Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Selain beasiswa KIP Kuliah dan LPDP, ada beasiswa peningkatan prestasi akademik yang juga diberikan oleh pemerintah. Program beasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Ingin tahu lebih jauh mengenai program beasiswa PPA ini? Untuk lebih jelasnya simak uraian lebih rincinya dibawah ini!

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik Apakah Itu?

Beasiswa peningkatan prestasi akademik ini ditujukan untuk mahasiswa aktif pada tingkat diploma maupun sarjana. Pemberian dana beasiswa ini diberikan selama satu tahun penuh dengan alokasi dana setiap semester. Dana beasiswa ini diberikan sebesar Rp600.000 per bulan yang diberikan secara langsung dalam tiap semester.

Penerima beasiswa ini haruslah mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang lebih dari mahasiswa lainnya. Hal ini dibuktikan dari perolehan prestasi selama masa studi yang telah dilewati. Bisa juga dengan menunjukkan kemampuan khusus yang dimiliki, seperti kemampuan bahasa asing (selain bahasa inggris), IT Technology, dsb.

Namun, bukan berarti mahasiswa yang belum memiliki prestasi ataupun kemampuan diatas, juga tetap diperbolehkan untuk mendaftar. Hanya saja, untuk meningkatkan peluang diterimanya, mahasiswa tersebut harus menyediakan proposal penelitian sebagai bahan pertimbangan.

Cara Mendaftar Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Apabila mahasiswa merasa tertarik untuk menjadi penerima dari beasiswa ini, bisa segera mencari informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran beasiswa tersebut. Ingin tahu bagaimana cara untuk mendaftar dari beasiswa PPA ini? Simak penjelasan secara rinci di bawah ini!

1. Cari Informasi Pembukaan Pendaftaran

Perlu diketahui bahwa dua tahun terakhir, yakni tahun 2020 dan 2021 pendaftaran beasiswa PPA ini terpaksa ditiadakan. Hal ini dikarenakan program pemerintah yang sedang memfokuskan penanganan pandemic covid-19. Sehingga, dengan terpaksa program beasiswa PPA ini sementara waktu ditiadakan. Namun, untuk pendaftaran di tahun 2022 ini masih belum dapat dipastikan.

Butuh olah data Penelitian Skripsi Tesis Disertasi? Hubungi kami Gamastatistika

Untuk mengetahui pembukaan pendaftaran ini, para mahasiswa yang hendak mendaftar bisa terus memantau kapan pastinya pembukaan pendaftaran ini. Namun, bagi mahasiswa yang berniat mendaftar beasiswa PPA ini, bisa mengikuti pendaftaran beasiswa PPA dari pihak swasta seperti Bank BCA.

Untuk beasiswa PPA yang asli dari pemerintah biasanya pihak kampus juga akan menyampaikan informasi mengenai hal ini. Karena pendaftaran beasiswa PPA dari pemerintah ini dilakukan melalui perantara pihak kampus masing-masing.

2. Ketahui Kriteria Pendaftar

Beasiswa peningkatan prestasi akademik ini diberikan hanya kepada mahasiswa tertentu saja. Sehingga, pastikan diri peserta sesuai dengan kriteria yang disyaratkan. Adapun kriteria mahasiswa yang diperbolehkan untuk mendaftar beasiswa PPA diantaranya:

  • Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di PTN/PTS yang membuka bantuan untuk biaya PPA di bawah naungan Kemenristekdikti.
  • Calon pendaftar wajib sudahi terdaftar di PD-Dikti secara resmi.
  • Calon pendaftar sedang berstatus sebagai mahasiswa aktif yang sedang menempuh pendidikan di jenjang Diploma maupun sarjana.
  • Tidak memiliki niat untuk mengambil cuti kuliah di semester depan.

3. Lengkapi Seluruh Berkas Syarat Pendaftaran

Setelah mengetahui tanggal pendaftaran dibuka, sebaiknya para calon pendaftar segera menyiapkan berkas pendaftaran yang diperlukan. Hal ini dilakukan agar seluruh persiapan dilakukan secara matang. Adapun berkas pendaftaran yang diperlukannya yaitu:

  • Bukti sedang menempuh pendidikan Diploma maupun Sarjana minimal semester 2 dan maksimal semester 6
  • Surat pernyataan bahwa tidak dalam masa menerima beasiswa yang bersumber dari APBN/APBD
  • Laporan IPK minimal 3.00
  • Scan Kartu Tanda Mahasiswa
  • Lampirkan hasil scan dari KRS dan KHS terakhir
  • Sertakan juga scan untuk KTP dan KK
  • Scan buku tabungan yang dimiliki
  • Bukti Prestasi yang pernah diraih (bersifat opsional)

Persyaratan diatas hanyalah persyaratan umum yang diperlukan. Karena setiap tahun kemungkinan persyaratan yang diperlukan juga dapat berbeda-beda. Sehingga, sebaiknya mahasiswa melakukan persiapan berkas persyaratan tersebut jauh-jauh hari sebelumnya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa peningkatan prestasi akademik secara lengkap. Jika mendapatkan beasiswa tersebut sebaiknya mahasiswa bertanggung jawab akan Amanah tersebut.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.