Beasiswa Pesantren Tingkat SMP

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar santri mendapatkan beasiswa pesantren tingkat SMP. Beberapa trik berikut ini biasanya yang menjadi pedoman pemberi beasiswa untuk memilih santri yang berhak mendapatkannya. Sehingga, ada baiknya jika para santri mempersiapkan hal ini lebih awal. Adapun trik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan beasiswa pesantren di tingkat SMP ini, diantaranya:

1. Hafalkan Al-Qur’an Minimal 5 Juz

Setiap santri yang berkeinginan untuk mendapatkan beasiswa selama di pesantren untuk tingkat SMP, usahakan telah memiliki hafalan minimal 5 juz. Hafalan tersebut boleh berupa jus yang berurutan ataupun tidak berurutan. Namun, sebaiknya kuasai dan hafalkan dahulu seluruh surah di juz 30. Selain itu, surat Al-Baqarah hingga Ali Imran. Utamakan hafalan di surah tersebut.

Karena pada surah-surah tersebut yang biasanya menjadi nilai tambah bagi santri yang hendak mendaftar beasiswa. Hafalan tersebut bukan hanya sekedar hafal saja. Namun, pastikan seluruh makhroj huruf, hukum bacaan, dan irama bacaannya yang sempurna. Dengan begitu, santri tersebut akan memiliki nilai tambah tersendiri.

2. Kuasai Tulis-Menulis Dalam Bahasa Arab

Bagi seorang santri, tulis menulis dalam bahasa arab tentu bukanlah hal yang sulit lagi. Karena materi tersebut sudah menjadi makanan sehari-harinya. Namun pastikan saat akan melakukan tes tulis menulis dalam bahasa arab ini, setiap santri telah benar-benar siap. Baik persiapan alat tulis, maupun keahliannya.

Tes tulis menulis dalam bahasa arab ini hanya terdapat di beberapa persyaratan beasiswa tertentu saja. Tidak semua persyaratan beasiswa pesantren tingkat SMP melakukan tes ini sebagai salah satu penyaringannya. Namun, ada baiknya sejak awal para santri yang ingin mendaftar beasiswa untuk mempersiapkannya secara matang.

3. Tingkatkan Pengetahuan Umum

Memang pesantren sangatlah mengutamakan pendidikan akhlak dan adab dari santrinya. Namun, jangan remehkan juga mengenai pengetahuan umumnya. Selaraskan pengetahuan umum dan pengetahuan akhirat bagi setiap santri. Karena tentunya pengetahuan umum ini juga sangat berguna ketika santri telah terjun di masyarakat.

Bukankah Allah SWT juga telah mewajibkan setiap muslim untuk belajar tanpa ada batasannya? Jadi, sebaiknya jangan hanya berfokus satu ilmu saja, namun pelajari ilmu lain juga. Ketika santri ingin mendapatkan beasiswa secara penuh ini, maka sebaiknya selaraskan kemampuan pengetahuan umum dengan agamanya.

4. Miliki Sertifikat Prestasi Akademik/Non Akademik

Untuk lebih dapat memiliki peluang yang besar agar diterima beasiswa ini, ada baiknya jika memiliki sertifikat prestasi juga. Sertifikat prestasi ini bisa dibidang akademik maupun non akademik juga. Atau bahkan mungkin santri tersebut pernah mengikuti perlombaan hafalan di tingkat tertentu dan berhasil menjadi juara, maka bisa melampirkannya juga.

Tak ada batasan untuk minimal ataupun maksimal sertifikasi prestasi yang dimiliki. Hanya saja tentu lebih baik jika setiap santri yang hendak mendaftar beasiswa ini untuk memiliki banyak sertifikat prestasi. Bukankah itu akan menjadi nilai tambah serta pembeda dari pendaftar lainnya?

5. Pastikan Nilai Rata-Rata Rapor Lebih Dari 80

Selain mengoptimalkan usaha akhirat, optimalkan juga usaha di dunianya. Maka dengan pengoptimalan kedua dimensi ini, tentu akan menimbulkan hasil yang sangat dahsyat. Bagi setiap santri yang ingin mendaftar beasiswa ini, pastikan mempunyai nilai rata-rata lebih dari 80. Nilai ini adalah rata-rata keseluruhan dari seluruh mata pelajaran selama minimal 3 semester.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa beasiswa dengan persyaratan nilai rata-rata minimal 80 di mata pelajaran wajib. Adapun mata pelajaran wajib ini diantaranya matematika, bahasa Indonesia, IPA, IPS, serta bahasa inggris. Namun, lebih baik optimalkan nilai di seluruh mata pelajaran tersebut.

Itulah beberapa trik untuk mendapatkan beasiswa pesantren tingkat SMP yang bisa membuat santri memiliki peluang besar diterimanya. Persiapkan seluruh hal tersebut jauh-jauh hari, karena tentu seluruh trik tersebut tidak dapat dilakukan dalam semalam saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.