Beasiswa Hafidz Quran Luar Negeri

Menjadi hafidz Quran tentunya sebuah kebanggan tersendiri karena sangat sulit untuk meraihnya dan tidak semua orang mampu melakukannya. Namun siapa sangka, selain kebanggan ada juga manfaat lain menjadi hafidz Quran. Salah satu manfaat lainnya adalah bisa mendapat beasiswa hafidz Quran luar negeri dari berbagai sumber.

Pada ulasan kali ini, akan diuraikan lima jenis beasiswa yang bisa didapatkan. Setiap beasiswa pasti memiliki beragam benefit dan program tersendiri. Namun dengan adanya dana bantuan yang diberikan, maka akan lebih mudah prosesnya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Inilah beberapa jenis beasiswa yang bisa dipilih beserta persyaratannya:

Beasiswa Pilihan Hafidz Quran

Jika diperinci, ada beberapa beasiswa yang bisa dipilih. Untuk sasaran universitasnya sendiri, kebanyakan adalah ke negara timur tengah. Setidaknya ada tiga jenis beasiswa yang paling ramai dipilih. Hal ini dikarenakan kualitas beasiswanya sangat baik dan menarik. Berikut beberapa beasiswanya:

1. Beasiswa Kemenag

Rekomendasi pilihan yang pertama adalah beasiswa dari Kemenag. Dengan beasiswa ini, maka pilihan perguruan tingginya ada banyak. Tentunya tujuan utamanya adalah ke negara Timur Tengah seperti Libanon, Mesir, Sudan, hingga Maroko. Sejauh ini, pihak Kemenag memberi kuota sekitar 50 orang yang akan ditempatkan di berbagai perguruan tinggi.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, maka harus mengikuti serangkaian tes terlebih dahulu. ada tes bahasa Arab, tes hafalan Quran, tes kebangsaan, dan beberapa tes lainnya. Setiap tes ini tentunya memiliki bobot tersendiri. Jika merasa lebah di salah satu seleksi, maka bisa dikuatkan atau dipelajari sebelum melakukan tes.

2. Beasiswa Universitas Islam Madinah

Universitas Islam Madinah juga membuka program beasiswa untuk hafidz Quran. Untuk masuk ke universitas ini dengan jalur beasiswa, tentunya ada banyak proses seleksi yang diperlukan. Fokus utama pembelajaran yang diberikan tentunya tentang ilmu agama. Dengan demikian, materi yang diberikan tidak akan jauh dari topik tersebut.

Sebelum memutuskan untuk memilih jenis beasiswa ini, maka harus fasih bahasa Arab terlebih dahulu. Jika sudah fasih bahasa Arab, maka proses penerimaannya akan lebih mudah. Kemampuan bahasa Arab ini juga akan masuk dalam seleksi yang dilakukan. Maka dari itu, pastikan untuk mempelajarinya sebelum mendaftar.

3. Beasiswa Al-Azhar Mesir

Beasiswa hafidz Quran luar negeri selanjutnya adalah beasiswa yang diluncurkan oleh Kedutaan Besar Mesir. Universitas tujuan untuk program ini adalah Universitas Al-Azhar Mesir. Untuk kuotanya sendiri tidaklah banyak. Hanya sekitar 20 sampai 30 orang untuk satu angkatan. Dengan jumlah ini, maka bisa dipastikan jika tingkat kompetisinya sangat tinggi.

Jika ingin lolos, maka harus membuat essay terlebih dahulu. Essay yang dibuat harus memakai bahasa Arab. Topik yang akan dibuat juga sudah ditentukan dari pihak penyelenggara. Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka essay ini harus dibuat dengan baik dan harus mempertimbangkan berbagai aspek yang ada.

Syarat Utama untuk Beasiswa Hafidz Quran

Agar bisa lolos beasiswa yang dipilih, tentunya ada serangkaian persyaratan umum yang harus dilengkapi. semua persyaratan ini tidak boleh ada yang terlewat. Jika tidak dipersiapkan dengan baik untuk satu poin syaratnya, maka bisa memengaruhi hasil. Simak beberapa syarat umum berikut ini yang perlu dipersiapkan:

  • Melampirkan nilai TOEFL dengan nilai memenuhi standar.
  • Surat keterangan sehat bebas narkoba.
  • Foto diri sejumlah 2 salinan.
  • Transkrip nilai dari sekolah.
  • Lolos semua seleksi yang dilakukan.
  • Salinan KTP dan KK.
  • Berbagai syarat pendukung dari tiap program lainnya.

Dari penjabaran di atas, maka bisa diketahui apa saja beasiswa hafidz Quran luar negeri yang bisa diikuti. Selain itu, syarat umum untuk mendaftar juga sudah diberikan. Dengan adanya informasi di atas, diharapkan bisa dijadikan referensi acuan untuk menemukan beasiswa yang paling pas untuk diikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.