah kategori prestasi yang fokus untuk mahasiswa dengan prestasi yang baik.

Benefit utama yang akan didapat mahasiswa adalah bantuan pendidikan sebesar 3 juta rupiah untuk empat semester. Selain dana pendidikan, benefit lain yang akan diperoleh adalah berbagai program pembinaan, pembangunan karakter, serta keikutsertaan dalam projek sosial. Kesempatan magang juga akan terbuka lebar ke Bank Syariah Indonesia.

4. Beasiswa Forkompi

Beasiswa Forkompi adalah jenis beasiswa yang diluncurkan oleh organisasi mahasiswa Poltekkes Indonesia. Tujuan utama dari peluncuran beasiswa ini adalah untuk membantu dana pendidikan mahasiswa semester tiga hingga tujuh yang kesulitan. Namun yang bisa mendaftar program ini hanya mahasiswa Poltekkes saja.

Benefit yang akan diberikan bukan hanya dana pendidikan, namun juga ada pelatihan yang tentunya bermanfaat untuk mahasiswa. Pelatihan ini diberikan dalam kelas private yang tentunya bisa fokus untuk diikuti. Sehingga tidak hanya bantuan dana, namun juga pengembangan skill juga diberikan secara menyeluruh.

5. Beasiswa Hadji Kalla

Untuk beasiswa ini, benefit yang diberikan juga beragam. Mulai dari biaya UKT setiap semester, bantuan uang untuk biaya hidup, dan berbagai kegiatan pendampingan. Jalur masuk beasiswanya sendiri juga banyak. Ada jalur akademik satu dan dua, jalur prestasi, jalur disabilitas, jalur organisasi, dan jalur hafiz.

Inilah beberapa rekomendasi beasiswa untuk mahasiswa semester 3 yang bisa diikuti. Setiap beasiswa tentunya memiliki mekanisme tersendiri untuk pendaftarannya. Agar diterima saat seleksi, maka pastikan segala komponennya benar-benar dipenuhi. mulai dari syarat hingga prosedur yang akan dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.