Beasiswa Pertamina Untuk SMP

Pertamina menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan beasiswa kepada ribuan pelajar di Indonesia. Tentunya besaran biaya yang dikeluarkan bisa dibilang sangat fantastis dan berdampak positif bagi pendidikan Indonesia. Beasiswa Pertamina untuk SMP pun diberikan kepada para putra-putri terbaik dengan nilai di atas rata-rata.

Setiap tahun, cabang Pertamina di setiap daerah di Indonesia melakukan sosialisasi mengenai beasiswa satu ini dan berharap banyak anak-anak berminat mendapatkannya. Namun untuk itu, Pertamina menetapkan seleksi yang begitu ketat agar bisa menyaring calon penerima dengan seadil mungkin. Berikut adalah informasi lengkapnya:

Mengenal Apa Itu Beasiswa Pertamina

Beasiswa Pertamina ini merupakan sebuah program pemberian dana pendidikan dari perusahaan. Pengelolaannya pun dilakukan secara mandiri oleh pihak-pihak Pertamina itu sendiri. Beasiswa ini pun pada umumnya akan diberitahukan secara tertutup dan bahkan hanya ada di situs website resminya saja.

Nantinya, penerima beasiswa akan disebut sebagai Anak Pertamina dan berhak mengenyam pendidikan dengan dana 100 persen gratis. Beberapa keunggulannya adalah berupa memberikan akses pendidikan bagi siswa kurang mampu, meningkatkan kualitas pendidikan, hingga memacu siswa mendapatkan nilai tinggi. Tidak hanya itu, tujuannya yaitu untuk menstimulasikan kepedulian anak muda terhadap lingkungan melalui pelatihan.

Salah satu beasiswa Pertamina untuk SMP yang bisa didapatkan adalah Beasiswa Sobat Bumi. Ketentuan yang diberlakukan adalah untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang peduli pada lingkungan, serta melestarikan dan menjadi pelopor bumi hijau. Selain itu, kerja sama Pertamina dengan beberapa Perguruan Tinggi pun diharapkan bisa mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Cara Memperoleh Beasiswa Pertamina Untuk Smp

Untuk memperoleh beasiswa Pertamina yang dikhususkan untuk SMP, maka perlu mengetahui bagaimanakah caranya. Berikut adalah beberapa langkah perlu ditempuh, yaitu antara lain:

1. Memastikan Sekolah Masuk Daftar Penerima Beasiswa

Langkah pertama yaitu pastikan bahwa sekolah atau SMP tempa belajar siswa masuk ke dalam daftar penerima beasiswa Pertamina. Pada umumnya, situs resmi untuk beasiswa ini akan mencantumkan sekolah mana saja yang berkesempatan diberikan beasiswa satu ini. Tentunya dibarengi dengan berbagai persyaratan sesuai ketentuan penerimaan.

2. Melengkapi Syarat Beasiswa Pertamina

Barulah langkah berikutnya agar bisa mendapatkan beasiswa Pertamina untuk SMP ini adalah melengkapi apa saja persyaratannya. Misalnya seperti berikut ini, yaitu:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Seorang siswa berstatus aktif
  • Tidak mendapatkan beasiswa lainnya
  • Pelajar/ Siswa dari sekolah mitra Pertamina Foundation
  • Memiliki nilai rapor yang baik
  • Berkelakuan baik dan tidak terlibat kasus kriminal
  • Memiliki kecintaan terhadap lingkungan
  • Mampu mengontrol emosi dan bisa bersosialisasi terhadap lingkungan
  • Memiliki komitmen untuk bisa meningkatkan sinergi kelestarian lingkungan

3. Mengisi Dokumen Pendaftaran Beasiswa

Setelah itu, pastikan mengisi dokumen pendaftaran beasiswa sesuai ketentuan yang berlaku. Beberapa diantaranya yaitu mengisikan formulir secara online di website resmi beasiswa pertamina, melampirkan identitas pribadi seperti KTP, KK dan Kartu Pelajar, hingga rapor sekolah. Serta, lengkapi pula dengan SKCK dan berbagai surat rekomendasi dari organisasi lingkungan sebagai dokumen penunjangnya.

Tidak lupa pula, beasiswa Sobat Bumi juga mewajibkan para calon penerima beasiswa menyiapkan esai tentang lingkungan hidup yang ditulis sendiri dan bukan plagiat. Barulah ajukan permohonan dan tunggu hingga pengumuman penerimaan beasiswa.

Demikian ulasan mengenai beasiswa Pertamina untuk SMP yang perlu diketahui. Jika berminat mengajukan permohonan beasiswa, maka pastikan telah melengkapi persyaratan serta memenuhi kualifikasi yang diberikan. Semoga bermanfaat dan tetap 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.