Beasiswa untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Saat ini, kuliah merupakan suatu komponen penting yang harus ditempuh. Hal ini dikarenakan banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan perguruan tinggi. Namun, besarnya biaya kuliah merupakan persoalan utama. Permasalahan ini sebenarnya bisa diatasi dengan mencari beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu yang berasal dari berbagai sumber.

Mendapat beasiswa memang bukan perkara mudah. Namun dengan mendapat beasiswa, maka persoalan biaya tidak perlu dipikirkan lagi. Bagi mahasiswa atau calon mahasiswa yang sedang mencari beasiswa ini, maka daftar referensi sangat diperlukan. Simak daftar beasiswa yang ada di bawah ini untuk mengetahuinya:

1. Kartu Indonesia Pintar

Beasiswa pertama yang direkomendasikan adalah beasiswa Kartu Indonesia Pintar. Sebenarnya, beasiswa ini adalah pengganti dari beasiswa Bidikmisi yang sebelumnya sudah diluncurkan. Sumber dana dari beasiswa ini adalah dari pemerintah dan dikhususkan untuk mahasiswa atau calon mahasiswa yang kurang mampu.

Seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang terdaftar pastinya bisa dimasuki dengan beasiswa ini. Syarat pengajuannya tergolong banyak, mulai dari kondisi finansial hingga nilai akademik. Lalu untuk pembiayaan, mahasiswa akan mendapat biaya pembayaran UKT dan biaya hidup untuk setiap bulannya.

2. Djarum Beasiswa Plus

Selain sumber dana pemerintah, beasiswa lain juga bisa didapat dari pihak swasta. Misalnya Djarum Beasiswa Plus yang tergolong sudah lama meluncurkan program beasiswa. Jenis beasiswa ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki potensi besar untuk berprestasi di masing-masing bidangnya.

Jadi bukan hanya dari segi ekonomi yang kurang, prestasi juga masih dijadikan komponen utama dalam proses seleksinya. Dana yang diberikan langsung ditujukan pada mahasiswa dengan besaran 1 juta rupiah untuk satu bulan. Program ini berjalan selama satu tahun yang diisi dengan tambahan kegiatan untuk menunjang soft skill.

3. Quipper Scholarship Award

Beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu yang ketiga diberikan oleh Quipper. Platform belajar Quipper telah meluncurkan program beasiswa sebagai program bantuan. Program beasiswa ini memang belum lama diluncurkan, yaitu sejak tahun 2020. Kendati demikian, banyak pihak yang tertarik pada jenis beasiswa ini karena memberi pilihan yang bisa dimanfaatkan.

Ada dua jenis beasiswa yang bisa didapat. Pertama ada beasiswa penuh hingga masa kuliah selesai, kemudian ada beasiswa sebagian berupa diskon hingga 75 persen. Banyak perguruan tinggi yang yang bekerja sama dengan program ini. Dengan demikian, maka mahasiswa kurang mampu juga memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswanya.

4. Beasiswa BCA

Bank BCA juga tidak mau kalah dalam bidang pembiayaan pendidikan. Melalui program beasiswa yang diusungnya, Bank BCA menawarkan berbagai jenis bantuan yang bisa didapat mahasiswa. Mulai dari biaya kuliah, uang saku, buku pelajaran, laptop, tempat tinggal, makan siang, dan fasilitas yang lainnya.

Namun jika mendaftar beasiswa ini, maka tidak bisa masuk ke sembarang perguruan tinggi. Calon mahasiswa hanya bisa memilih program Perbankan atau program Informatika. Dua program ini akan dilangsungkan di BCA Learning Institute selama dua tahun setengah. Jika sudah menyelesaikan program, maka kesempatan magang bisa didapatkan.

5. Beasiswa Kepemimpinan Teladan

Kemudian ada juga beasiswa Kepemimpinan Teladan yang memberi biaya penuh hingga program studi selesai. Bahkan biaya hidup juga akan diberikan untuk menunjang keberlangsungan program. Untuk mendapatkan beasiswa ini, maka hanya ada sembilan perguruan tinggi yang bisa dipilih yang juga masuk dalam mitra Tanoto Foundation.

Itulah lima beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu yang bisa dipilih. Semua beasiswa tentunya memiliki program-program atau kegiatan yang bisa menunjang pembelajaran. Pembiayaannya juga berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mendaftar satu program pastikan untuk mengecek semua jenis beasiswa yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.