Beasiswa S3 dalam Negeri untuk Umum

Tingkat pendidikan strata tiga atau yang biasa dinamai S3 merupakan suatu tingkatan pendidikan yang tinggi. Dengan menempuh pendidikan di tingkat ini, maka gelar yang bisa diraih ada banyak jenisnya. Namun untuk menempuhnya, biayanya tidak sedikit. Solusi terbaiknya adalah mencari beasiswa S3 dalam negeri untuk umum yang sumbernya dari berbagai pihak.

Dengan mencari beasiswa, maka dana pendidikan akan diberikan selama proses perkuliahan berlangsung. Saat ini sudah ada banyak pihak yang menyediakan beasiswa untuk tingkatan pendidikan ini. Penasaran beasiswa apa saja yang bisa dimanfaatkan? Simak beberapa jenis beasiswa yang ada di bawah ini:

1. Beasiswa 5000 Doktor

Rekomendasi pertama adalah beasiswa 5000 Doktor yang diluncurkan oleh Kementerian Agama. Karena diluncurkan oleh badan ini, maka pendaftarnya dikhususkan untuk pihak yang bekerja di lingkungan Direktorat Pendidikan Pendidikan Islam. Baik itu PTKI, PTKIN, PNS, maupun dosen di dalamnya.

Jika mendapat beasiswa ini, maka benefit yang didapat adalah bantuan dana untuk masa perkuliahan selama tiga tahun. Baik itu biaya pendidikan, maupun biaya hidup semua akan diberikan. Namun untuk mendapatkannya, ada berbagai syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari nilai, lolos seleksi, dan beberapa syarat penting lainnya.

2. Doctor of Science in Management Scholarship

Untuk program beasiswa yang kedua, ada program yang diluncurkan oleh Institut Teknologi Bandung. Beasiswa ini hanya dibuka untuk jenjang S3 di Fakultas Bisnis dan Manajemen saja. Selain itu, hanya ada tiga kursi yang disediakan. Dengan demikian, persaingan pada proses seleksinya juga akan sangat tinggi.

Dalam satu program, bantuan dana yang diberikan adalah sebesar 150 juta untuk satu orang selama tiga tahun. Sedangkan untuk biaya hidup, akan diberikan sebesar 2,5 juta rupiah untuk satu bulannya. Benefitnya tidak hanya itu saja. Ada juga ruang kerja yang akan diberikan dalam kampus yang tujuannya untuk menunjang kegiatan penelitian.

3. Beasiswa PMDSU

Beasiswa S3 dalam negeri untuk umum selanjutnya adalah beasiswa PMDSU. Jika mengikuti program beasiswa ini, maka ada banyak kategori kampus di Indonesia yang bisa dipilih. Mulai dari IPB, ITB, ITS, UGM, UI, dan berbagai perguruan tinggi lain yang tentunya memiliki kualitas mumpuni di masing-masing bidang.

Untuk benefitnya sendiri, tentunya ada banyak yang bisa didapatkan. Ada biaya riset maksimal 60 juta pertahun, fasilitas untuk riset, tunjangan biaya seminar, biaya UKT, biaya hidup, dan biaya akomodasi lainnya. Semua bantuan ini bisa didapat dalam satu program saja. Sehingga sangat sayang jika harus dilewatkan.

4. Beasiswa IsDB

Beasiswa Islamic Development Bank atau yang biasa dinamai IsDB adalah beasiswa yang dikhususkan untuk pelajar di negara anggota IsDN. Kebetulan, Indonesia merupakan salah satu negara anggota. Sehingga pihak yang berasal dari Indonesia bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan jenjangnya.

Untuk jenis beasiswa ini, ada banyak kategori yang bisa dipilih. Sedangkan untuk benefitnya, tentunya sangat lengkap apalagi untuk jenjang S3. Komponen pembiayaannya ada biaya kuliah penuh, biaya hidup, biaya berobat, dan tiket pesawat pulang pergi. Dengan adanya rincian ini, maka bisa dipastikan kalau komponen pembiayaannya sangatlah lengkap.

5. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Rekomendasi beasiswa yang terakhir adalah beasiswa yang bersumber dari kemendikbud. Melalui jenis beasiswa ini, tentu ada banyak sekali benefit yang akan didapatkan. Program ini memang dikhususkan untuk jenjang pendidikan di dalam negeri. Sedangkan untuk syaratnya, tentu ada banyak rincian yang harus dilengkapi terutama transkrip nilai.

Itulah deretan beasiswa S3 dalam negeri untuk umum yang bisa diikuti. Setiap program tentunya menawarkan benefit yang berbeda-beda. Namun tentunya semua jenis beasiswa di atas akan sangat membantu karena menawarkan banyak benefit yang menjanjikan. Maka dari itu, pastikan untuk menyiapkan syarat dengan baik agar lolos salah satu jenis beasiswanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.