Beasiswa Sekolah Dasar Berprestasi

Bagi siswa sekolah dasar berprestasi kini bisa mendapatkan bantuan untuk meringankan biaya sekolah berupa beasiswa. Dengan beasiswa Sekolah Dasar berprestasi, siswa tidak mampu dan berasal dari keluarga kelas ekonomi ke bawah tidak akan kesulitan membayar biaya sekolah dan membeli berbagai keperluan alat tulis. 

Seberapa Penting Beasiswa untuk Siswa?

Beasiswa Sekolah Dasar berprestasi diperuntukkan bagi siswa berprestasi sekolah dasar. Tujuan dari pemberian beasiswa tidak lain adalah untuk membantu meringankan orang tua dalam memenuhi kebutuhan siswa untuk sekolah.

Bagi siswa yang sekolah di sekolah swasta tentunya akan dibebaskan biaya bulanan atau SPP. Sementara itu, beasiswa untuk pelajar yang sekolah di sekolah negeri biasanya akan diberikan uang saku supaya kebutuhan siswa seperti membeli buku dan alat tulis tetap dapat dipenuhi.

Jika ditanya apakah beasiswa itu penting? Jawabannya tentu saja penting bagi yang membutuhkan. Meskipun saat ini pemerintah sudah banyak memberikan bantuan untuk pendidikan masyarakat, tetapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat tidak mampu yang kesulitan membiayai sekolah anaknya.

Nah, disinilah peran penting beasiswa. Selain untuk membantu meringankan biaya sekolah beasiswa juga dapat dilihat sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa berprestasi. 

Daftar Beasiswa Sekolah Dasar

Ada beberapa program beasiswa yang bisa diakses oleh siswa berprestasi.  Beasiswa ini diprakarsai oleh beberapa lembaga sehingga perusahaan yang memiliki program Tanggung Jawab Sosial. Berikut beberapa beasiswa untuk siswa SD hingga SMA:

1. Leads Indonesia

Beasiswa yang disediakan oleh lembaga Leads Indonesia Foundation ini membuka pendaftaran untuk beasiswa sejak November 2021 lalu. Beasiswa ini tidak hanya diperuntukkan bagi siswa SMA sederajat untuk bisa kuliah, tetapi juga diperuntukan bagi siswa SD berprestasi.

2. Beasiswa PPKM

Program beasiswa PPKM yang berarti pertolongan pendidikan kepada muda-mudi merupakan program yang didirikan oleh Rumah Millennials. Beasiswa ini menjanjikan pembayaran untuk keperluan sekolah dengan nilai Rp500 ribu sampai Rp1 juta kepada siswa berprestasi. Selain itu program beasiswa ini juga menawarkan pelatihan untuk pengembangan diri sehingga siswa berprestasi terpilih bisa lebih mengembangkan potensi dirinya. 

3. Beasiswa DataPrint

DataPrint yang merupakan produsen tinta juga menyediakan beasiswa untuk para pelajar yang berprestasi. Adapun beasiswa yang akan diberikan oleh dataprint yaitu berupa sejumlah dana untuk pelajar berprestasi yang terpilih.

DataPrint akan menilai pelajar mana yang berhak mendapatkan beasiswa. Aspek penilaian meliputi essay yang dikirimkan oleh pelajar berprestasi serta potensi diri. Dana yang diberikan DataPrint mulai dari Rp400 ribu hingga Rp1 juta untuk satu kali pemberian. 

4. Beasiswa Pandan College

Pandan college adalah lembaga yang sering mengadakan beasiswa. Pelajar SD berprestasi yang terpilih nantinya akan diberikan dana beasiswa dengan nominal Rp 250 ribu per bulan dalam 1 tahun. Dana beasiswa tersebut dapat digunakan dengan bebas oleh pelajar tanpa ada kewajiban apapun terhadap Pandan College.

5. Beasiswa Sampoerna

Hampir setiap tahun Sampoerna Foundation menyediakan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan dana pendidikan. Sampoerna foundation melihat bahwa saat ini mahalnya biaya pendidikan masih menjadi masalah yang dirasakan banyak masyarakat di Indonesia. Bahkan tidak sedikit juga masyarakat yang harus putus sekolah.

Masyarakat tidak mampu merasa tidak sanggup memenuhi keperluan untuk sekolah mulai dari biaya SPP, buku, alat tulis, dan uang saku. Sampoerna Foundation akan memberikan dana beasiswa berupa uang saku dan biaya SPP bagi siswa berprestasi. Setelah mendaftar pihak kepala kondisi nantinya akan melakukan penilaian terkait dengan prestasi dan potensi diri yang dimiliki oleh siswa. 

Itulah daftar beasiswa Sekolah Dasar berprestasi. Beasiswa tersebut diperuntukan bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan dana pendidikan. Dengan adanya beasiswa pendidikan diharapkan dapat mengurangi jumlah siswa yang kesulitan membayar biaya sekolah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.