Beasiswa Kuliah Di Jogja

Sejumlah kota yang ada di pulau Jawa memang masih menjadi tempat meneruskan pendidikan yang banyak dipilih. Dimana satu diantaranya adalah kota Jogja. Hingga tak mengherankan apabila informasi mengenai beasiswa kuliah di Jogja banyak dicari sebagai bentuk persiapan. Bahkan banyak mahasiswa yang rela merantau hanya untuk menjadi bagian dari perguruan tinggi yang diimpikan.

Di samping mempunyai sejumlah universitas favorit, kota Jogja juga memiliki banyak keistimewaan. Dilihat secara umum jumlah universitas yang berdiri di jogja cukup banyak bahkan sampai 100 lebih dengan status negeri serta swasta. Adapun informasi beasiswa yang bisa diperoleh untuk kuliah di jogja adalah seperti berikut:

1. Beasiswa KIP Kuliah

Daftar pertama dari beasiswa kuliah di Jogja yaitu bernama KIP Kuliah. Beasiswa uni dulunya mempunyai nama Bidik Misi yang memang diperuntukkan bagi para calon mahasiswa yang datang dari keluarga kurang mampu. Tentunya beasiswa ini dapat menjadi solusi bagi orang yang mempunyai keterbatasan finansial untuk melanjutkan pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi.

Jenis beasiswa ini menaungi jenjang Sarjana atau S1 dengan memberlakukan persyaratan yaitu calon pelamar harus mempunyai prestasi. Sejumlah bantuan biaya ditanggung oleh beasiswa KIP Kuliah ini. Diantaranya meliputi biaya untuk kebutuhan hidup, kemudian juga biaya untuk kebutuhan kuliah serta untuk kebutuhan lainnya.

2. Beasiswa Etos

Pihak pemerintah juga menyediakan beasiswa untuk para pelajar untuk mengejar mimpi bernama beasiswa Etos. Jenis beasiswa ini membantu secara finansial bagi penerimanya di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri. Akan tetapi yang menjadi prioritas yaitu tetap mahasiswa mempunyai keterbatasan finansial, dengan kata lain kurang mampu.

Nantinya penerima beasiswa bakal mendapatkan beberapa bantuan, diantaranya seperti asrama selama 2 tahun. Di samping itu juga disediakan uang saku yang lamanya mencapai waktu 8 semester. Lalu juga biaya pendidikan yang juga selama 8 semester serta juga apresiasi dari prestasi yang berhasil didapatkan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

3. Beasiswa LPDP

Jika jenis beasiswa sebelumnya diperuntukkan bagi para mahasiswa yang menempuh jenjang Sarjana atau S1. Maka untuk beasiswa kali ini diperuntukan bagi calon mahasiswa jenjang Pascasarjana. Baik yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 maupun S3. Bantuan yang diberikan oleh beasiswa LPDP ini terbilang cukup lengkap.

Diantaranya meliputi biaya uang saku, kemudian biaya pendidikan samping dengan biaya penelitian. Tentunya untuk memperoleh beasiswa ini, calon mahasiswa harus memenuhi kriteria serta persyaratan yang telah ditetapkan.

4. Beasiswa S1 VDMS

Sesuai dengan nama yang dipakai, bahwa beasiswa ini memang diberikan oleh sebuah yayasan yang mempunyai nama VDMS. Beasiswa ini hanya diberlakukan untuk mahasiswa yang menempuh jenjang S1 serta D3. Serta hanya dapat diperoleh dalam sejumlah Perguruan Tinggi yang memang menjalin kerjasama dengan yayasan tersebut. Misalnya saja seperti UGM, kemudian UII serta juga USD.

5. Beasiswa S1 Pertamina

Lewat program yang diberi nama sobat bumi, PT Pertamina juga memberikan bantuan beasiswa untuk jenjang S1 dan juga Diploma. Beasiswa ini bisa didapatkan oleh para calon mahasiswa yang cerdas, kreatif dan juga peduli lingkungan. Adapun universitas yang diketahui menjadi kerja sama dengan program ini yaitu Universitas Gadjah Mada atau yang banyak dikenal dengan UGM.

Demikian informasi mengenai daftar beasiswa kuliah di Jogja yang dapat dijadikan referensi. Dimana masing-masing beasiswa memiliki persyaratannya serta ketentuan yang memang harus dipenuhi oleh calon penerimanya. Selain itu dalam memberikan bantuan juga memiliki sejumlah perbedaan. Hingga calon mahasiswa dapat menyesuaikan kriteria dengan kemampuan yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.